Mengapa Indonesia Harus Bersatu

mengapa indonesia harus bersatu

Mengapa Indonesia harus bersatu? Mengapa rakyat Indonesia harus bersatu untuk memperoleh kemerdekaannya? Apa yang harus dilakukan bangsa Indonesia supaya persatuan dan kesatuan tetap utuh?

Arti Persatuan Dalam Perjuangan Pergerakan Kemerdekaan Indonesia

Penjajahan oleh bangsa lain membuat negara Indonesia terbagi-bagi ke dalam berbagai kelompok, baik berdasarkan suku, agama, ras, maupun budaya. Diawal perlawanan Indonesia, perjuangan untuk melawan penjajah dilakukan secara berkelompok. Hingga kemudian muncul kelompok seperti Jong Java, Jong Sumatera, serta kelompok perlawanan lainnya yang masih menggunakan identitas-identitas tertentu.

Kelompok berdasar identitas nyatanya tidak mampu menangani penjajah. Justru dengan lahirnya berbagai kelompok tersebut, dapat dengan mudah dipicu konflik. Konflik yang ada tentunya dimotori oleh para penjajah. Terlihat dari adanya istilah politik adu domba yang dikenal selama masa penjajahan Belanda. Kelompok atau individu yang satu difitnah untuk menjatuhkan yang lain. Akhirnya timbulah konflik dan ketidakpercayaan antar anak bangsa yang satu dengan yang lainnya.

Lahirnya pergerakan nasional diinisiasi dari munculnya organisasi pergerakan nasional, semacam Budi Oetomo dan lainnya. Organisasi pergerakan nasional memungkinkan terjadinya pertemuan antar penggerak dan cendekiawan dari seluruh Indonesia. Perlawanan terhadap penjajah menjadi semakin mudah ketika seluruh orang dari berbagai kelompok bergabung bersama. Banyak sekali pandangan yang masuk ketika organisasi pergerakan nasional muncul yang mengefektifkan perlawanan. Pada akhirnya, Indonesia dapat merdeka karena adanya gotong royong dari berbagai kalangan yang mencerminkan persatuan.

Mengapa seluruh bangsa Indonesia harus bersatu? Mengapa rakyat harus bersatu mendukung pembangunan di Indonesia? Bagaimana jika Indonesia tidak bersatu?

Alasan Mengapa Indonesia Harus Bersatu

  • Menciptakan Stabilitas Keamanan

Diera saat ini, ketika penjajahan oleh negara lain semakin menghilang, persatuan dan kesatuan tetap menjadi salah satu hal penting bagi berdirinya negara Indonesia. Persatuan menjamin keamanan dan ketentraman masyarakat Indonesia untuk melakukan berbagai hal. Persatuan mendorong Indonesia untuk semakin maju lagi. Tanpa adanya persatuan, konflik antar anak bangsa dapat terjadi kapanpun dan dimanapun. Lahirnya konflik yang berkepanjangan nantinya berpengaruh pada stabilitas negara Indonesia.

  • Mengurangi Terjadinya Konflik

Tanpa persatuan dan kesatuan, negara Indonesia tidak akan mampu menjadi negara maju. Fokus Indonesia pasti menangani konflik jika tidak ada persatuan antar masyarakatnya. Ketika fokusnya hanya pada satu masalah, maka masalah lain akan sulit untuk tertangani dengan baik.

  • Menghargai Perbedaan Kelompok

Indonesia adalah negara yang terbentuk dari berbagai suku, budaya, nilai sosial, adat, agama, dan ras. Semboyan negara Bhineka Tunggal Ika mengisyaratkan bahwa banyaknya kelompok dan perbedaan di Indonesia tetap menjadikan Indonesia satu. Semboyan tersebut yang harus terus-menerus digaungkan agar semangat persatuan tidak pernah padam. Dengan adanya persatuan perbedaan kelompok ini akan menyatu dan akan menjadi suatu kekuatan penuh yang tidak terpecah belah.

  • Menghilangkan Bentuk Penjajahan

Tidak adanya persatuan di Indonesia dapat pula menimbulkan penjajahan baru diera modern ini. Artinya, negara lain akan lebih mudah mengendalikan atau menyusupi untuk ikut campur dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Jika hal itu terjadi, maka dapat dipastikan, banyak kerugian yang ditimbulkan, terutama akan dirasakan oleh masyarakat.

Dampak Tidak Adanya Persatuan Dan Kesatuan Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara

Sudah banyak contoh yang terjadi di Indonesia ketika persatuan tidak hadir ke dalam setiap aspek kehidupan masyarakat Indonesia. Timor Timur yang lepas dari wilayah Indonesia merupakan contoh nyata bagaimana efek tidak adanya persatuan. Salah satu wilayah kebanggaan Indonesia memilih untuk menjadi negara sendiri karena berbagai alasan, salah satunya hilangnya rasa persatuan, toleransi dan saling meghargai satu sama lain.

Konflik kesukuanpun masih kerap terjadi di negara Indonesia. Dampaknya, banyak korban jiwa berjatuhan. Kerugian material, moril, dan kerugian lainnya. Belum lagi terjadinya trauma dan saling curiga antar suku yang berkonflik. Ini membuktikan jika tidak adanya persatuan di Indonesia akan memberikan dampak berganda yang luar biasa bagi kemaslahatan masyarakat dan keberlangsungan bangsa Indonesia.

Dampak yang timbul tidak hanya sekedar konflik, tetapi merambah ke berbagai sektor. Misalnya sektor ekonomi dapat lumpuh, sektor pariwisata juga lumpuh, keberlangsungan kehidupan masyarakat Indonesia juga dipertaruhkan. Mengingat banyaknya dampak yang ditimbulkan dari tidak adanya persatuan, sudah seharusnya masyarakat Indonesia sadar untuk menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.

Itulah jawaban dan alasan Indonesia harus bersatu / kenapa Indonesia harus bersatu. Semoga pembaca mengapa.net semakin paham mengapa rakyat harus bersatu mendukung pembangunan ya!