Mengapa Indonesia Melakukan Kerjasama Ekonomi Dengan Negara Lain

mengapa indonesia melakukan kerjasama ekonomi dengan negara lain

Mengapa Indonesia melakukan kerjasama ekonomi dengan negara lain? Mengapa suatu negara melakukan kerjasama dengan negara lain? Sebutkan alasan suatu negara mengadakan kerja sama dengan negara lain! Sebutkan badan kerja sama ekonomi internasional yang diikuti oleh Indonesia!

Mengapa Suatu Negara Harus Menjalin Kerjasama Dengan Negara Lain

Manusia sebagai makhluk sosial tidak dapat hidup sendiri. Ia selalu membutuhkan kehadiran orang lain untuk memenuhi kebutuhan sosialnya. Seperti halnya manusia, sebuah negara juga tidak bisa hidup sendiri. Ia selalu membutuhkan kehadiran negara lain untuk membantu memenuhi kebutuhan hidupnya. Hal ini dikarenakan kebutuhan setiap negara berbeda-beda dan tidak semua negara dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Untuk itu, sebuah negara sangat perlu untuk menjalin komunikasi dan kerja sama dengan negara-negara lain yang ada di dunia.

Alasan Utama Suatu Negara Melakukan Kerjasama Ekonomi Internasional

Contohnya, ketika Indonesia merdeka, kondisi ekonomi sangat sulit karena Belanda melakukan penutupan jalur perdagangan Indonesia. Tetapi, Indonesia kemudian menjalin komunikasi dan diplomasi dengan beberapa negara salah satunya India sehingga terjadilah Diplomasi Beras. Perjuangan gigih bangsa Indonesia membuahkan hasil. Merdekanya Indonesia akhirnya diakui masyarakat Internasional.

Dari contoh tersebut, dapat dikatakan bahwa menjalin kerja sama ekonomi dengan negara lain harus dilakukan oleh suatu negara yang merdeka karena hal tersebut merupakan sarana untuk meraih dukungan serta mempetahankan keberlangsungan hidup negara yang bersangkutan.

Kerja sama yang dilakukan Indonesia umumnya didorong oleh adanya kekhawatiran akan keberlangsungan hidup negara akibat adanya ancaman yang datang dari dalam dan luar. Selain itu, sebagai sebuah negara, Indonesia tidak bisa hidup sendiri tanpa adanya kerja sama dengan negara lain.

Kerja sama yang dilakukan umumnya untuk memecahkan permasalahan yang ada di berbagai bidang seperti politik, hukum, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan dan keamanan. Yang harus dipahami pula bahwa kerja sama yang dijalin dengan negara lain harus tetap bertumpu pada politik luar negeri yang dianut.

Alasan Negara Bekerja Sama Dengan Negara Lain

Kerja sama yang dilakukan Indonesia dengan negara lain umumnya dilatarbelakangi oleh hal-hal berikut.

  1. Adanya kepentingan politik

Masing-masing negara memiliki kepentingan politik. Ada yang memiliki kepentingan politik yang sama dan ada yang memiliki kepentingan politik yang berbeda. Negara-negara yang memiliki kepentingan politik yang sama biasanya akan membentuk suatu komunitas atau kelompok bersama.

Contoh kerja sama karena adanya persamaan kepentingan politik adalah didirikannya organisasi negara-negara yang tidak memihak Blok Barat maupun Blok Timur di era Perang Dingin yaitu Gerakan Non Blok di mana Indonesia terlibat di dalamnya. Namun, bukan berarti negara-negara yang tidak memiliki kepentingan politik yang sama tidak dapat menjalin kerja sama. Mereka akan tetap menjalin kerja sama sesuai dengan politik luar negeri yang dianut.

  1. Adanya kepentingan ekonomi

Sebagaimana halnya kepentingan politik, negara-negara yang memiliki kepentingan ekonomi yang sama juga akan membentuk suatu oganisasi bersama. Misalnya, Indonesia masuk ke dalam organisasi APEC yang merupakan forum kerja sama ekonomi negara-negara yang berada di kawasan Asia Pasifik. Tujuan didirikannya forum kerja sama ini adalah untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi.

  1. Sumber daya yang dimiliki

Kerja sama dengan negara lain dapat terjadi karena adanya persamaan dan perbedaan sumber daya yang dimiliki. Dulu Indonesia merupakan salah satu anggota OPEC yakni organisasi negara-negara penghasil minyak terbesar. Namun, karena cadangan minyak Indonesia semakin menipis, Indonesia akhirnya keluar dari OPEC.

  1. Berada di kawasan yang sama

Indonesia bersama negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara sepakat membentuk forum kerja sama regional yang diberi nama ASEAN. Tujuan didirikannya ASEAN salah satunya adalah memajukan kerja sama aktif dan bantuan bersama di antara negara-negara anggota di bidang ekonomi, sosial, budaya, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi.

Itulah jawaban tentang alasan Indonesia melakukan kerjasama ekonomi dengan negara lain. Berbagai bentuk kerja sama yang dilakukan Indonesia ini merupakan amanat konstitusi dan bertumpu pada politik luar negeri yang dianut. Semoga membantu kamu dalam menjelaskan mengapa Indonesia melakukan kerjasama ekonomi dengan negara lain ya!