Mengapa Indonesia Impor Beras

mengapa indonesia impor beras

Mengapa Indonesia impor beras? Apa kelebihan dan kekurangan impor beras? Apa penyebab Indonesia impor beras? Menurut pendapatmu mengapa Indonesia masih mengimpor beras dari negara lain?

Indonesia Melakukan Impor Barang

Salah satu bentuk kerja sama Internasional adalah perdagangan internasional yakni perdagangan yang dilakukan antarnegara. Sebagaimana halnya kerja sama internasional, perdagangan internasional ini terjadi karena beberapa faktor di antaranya adalah adanya perbedaan sumber daya alam yang dimiliki, penduduk, iklim, letak geografi, kondisi ekonomi, spesifikasi tenaga kerja, dan lain sebagainya. Perbedaan ini mengakibatkan terjadinya kegiatan jual beli atau tukar menukar produk antarnegara yang dilakukan dengan rasa saling menguntungkan dan saling percaya. Kegiatan tukar menukar produk ini kerap disebut dengan ekspor dan impor.

Pengertian Impor

Yang dimaksud dengan impor adalah kegiatan mendatangkan produk tertentu oleh suatu negara dari negara tertentu dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan negara yang bersangkutan. Hampir semua negara mengimpor produk dari negara lain. Hal ini dilakukan karena beberapa alasan antara lain sebagai berikut.

Penyebab Terjadinya Kegiatan Impor Adalah

  • Negara dapat memproduksi produk yang dibutuhkan tetapi tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat
  • Negara tidak dapat memproduksi produk yang dibutuhkan karena minimnya bahan mentah atau bahkan tidak punya sama sekali
  • Ataupun negara tidak mempu memproduksi produk yang dibutuhkan dengan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan produk impor

Indonesiapun melakukan hal yang sama yakni mengimpor produk dari negara lain. Belum lama ini, Indonesia dikejutkan dengan dibukanya kembali keran impor beras sementara hasil produksi diprediksi surplus hingga akhir tahun 2018. Yang menjadi pertanyaan masyarakat adalah mengapa Indonesia masih mengimpor beras dari luar negeri?

Faktor penyebab Indonesia impor beras / alasan mengapa Indonesia mengimpor beras dari negara lain adalah sebagai berikut :

Alasan Mengapa Indonesia Impor Beras

  1. Tidak semua bisa diserap

Menurut Badan Pusat Statistik, pada tahun 2018 total produksi beras di Indonesia sebesar 32,42 juta ton sedangkan konsumsi beras di Indonesia sekitar 29,56 juta ton. Dengan demikian Indonesia mengalami surplus beras mencapai 2,85 juta ton beras. Meskipun demikian, tidak semua beras tersebut diserap oleh pemerintah karena tersebar ke berbagai pihak seperti rumah tangga produsen, rumah tangga konsumen, pedagang, tempat penggilingan, hotel, Bulog, dan lain sebagainya. Pemerintah hanya mengelola beras yang ada di Bulog.

  1. Besarnya kebutuhan konsumsi beras

Dibukanya keran impor beras oleh Indonesia juga disebabkan besarnya kebutuhan konsumsi beras. Menurut data yang dirilis Badan Pusat Statistik, kebutuhan konsumsi per bulan beras nasional mencapai 2,5 juta ton. Dengan surplus beras yang sebesar 2,85 juta ton, masih dirasa belum cukup besar untuk menjaga kestabilan harga beras.

  1. Perbedaan produksi dan konsumsi per bulan

Setiap bulan, jumlah produksi dan konsumsi beras tidaklah statis melainkan dinamis. Menurut Badan Pusat Statistik, kebutuhan konsumsi per bulan beras nasional sekitar 2,5 juta ton. Meskipun begitu, kerap terjadi jumlah dan konsumsi beras per bulan mengalami perbedaan yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Oleh karena itu, walaupun tanah air mengalami surplus beras namun jika pengelolaannya tidak hat-hati maka bisa jadi Indonesia tidak memiliki stok.

  1. Menurunnya jumlah produksi beras

Alasan lain Indonesia masih impor beras hingga kini adalah menurunnya jumlah produksi beras secara kuantitas. Hal ini disebabkan banyak lahan-lahan pertanian yang berubah fungsi.

  1. Mencegah inflasi

Impor beras yang dilakukan Indonesia juga ditujukan untuk mencegah inflasi. Menurut data yang dirilis Badan Pusat Statistik, inflasi tahun 2017 sebesar 3,6% naik dari tahun sebelumnya yang sebesar 3,0%. Jika impor beras ditiadakan maka harga-harga akan naik dan inflasipun akan naik. Hal inilah yang kini dialami oleh Filipina.

Itulah jawaban dan alasan Indonesia impor beras / kenapa Indonesia impor beras sampai sekarang meskipun hasil produksi menunjukkan adanya surplus. Namun, hal ini tidak serta merta membuat Indonesia memiliki cadangan yang cukup untuk beberapa bulan ke depan. Karena ternyata banyak hal lain yang harus dihitung dan diperhitungkan jika Indonesia memutuskan untuk menutup keran impor beras. Semoga bisa membantu kamu dalam menjelaskan tiga faktor penyebab Indonesia masih mengimpor bahan pangan terutama beras ya!