Mengapa Indonesia Disebut Sebagai Poros Maritim Dunia

mengapa indonesia disebut sebagai poros maritim dunia

Mengapa Indonesia disebut sebagai poros maritim dunia jelaskan! Kemukakan pendapat Anda mengenai program Indonesia sebagai poros maritim dunia. Jelaskanlah hal apa yang menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia!

Indonesia Negara Kepulauan Atau Maritim

Indonesia adalah negara kepulauan. Disebut sebagai negara kepulauan karena Indonesia memiliki 17 ribuan pulau yang terbentang dari Sabang sampai Marauke. Hasil sumber daya alam yang melimpah khususnya pada hasil lautnya membuat Indonesia dikenal sebagai negara maritim. Sebagai salah satu negara kepulauan terbesar, tentu Indonesia memiliki potensi menjadi poros maritim dunia. Lalu apa saja alasan Indonesia dikatakan sebagai poros maritim dunia?

Alasan Mengapa Indonesia Disebut Sebagai Poros Maritim Dunia

Letak Geografis yang Strategis

Indonesia dikatakan sebagai poros maritim dunia hal tersebut dilatarbelakangi oleh strategisnya letak Indonesia di mata dunia. Potensi Indonesia menjadi poros maritim dunia digambarkan karena letak Indonesia yang strategis menurut aspek geografisnya. Indonesia yang terletak diantara dua samudera dan dua benua membuat Indonesia dekat dengan pasar Internasional.

Indonesia Jalur Perdagangan Dunia

Selain itu Indonesia memiliki titik dimana titik tersebut dapat memfasilitasi Indonesia menjadi titik pusat strategis perdagangan dan pelayaran maritim di dunia. Titik strategis tersebut 40% dilalui kapal-kapal perdagangan dunia, yaitu : Selat Sunda, Selat Malaka, Selat Lombok dan Selat Makasar.

Pengertian Poros Maritim Dunia

Poros maritim adalah sebuah ide yang diwujudkan untuk menjamin koneksi antara satu pulau dan pulau lainnya, pengembangan industri perikanan, perbaikan jalur transportasi laut serta keamanan dalam sektor maritimnya.

Upaya Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

Komitmen pemerintahan yang ingin menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia direalisasikan dengan memfokuskan memperbaiki permasalahan yang terjadi di kawasan laut. Contohnya dengan menunjuk langsung menteri kelautan dan perikanan Susi Pudjiastuti untuk memberantas dan mencegah illegal fishing dengan cara menenggelamkan kapal-kapal tersebut. Selain itu dilakukan beberapa pembangunan pada industri perikanan nasional untuk mensejahterakan para nelayan, dengan memberikan kapal-kapal baru kepada nelayan.

Pembangunan lain yang harus dilakukan adalah membangun infrastruktur yang akan mempermudah proses kegiatan yang akan dilakukan di laut. Contohnya adalah pembangunan jalan antar pulau untuk mendukung transportasi antar pulau di Indonesia. Selain itu, sistem di pelabuhan Indonesia harus di upgrade sehingga sesuai dengan standar internasional dan mengikut prosedur pelabuhan internasional yang telah ditetapkan.

Apa saja upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mewujudkan negara Indonesia sebagai poros maritim dunia? Untuk menjadi poros maritim dunia, ada beberapa hal yang harus kita hadapi:

  1. Dibentuknya suatu lembaga dan organsasi yang dapat mengatasi beberapa keterbatasan dalam hal anggaran.
  2. Teknologi yang berkembang pesat membuat Indonesia membutuhkan beberapa ahli dalam bidang teknologi untuk memperkuat wilayah kelautan.
  3. Hidragrafi data management

Untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara poros maritim dunia, diperlukan strategi pembangunan dan kebijakan-kebijakan yang akan memajukan Indonesia sebagai negara maritim. Diharapkan keinginan pemerintah yang menjadikan Indonesia sebagai negara poros maritim dunia dapat terwujud dalam waktu yang tidak terlalu lama, karena telah pembangunan-pembangunan dan perbaikan yang dilakukan yang berpusat kearah maritim atau kelautan.

Indonesia Harus Poros Maritim Dunia

Dikutip dari pernyataan salah satu akademis, yaitu dekan fakultas kelautan dan perikanan Universitas Hasanudin di Makasar, menyebutkan bahwa salah satu alasan kenapa Indonesia harus menjadi poros maritim dunia adalah potensi manusia kedepannya yang akan menghadapi krisis pangan terbesar di dunia membuat laut Indonesia sebagai solusinya. Hasil laut yang akan dihasilkan oleh Indonesia dapat mencapai kira-kira 60 juta ton/tahun, hal tersebut dapat mensuplai pangan ke dunia jika dapat dikelola dengan baik.

Keseriusan pemerintah untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara poros maritim di dunia dapat dilihat dari rencana-rencana yang dilakukan oleh Indonesia dengan pembangunan “tol laut”. Hal tersebut berfungsi untuk menjamin koneksi antar pulau seperti yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya. Tidak hanya pemerintah, masyarakat pun harus memilki tekad yang tinggi untuk merealisasikan program yang besar ini. Jika pembangunan ini berhasil diwujudkan, maka akan terdapat banyak keuntungan yang didapatkan oleh pemerintah di Indonesia.

Nah itulah beberapa alasan Indonesia disebut sebagai poros maritim dunia / mengapa Indonesia disebut sebagai poros maritim dunia. Semoga bisa membantu kamu dalam menjelaskan faktor pendukung Indonesia sebagai poros maritim dunia ya!