Mengapa Indonesia Disebut Negara Kepulauan Yang Memiliki Wilayah Strategis

mengapa indonesia disebut negara kepulauan yang memiliki wilayah strategis

Mengapa Indonesia disebut negara kepulauan yang memiliki wilayah strategis? Mengapa Indonesia disebut sebagai negara kepulauan sekaligus negara maritim?

Arti Negara Kepulauan Dan Contohnya

Negara kepulauan identik dengan suatu negara yang memiliki banyak pulau dan terbentang wilayah laut yang luas dibandingkan dengan daratannya. Biasanya masyarakat di negara kepulauan rata-rata bekerja menjadi seorang petani dan nelayan. Mereka memanfaatkan hasil sumber daya alam berupa hasil laut dan hasil bercocok tanam sebagai fokus utama pekerjaannya. Contoh negara kepulaun adalah Jepang, Filipina, Selandia baru, Kuba dan termasuk juga Indonesia.

Alasan Mengapa Indonesia Disebut Negara Kepulauan Yang Memiliki Wilayah Strategis

Negara-negara di atas dapat dikatakan sebagai negara kepulauan karena memiliki banyak pulau dan dibatasi oleh perairan di wilayah-wilayah tersebut. Negara Indonesia juga dikatakan sebagai negara kepulauan. Hal tersebut karena letak negara Indonesia yang strategis, dan terdapat ribuan pulau yang dihuni maupun tak dihuni. Berikut adalah bukti bahwa Indonesia adalah negara kepulauan yang letaknya sangat strategis.

  1. Memiliki Banyak pulau

Indonesia memiliki luas sekitar 8.300.000 km2 (data tahun 2018) yang terdiri dari wilayah lautan dan daratan. Dua pertiga dari luas tersebut adalah wilayah lautan dan sisanya adalah daratan. Untuk wilayah daratan terdapat pulau kurang lebih 17.504 pulau yang terdiri dari lima pulau besar yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Beberapa pulau kecil contohnya adalah Pulau Rote di NTT, Pulau Miangas di Sulawesi Utara, Bali, Pulau Batam di Kepulauan Riau dan pulau lainnya.

Ribuan pulau yang ada di Indonesia dibatasi oleh banyaknya perairan. Hal itu membuat Indonesia tampak unik jika dibandingkan dengan negara lain. Sedangkan, negara lainnya hanya terdapat beberapa pulau saja dan dibatasi oleh perairan. Itulah alasan mengapa Indonesia disebut negara kepulauan terbesar di dunia sekaligus menjadi alasan mengapa Indonesia disebut negara kepulauan dan maritim.

Dengan memiliki ribuan pulau, tentu indonesia memiliki keragaman budaya dari Sabang sampai Merauke. Keragaman mulai dari bahasa, kesenian, suku dan ras, keanekaragaman hayati, flora maupun fauna serta sumber daya alam yang melimpah.

Hasil sumber daya alam yang terdapat pada setiap pulau-pulau yang ada di Indonesia dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sumber kebutuhan hidupnya.

Contoh sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan seperti wilayah dataran tinggi dapat dimanfaatkan tanahnya menjadi lahan perkebunan. Lahan perkebunan biasanya ditanami buah-buahan dan rempah-rempah. Sedangkan, untuk wilayah dataran rendah dapat ditanami padi sebagai sumber makanan utama masyarakat Indonesia. Selain itu, dataran rendah juga dapat ditanami tanaman sayuran.

  1. Lokasi Indonesia yang strategis

Letak geografis Indonesia yang strategis yang diapit oleh dua samudera yaitu Hindia dan Pasifik membuat Indonesia memiliki biota alam bawah laut yang indah. Biota alam bawah laut yang indah akan menarik minat wistawan untuk melihat keindahan dari dekat dengan melakukan diving atau snorkeling.

Dengan menjadikan Indonesia sebagai tempat wisata bahari secara tidak langsung akan meningkatkan devisa keuangan di Indonesia.

Lokasi indonesia yang melewati garis khatulistiwa juga membuat Indonesia mendapat keuntungan.  Keuntungan yang dimaksud adalah Indonesia dapat ikut serta berpartispasi dalam pasar internasional. Hal yang dapat diperdagangkan di pasar internasional adalah hasil sumber daya alam berupa hasil laut yang baru dimanfaatkan sekitar 48%.

  1. Sesuai persyaratan yang di tetapkan oleh PBB

Keputusan hasil yang ditetapkan oleh Konvensi Hukum Laut Internasional atau UNCLOS yang dihadiri oleh anggota PBB menyebutan bahwa negara Indonesia memenuhi persyaratan sebagai suatu negara kepulauan. Salah satu persyaratannya terdapat pada pasal 47 ayat 1 mengenai negara kepulauan.  “suatu negara bisa di katakan sebagai negara kepulauan apabila memiliki luas wilayah daratan dan luas wilayah lautan memiliki perbandingan 1:1 sampai 1:9.

Itulah berbagai alasan Indonesia menjadi negara kepulauan. Semoga bisa membantu kamu dalam menjelaskan mengapa Indonesia disebut negara kepulauan berciri nusantara. Baca juga Mengapa Indonesia Disebut Negara Maritim supaya kamu lebih memahami mengapa Indonesia disebut negara kepulauan sekaligus negara maritim.