Mengapa Indonesia Memiliki Curah Hujan Yang Tinggi

mengapa indonesia memiliki curah hujan yang tinggi

Mengapa Indonesia memiliki curah hujan yang tinggi? Mengapa Indonesia memiliki curah hujan yang banyak jelaskan sebaran curah hujan di Indonesia! Jelaskan penyebab curah hujan di indonesia tinggi!

Curah Hujan Di Indonesia

Jika dilihat dari letak geografis, Indonesia terletak di antara dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia, dan dua samudra yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Selain itu, Indonesia juga merupakan tempat bertemunya dua rangkaian pegunungan muda yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Tetapi, jika dilihat dari letak astronomis, Indonesia terletak di antara 6° Lintang Utara sampai dengan 11° Lintang Selatan dan 95° Bujur Timur sampai dengan 141° Bujur Timur. Selain itu, Indonesia juga berada di antara 0° sampai dengan 23,5° Lintang Utara dan 0° sampai dengan 23,5° Lintang Selatan. Posisi Indonesia yang sangat strategis ini membuat Indonesia beriklim tropis yang banyak mendatangkan hujan.

Rata-rata, curah hujan di Indonesia adalah lebih dari 2.000 mm/tahun. Curah hujan tertinggi di Indonesia ada di kaki Gunung Slamet, tepatnya di daerah Baturaden. Curah hujan di daerah ini rata-rata mencapai lebih dari 598 mm/bulan. Wow! Adapun curah hujan terendah di Indonesia ada di Sulawesi Tengah, tepatnya di daerah Palu. Curah hujan di daerah ini rata-rata mencapai kurang lebih 45,6 mm/bulan. Hmm, sedikit ya.

Dari gambaran di atas, disimpulkan bahwa tingginya curah hujan di Indonesia banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor. Apa aja tuh? Berikut ini adalah alasan Indonesia memiliki curah hujan tinggi / penyebab Indonesia memiliki curah hujan yang tinggi :

Penyebab Indonesia Memiliki Curah Hujan Yang Tinggi

  1. Terletak di khatulistiwa

Indonesia adalah negara khatulistiwa karena terletak di khatuliswa. Secara astronomis, Indonesia terletak antara 0° sampai dengan 23,5° Lintang Utara dan 0° sampai dengan 23,5° Lintang Selatan. Akibat dari letak ini, Indonesia memiliki suhu yang hangat sepanjang tahun hingga terjadi banyak penguapan. Banyaknya penguapan berpotensi mendatangkan banyak hujan.

  1. Berada di zona konevergensi antartropik (ITCZ)

Zona ini merupakan zona yang berada di sekitar garis ekuator. Di zona ini biasanya bertiup angin timur laut dan angin pasat secara bersama-sama. Di Indonesia, zona ini kerap menyatu dengan angin monsun. Biasanya, wilayah yang dilalui oleh zona ini akan mengalami curah hujan yang tinggi akibat besarnya massa uap air dan banyaknya awan yang terbentuk. Zona ini melewati Indonesia pada bulan Januari yang merupakan bulan terjadinya curah hujan yang cukup tinggi.

  1. Penguapan yang tinggi

Ada dua samudra yang mengapit Indonesia yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Kedua samudra ini merupakan sumber lembabnya udara. Hal ini terjadi karena tingginya penguapan air di Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Semakin lembab udara maka akan semakin banyak pula curah hujan yang terjadi di Indonesia.

  1. Bertiupnya angin dari arah Samudra Pasifik dan Samudra Hindia

Jika dua samudra yang mengapit Indonesia berdampak pada kelembaban udara di atasnya, maka dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia yang mengapit Indonesia ternyata memengaruhi pola pergerakan angin di Indonesia. Angin yang bertiup dari arah Samudra Pasifik dan Samudra Hindia memengaruhi tingginya curah hujan di Indonesia karena udara lembab yang dibawanya ke wilayah Indonesia.

  1. Adanya pegunungan

Pegunungan bisa meningkatkan curah hujan di Indonesia? Ya betul. Karena arah pergerakan angin yang berhembus dari laut ke gunung akan terhalang pegunungan. Terhalangnya pergerakan angin dapat menyebabkan naiknya udara lembab hingga terjadi hujan orografis yakni hujan yang turun di tempat datangnya arah angin lembab.

Itulah jawaban dan alasan mengapa Indonesia mempunyai curah hujan yang tinggi. Dengan mengetahui alasan kenapa Indonesia memiliki curah hujan yang tinggi ini, semoga kita bisa menjadi lebih peka dan perhatian terhadap lingkungan sekitar kita terutama ketika musim penghujan datang. Tidak hanya manusia yang butuh perhatian. Lingkungan juga, biar lebih siap kalau-kalau bencana datang. Semoga bisa membantu kamu dalam menjelaskan mengapa Indonesia memiliki curah hujan yang tinggi ya!