Mengapa Indonesia Jatuh Menjadi Daerah Jajahan Bangsa Asing

mengapa indonesia jatuh menjadi daerah jajahan bangsa asing

Mengapa Indonesia jatuh menjadi daerah jajahan bangsa asing? Apa alasan bangsa asing menjajah Indonesia? Jelaskan faktor penyebab nusantara jatuh dalam kekuasaan bangsa asing! Jelaskan latar belakang datangnya bangsa-bangsa barat ke Indonesia secara umum!

Jajahan Bangsa Asing

Penjajahan atau dikenal juga dengan nama kolonialisme muncul karena adanya imperialisme di negara barat. Imperialisme merupakan kekuasaan yang menjadikan sebuah wilayah, negara, atau sebuah bangsa dapat mengendalikan wilayah, negara, atau bangsa lain. Imperialisme memaksa suatu bangsa tunduk kepada bangsa lain yang statusnya lebih kuat. Guna melakukan ekspansi daerah kekuasaan, pada abad 15, para penjelajah mulai menjelajahi samudera untuk menemukan negara-negara baru yang dapat dijadikan sebagai negara kekuasaan.

Alasan Bangsa Asing Menjajah Indonesia

Imperialisme pada abad 15 dilakukan guna mencari kekayaan, mendapatkan pengakuan, serta menyebarkan ajaran agama. Ketiga tujuan tersebut dikenal dengan istilah 3G atau Gold (kekayaan), Glory (kejayaan), Gospel (penyebaran agama). Oleh karenanya, negara yang akan dijadikan sebagai negara kekuasaan banyak menjadi sasaran untuk kegiatan eksploitasi sumber daya demi kekayaan negara imperialis. Penduduk juga sering ditindas agar para imperialis mendapatkan pengakuan. Seringkali dalam ekspansinya, bangsa imperialis melakukan dogma agama tertentu kepada penduduk di negara kekuasaan.

Dari sanalah kemudian kolonialisme muncul. Ini terjadi karena untuk menundukan suatu negara perlu dilakukan pemaksaan. Tujuannya agar negara tersebut mau menyerahkan sumber dayanya serta ditindas agar penduduk negara kekuasaan mau mengakui keberadaan bangsa imperialis.

Alasan Mengapa Indonesia Jatuh Menjadi Daerah Jajahan Bangsa Asing

Adanya Imperialisme

Bangsa imperialis kebanyakan merupakan bangsa barat yang pada abad tersebut telah memiliki sistem pemerintahan yang maju, sehingga kondisi negaranya pun maju. Kemajuan tersebut yang lantas dimanfaatkan untuk memperbesar wilayah kekuasaan. Dalam praktiknya, ekpansi wilayah kekuasaan dilakukan dengan penjelajahan ke berbagai penjuru dunia.

Munculnya Kolonialisme

Kolonialisme Indonesia dimulai sejak masuknya Portugis ke dataran Indonesia, yakni sekitar tahun 1511. Pada saat itu belum ada negara Indonesia, hanya dikenal sebagai wilayah Malaka. Masuknya Portugis ke Indonesia membawa perubahan besar bagi Indonesia. Portugis banyak mengambil hasil bumi, berupa rempah-rempah yang merupakan komoditas unggulan dari Malaka.

Setelah Portugis masuk, lalu bangsa Spanyol menyusul memasuki kawasan Indonesia. Penjelajahan bangsa Spanyol yang paling fenomenal adalah penjelajahan Christopher Columbus. Akan tetapi, penjelajah Spanyol yang berhasil menduduki wilayah Indonesia adalah Sebastian del Cano. Pada saat itu, Sebastian berhasil masuk ke wilayah Tidore.

Adanya Revolusi Industri

Meletusnya revolusi industri di negara barat membuat semakin pesat perkembangan negara barat. Dari revolusi industri, lahir berbagai penemuan baru, inovasi radikal, serta perkembangan pengetahuan dan teknologi menjadi begitu massif. Revolusi industri menjadikan negara barat sebagai gurita yang mampu menghisap serta menjerat negara timur ke dalam cengkramanya karena mereka jauh lebih maju sekali dibanding dengan negara timur.

Imperialisme dan kolonialisme makin gencar dilakukan kepada negara-negara bagian timur, seperti Indonesia. Hanya saja, tujuan imperialisme dan kolonialisme berubah seiring dengan terjadinya revolusi industri. Tujuannya saat itu ialah mencari sumber daya untuk bahan baku industri sekaligus menjadikan negara jajahan sebagai salah satu pasar dari hasil industri negara kolonial.

Indonesia Kaya Akan Komoditi Rempah-Rempah

Indonesia tetap menjadi incaran berbagai negara barat, khususnya Belanda karena sangat tertarik dengan rempah-rempah yang menjadi komoditas perdagangan utama Belanda. Rempah-rempah Indonesia sudah sejak lama terkenal karena kualitasnya, sehingga banyak negara yang ingin memperdagangkan.

Sejak saat itu, kondisi Indonesia benar-benar terjajah karena segala sumber daya yang ada diambil dan dibawa ke Belanda. Masyarakat Indonesia pun menjadi korban dari kebengisan penjajah karena tenaganya selalu diperas habis-habisan dalam skema kerja paksa atau kerja rodi dalam berbagai pembangunan. Pembangunan yang dilakukan tentunya bertujuan untuk memudahkan para penjajah dalam mengambil serta memobilisasi komoditas rempah-rempah.

Nah itulah jawaban kenapa bangsa Indonesia akhirnya jatuh menjadi daerah jajahan bangsa asing /alasan mengapa akhirnya Indonesia jatuh menjadi daerah jajahan bangsa asing. Semoga bisa membantu kamu dalam menjelaskan mengapa bangsa Indonesia akhirnya jatuh menjadi daerah jajahan bangsa asing ya!