Mengapa Indonesia Memilih Pancasila Sebagai Dasar Negara

mengapa indonesia memilih pancasila sebagai dasar negara

Mengapa Indonesia memilih pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa? Mengapa bangsa Indonesia sepakat memilih pancasila sebagai dasar negara? Sebutkan kelebihan ideologi pancasila dibandingkan dengan ideologi lainnya! Tuliskan fungsi pancasila selain dasar negara dan artinya!

Pancasila Dasar Negara

Setiap negara di dunia ini pastinya membutuhkan sebuah dasar negara sebagai dasar atau pondasi penyelenggaraan negara. Pun dengan Indonesia. Indonesia membutuhkan dasar negara sebagai dasar dalam penyelenggaraan negara. Dasar ini berupa cita-cita bangsa, cita-cita hukum, karakter, rujukan, dan tujuan negara yang hendak dicapai serta cara-cara yang tujuan tersebut dilakukan.

Apa arti pancasila sebagai dasar negara Indonesia? Pancasila sendiri sejatinya adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Jawa Kuno yang berarti lima dasar dan pertama kali dikenalkan oleh Ir. Sukarno dalam sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945. Menurut beliau, Pancasila merupakan roh atau jiwa bangsa Indonesia yang melekat dalam diri bangsa Indonesia selama ratusan tahun. Namun, akibat penjajahan bangsa asing, jiwa atau roh ini bagaikan mati suri karena sengaja dikubur oleh pihak penjajah. Oleh sebab itu, Pancasila sejatinya merupakan falsafah negara sekaligus falsafah bangsa Indonesia.

Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Republik Indonesia secara hukum formal telah diterima dan ditetapkan sejak tanggal 18 Agustus 1945. Dan hal ini merupakan keputusan final yang tidak dapat diganggu gugat oleh siapapun.

Bentuk keputusan ini secara eksplisit termuat dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan ditegaskan kembali melalui Ketetapan MPR Nomor XVIII/MPR/1998 tentang Pencabutan Ketetapan MPR Nomor II/MPR/1978 tentang Ekaprasetya Pancakarsa dan ketetapan tentang Penegasan Pancasila sebagai Dasar Negara. Hal ini mengandung arti, mengubah dasar negara Pancasila dengan sendirinya membubarkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Lalu kenapa Indonesia memilih pancasila sebagai dasar negara? Alasan para pendiri bangsa indonesia memilih pancasila sebagai dasar negara adalah sebagai berikut :

Alasan Mengapa Indonesia Memilih Pancasila Sebagai Dasar Negara

  1. Berasal dari tradisi dan budaya bangsa Indonesia

Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sejatinya telah ada sejak zaman dulu. Dalam arti, nilai-nilai Pancasila berasal dari agama, kebudayaan serta adat-istiadat yang telah lama berkembang dalam kehidupan bangsa Indonesia. Di sini Pancasila membentuk kepribadian bangsa Indonesia dengan berperan sebagai identitas atau jati diri bangsa Indonesia yang membedakannya dengan bangsa lain di dunia.

  1. Telah ada sejak adanya bangsa Indonesia

Indonesia memilih Pancasila sebagai dasar negara karena Pancasila merupakan jiwa bangsa Indonesia. Dalam arti, Pancasila lahir atau telah ada sejatinya sejak bangsa Indonesia lahir dan bukan sejak bangsa Indonesia merdeka. Di sini yang ditekankan adalah jiwa bangsa.

  1. Diangkat dari pengalaman bangsa Indonesia

Dipilihnya Pancasila sebagai dasar negara karena nilai-nilai yang terkandung didalamnya tidak hanya digali dari nilai-nilai tradisi dan budaya saja melainkan juga dari pengalaman bangsa Indonesia dalam hubungannya dengan bangsa lain. Misalnya, proses pengambilan keputusan yang dilakukan secara demokratis tanpa menanggalkan semangat kekeluargaan yang merupakan ciri khas kehidupan masyarakat Indonesia.

  1. Merupakan kesepakatan bersama

Pancasila sebagai dasar merupakan kesepakatan bersama yang dibuat oleh para pendiri bangsa. Yang disepakati oleh para pendiri bangsa adalah berbagai nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai kepribadian dan jiwa bangsa Indonesia. Karena itulah, Pancasila kerap disebut juga dengan perjajian luhur bangsa Indonesia.

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa Pancasila dipilih sebagai dasar negara Indonesia karena nilai-nilai yang terkandung didalamnya digali dari nilai-nilai yang telah dianut oleh masyarakat Indonesia sejak dulu. Jadi, Pancasila sejatinya merupakan produk dalam negeri atau produk lokal dan bukan produk luar negeri. Jika Pancasila digali dari nilai-nilai yang berasal dari luar maka bangunan yang bernama Indonesia akan dengan mudahnya ambruk.

Itulah jawaban dan alasan Indonesia memilih pancasila sebagai dasar negara. Semoga bisa membantu kamu dalam menjelaskan alasan bangsa Indonesia memilih pancasila sebagai ideologi nasional ya!