Mengapa Indonesia Memiliki 3 Daerah Waktu

mengapa indonesia memiliki 3 daerah waktu

Mengapa Indonesia memiliki 3 daerah waktu jelaskan alasannya! Sebutkan pembagian daerah waktu di Indonesia! Apa saja nama daerah yang termasuk WIB WITA WIT?

Alasan Mengapa Indonesia Memiliki 3 Daerah Waktu

Perbedaan waktu yang dimiliki Indonesia tidak terlepas dari letak Indonesia secara astronomis. Yang dimaksud dengan letak astronomis adalah letak suatu wilayah berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Yang dimaksud dengan garis lintang adalah garis khayal yang sejajar dengan garis khatulistiwa dan terdiri atas garis lintang utara dan garis lintang selatan.

Sedangkan, garis bujur adalah garis khayal yang tegak lurus dengan garis lintang dan menghubungkan kutub utara dan kutub selatan. Seperti garis lintang, garus bujur juga terdiri atas garis bujur barat dan garis bujur timur. Selain garis lintang dan garis bujur, ada juga yang disebut dengan garis Meridian Greenwich yang merupakan garis bujur 0° yang disepakati pada tahun 1884 dalam Kongres Meridian Internasional di Washington, Amerika Serikat.

Berdasarkan garis lintang, Indonesia terletak antara 6° Lintang Utara dan 11° Lintang Selatan dengan jarak lintang 17°. Artinya, wilayah Indonesia sebagian besar berada di belahan bumi selatan. Sementara itu berdasarkan garis bujur, Indonesia terletak antara 95° Bujur Timur sampai dengan 141° Bujur Timur dengan jarak bujur 46°. Artinya, Indonesia terletak di belahan bumi timur. Perbedaan garis bujur inilah yang menyebabkan wilayah negara Indonesia dibagi menjadi 3 bagian yaitu Waktu Indonesia Barat, Waktu Indonesia Tengah, dan Waktu Indonesia Timur.

Pembagian Indonesia ke dalam tiga zona waktu ini kemudian disahkan melalui Keputusan Presiden Nomor 41 Tahun 1987. Berikut perbedaan zona waktu WIB WITA WIT.

Pembagian Waktu Di Indonesia Beserta Daerahnya

  • Waktu Indonesia Barat atau WIB

Waktu Indonesia Barat ditentukan berdasarkan meridian pangkal 105° Bujur Timur. Wilayah Indonesia yang termasuk dalam Waktu Indonesia Barat atau WIB adalah Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Riau, Kepulauan Riau, Lampung, Bengkulu, Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Barat. Selisih Waktu Indonesia Barat adalah 7 jam lebih awal dari Greenwich.

  • Waktu Indonesia Tengah atau WITA

Waktu Indonesia Tengah ditentukan berdasarkan meridian pangkal 120° Bujur Timur. Wilayah Indonesia yang termasuk dalam Waktu Indonesia Tengah atau WITA adalah Provinsi Kalimantan Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Kalimantan Selatan, Pulau Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Gorontalo. Selisih Waktu Indonesia Tengah adalah 8 jam dari Greenwich.

  • Waktu Indonesia Timur atau WIT

Waktu Indonesia Timur ditentukan berdasarkan meridian pangkal 135° Bujur Timur. Wilayah Indonesia yang termasuk dalam Waktu Indonesia Tengah adalah seluruh wilayah di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara. Selisih Waktu Indonesia Timur adalah 9 jam dari Greenwich.

Dari gambaran di atas terlihat bahwa antara Waktu Indonesia Barat dan Waktu Indonesia Tengah, serta antara Waktu Indonesia Tengah dan Waktu Indonesia Timur masing-masing terdapat perbedaan waktu 1 jam. Hal ini merupakan hasil bagi antara gerak rotasi bumi 360° yang berlangsung dalam sehari atau 24 jam yang sama dengan 15°. Dalam artian, setiap kali bumi berotasi 15° membutuhkan waktu selama 1 jam. Karena itu, ada selisih waktu 1 jam antara Waktu Indonesia Barat dan Waktu Indonesia Tengah, serta antara Waktu Indonesia Tengah dan Waktu Indonesia Timur.

Dari ulasan di atas, berdasarkan garis bujur, Indonesia dibagi menjadi 3 wilayah waktu yaitu Waktu Indonesia Barat atau WIB, Waktu Indonesia Timur atau WIT, dan Waktu Indonesia Tengah atau WITA.

Itulah jawaban dan alasan mengapa Indonesia dibagi menjadi tiga bagian daerah waktu. Semoga sobat mengapa.net semakin paham mengapa Indonesia memiliki 3 wilayah waktu ya!