Mengapa Indonesia Kaya Akan Sumber Daya Alam

mengapa indonesia kaya akan sumber daya alam

Mengapa Indonesia kaya akan sumber daya alam jelaskan! Mengapa Indonesia sangat kaya akan sumber daya alam dan kemaritiman? Tapi mengapa kekayaan sumber daya alam belum mampu mensejahterakan masyarakat Indonesia?

Indonesia Kaya Akan Sumber Daya Alam

Berbagai macam bahan yang ditemukan di alam dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia disebut sumber daya alam. Indonesia terkenal sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam. Banyak sekali sumber daya alam yang bertebaran di wilayah Indonesia, baik di bawah tanah maupun di atas tanah. Adapun sumber daya alam yang dimiliki Indonesia diantaranya adalah sumber daya bahan tambang dan sumber daya hutan. Indonesia negara yang kaya sumber daya alam termasuk yang berasal dari pertanian.

Kayanya Indonesia akan sumber daya alam banyak dipengaruhi oleh letak Indonesia sendiri secara geologis, geografis, maritim, dan geomorfologis. Berbagai letak dan posisi Indonesia tersebut banyak dipengaruhi oleh proses geologis yang terjadi. Hal inilah yang menyebabkan Indonesia memiliki kandungan mineral yang beragam di beberapa tempat, bervariasinya tanaman yang ada di Indonesia, sumber daya ikan yang melimpah, dan lain sebagainya.

Alasan Mengapa Indonesia Kaya Akan Sumber Daya Alam

Secara rinci, alasan mengapa Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah karena dipengaruhi oleh hal-hal berikut ini :

  1. Berada di jalur rangkaian gunung berapi

Rangkaian gunung berapi yang ada di Indonesia merupakan bagian dari rangkaian gunung api dunia yaitu Sirkum Pasifik atau Ring of Fire dan Sirkum Mediterania. Rangkaian gunung api ini timbul akibat adanya proses atau kegiatan geologis seperti pergerakan tektonik. Adanya rangkaian gunung api ini memberikan keuntungan yang sangat besar bagi Indonesia karena hasil letusannya dapat membuat tanah menjadi subur. Akibatnya beragam jenis tanaman dapat tumbuh dengan baik dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

  1. Berada di daerah tropis

Melimpahnya sumber daya alam yang dimiliki Indonesia juga tidak bisa dilepaskan dari letak Indonesia yang berada di daerah tropis. Yang dimaksud dengan daerah tropis adalah daerah yang berada di daerah khatulistiwa atau ekuator. Daerah ini terletak di antara 23,5° Lintang Utara dan 23,5° Lintang Selatan. Sebagai daerah tropis, wilayah Indonesia memiliki curah hujan yang tinggi. Hal ini menyebabkan beragamnya jenis tumbuhan yang hidup di wilayah Indonesia dan dengan ditunjang tanah yang subur karena banyak mengandung unsur hara akibat letusan gunung aai membuat berbagai tumbuhan dapat tumbuh dengan cepat dan baik.

  1. Berada di daerah pertemuan lempeng tektonik

Indonesia merupakan wilayah pertemuan lempeng-lempeng tektonik seperti Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik, dan Lempeng Filipina. Meskipun kegiatan tektonik dapat berdampak pada terjadinya gempa bumi, tetapi karena hal inilah kondisi geologis dan geomorfologis Indonesia kaya akan sumber daya mineral dan barang tambang. Berbagai sumber daya jenis ini seperti minyak bumi, gas alam, batu bara, emas, bauksit, pasir besi, dan emas telah banyak dimanfaatkan oleh Indonesia.

  1. Dikelilingi lautan

Dilihat dari sisi geografisnya, Indonesia terletak di antara dua samudra yaitu Samudra Hindia yang terletak di sebelah selatan dan Samudra Pasifik yang terletak di sebelah timur. Di samping itu, Indonesia juga dibatasi oleh Laut Cina Selatan yang terletak di sebelah utara. Akibat wilayah Indonesia dikelilingi oleh lautan-lautan tersebut, Indonesia tidak hanya dilimpahi dengan kekayaan berupa beragam jenis ikan melainkan juga bahan tambang. Hal ini disebabkan aneka barang tambang nikel, minyak bumi, emas, bijih besi, pasir, bauksit, timah dan lain sebagainya letaknya berada di bawah permukaan laut. Sumber daya alam lain yang dimanfaatkan dari laut di antaranya adalah terumbu karang, mangrove dan lain sebagainya.

Alasan Mengapa Kekayaan Sumber Daya Alam Belum Mampu Mensejahterakan Masyarakat Indonesia

Lalu mengapa Indonesia kaya akan sumber daya alam namun masyarakatnya belum sejahtera / rakyatnya miskin? Hal ini dikarenakan sumber daya alamnya tidak dimanfaatkan oleh rakyatnya secara maksimal, banyak yang terbengkalai, atau bahkan tidak dikembangkan supaya lebih bagus lagi seperti di negara maju. Atau yang lebih mengenaskan lagi sumber daya alamnya dimanfaatkan oleh segelintir orang (orang luar negeri pula) tanpa mengindahkan lingkungan seperti pemanfaatan sumber daya tambang yang berlebihan dan merusak lingkungan sekitar.

Nah itulah jawaban dan faktor yang menyebabkan Indonesia memiliki sumber daya yang melimpah. Pengelolaan sumber daya alam yang terukur dan berkelanjutan dapat memberikan manfaat yang banyak bagi masyarakat. Semoga bisa membantu kamu dalam menjelaskan mengapa Indonesia kaya akan sumber daya alam tambang, hutan, perikanan dll ya!