Mengapa Indonesia Harus Terlibat Dalam Upaya Untuk Mewujudkan Perdamaian Dunia

mengapa indonesia harus terlibat dalam upaya untuk mewujudkan perdamaian dunia

Mengapa Indonesia harus terlibat dalam upaya untuk mewujudkan perdamaian dunia? Bagaimana keterlibatan bangsa Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia? Uraikan upaya indonesia dalam hubungan internasional untuk mewujudkan perdamaian dunia!

Sebagai salah satu anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB, Indonesia memiliki tanggung jawab untuk ikut dalam upaya mewujudkan perdamaian di dunia. Seperti yang kita ketahui bahwa organisasi besar ini yaitu PBB memiliki tugas untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan atau konflik-konflik yang terjadi di negara-negara di dunia.

Alasan Indonesia Harus Terlibat Dalam Upaya Untuk Mewujudkan Perdamaian Dunia

Tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, yang merupakan landasan dari hukum Indonesia, disebutkan bahwa Indonesia harus ikut terlibat dalam ketertiban dunia, dan perdamaian abadi. Menjaga ketertiban dunia yaitu dengan menjaga perdamaian dunia merupakan tugas yang luhur dan mulia. Selain terciptanya negara yang tentram dan nyaman, tugas tersebut dapat mengangkat citra TNI dan mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia di forum internasional

Bukti-bukti keterlibatan Indonesia dalam upaya mewujudkan perdamaian dunia adalah dengan ikut sertanya Indonesia dalam beberapa organisasi besar di dunia. Dengan menjaga silahturahmi dan kerjasama antar negara dapat membuat kerja perdamaian antar negara akan selalu terjaga. Berikut adalah peranan Indonesia dalam mewujudkannya:

Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia

  1. Indonesia merupakan salah satu pendiri ASEAN atau Association of South East Asian Nation. Dengan menjadi negara pendiri ASEAN, hal tersebut menjadi bukti bahwa Indonesia ikut terlibat dalam menjaga perdamaian dunia dengan menjaga solidaritas semua negara khususnya negara yang berada dalam satu kawan, satu ras maupun satu rumpun.
  2. Indonesia ikut serta dalam berbagai macam organisasi yang diikuti oleh banyak negara. Selain ikut serta dalam organisasi atau lembaga besar yaitu ASEAN dan PBB, Indonesia mengikuti banyak kerjasama dengan negara lain terkait perdamaian dunia. Indonesia terlibat dalam organisasi lainnya yaitu APEC, yang merupakan kerjasama antarnegara yang memiliki satu kawasan pasifik. Kerjasama ini difokuskan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan cara melakukan perdagangan maupun investasi antar negara. Selain itu, Indonesia terlibat dalam organisasi keagamaan seperti OKI atau Organisasi Kerja Sama Islam. Organisasi ini memiliki tujuan untuk mendorong negara-negara islam mencari jalan keluar untuk menyelesaikan konflik antar negara Palestina dan Israel.
  3. Indonesia ikut terjun langsung untuk mengirimkan bantuan berupa uang dan pangan melalui FAO (Food Agriculture Organization) untuk korban kelaparan yang terjadi pada tahun 1984 di Ethiopia.
  4. Sebagai salah satu dari anggota PBB, Indonesia berhak ikut serta dalam menjaga perdamaian dunia. Contohnya pada tahun 1956 pemerintah Indonesia membentuk pasukan Indonesia yang disebut dengan Pasukan Garuda, dan pasukan ini dikirim ke Timur Tengah untuk ikut memelihara dan menjaga perdamaian di Timur Tengah sesuai dengan komnado UNEF (United Emergency Forces). Upaya Indonesia yang turut ikut serta menjaga perdamaian dunia dengan mengirimkan bala tentara Indonesia ke negera-negara lainnya. Seperti pasukan garuda dikirimkan ke Kongo, Zaire tahun 1960, ke Vietnam tahun 1973, kemudian mengirimkan pasukan garuda di perbatasan Irak dan Kuwait dan negara-negara lainnya yang sedang mengalami perperang.

Manfaat Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia

Dengan ikut terlibat menjaga perdamaian di dunia, citra Indonesia akan baik di kancah internasional. Hal tersebut membuat hubungan Indonesia dengan negara lain akan lebih mudah dalam membentuk kerjasama dalam sektor apapun.

Selain itu, dengan terciptanya perdamaian dunia, maka negara akan menjadi stabil. Negara yang memiliki stabilitas yang baik akan membuat para pelaku dan semua komponen pemerintah Indonesia dapat merasa nyaman dan tenang dalam melakukan kegiatan. Hal tersebut akan melahirkan dampatk yang baik bagi kemajuan negara dari berbagai sisi.

Nah itulah beberapa alasan bangsa Indonesia harus terlibat dalam upaya untuk mewujudkan perdamaian dunia. Semoga artikel tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia ini bisa membantu kamu dalam menjelaskan mengapa Indonesia harus terlibat dalam upaya untuk mewujudkan perdamaian dunia ya!