Mengapa Indonesia Memiliki Iklim Tropis

mengapa indonesia memiliki iklim tropis

Mengapa Indonesia memiliki iklim tropis dan sebutkan pengaruhnya terhadap manusia dan hewan. Uraikan mengenai penyebab Indonesia beriklim tropis!

Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang memiliki iklim tropis dan kaya akan sumber daya alam. Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang lama dan lokasi yang luas pada bagian bumi. Ilmu yang mempelajari iklim disebut dengan klimatologi. Iklim dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti letak geografis dan topografi wilayah. Selain itu, penentuan iklim juga dipengaruhi oleh letak garis lintang dan ketinggian. Kemudian, mengapa Indonesia memiliki iklim tropis? Simak penjelasan berikut ini.

Iklim Tropis Dan Ciri Cirinya

Tanggal 29 Juni diperingati sebagai hari tropis sedunia. Iklim tropis adalah sebutan bagi daerah-daerah yang mempunyai suhu hangat dan mendapatkan sinar matahari sepanjang tahunnya. Umumnya iklim tropis berada di sekitar garis ekuator atau khatulistiwa. Daerah tropis memiliki luas sekitar 40 persen dari total luas permukaan dunia. Hal ini tentu saja membuat daerah dengan iklim tropis memiliki banyak sekali keanekaragaman hayati dunia.

Alasan Mengapa Indonesia Memiliki Iklim Tropis

Ada beberapa alasan yang menjadi penyebab Indonesia memiliki iklim tropis. Indonesia memiliki iklim tropis karena beberapa faktor seperti:

  1. Secara astronomis, Indonesia terletak diantara 6 derajat LU – 11 derajat LS dan 95 derajat BT – 141 derajat BT.
  2. Secara geografis, Indonesia berada diantara dua benua yaitu Australia dan Asia. Posisi membuat Indonesia memiliki hembusa angin yang berasal dari Asia dan juga Australia.
  3. Indonesia terletak diantara dua samudera besar, yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Hal ini mengakibatkan Indonesia memiliki dua musim saja, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Selain itu, angin laut dan angin benua turut sera menjadi alasan Indonesia beriklim tropis.
  4. Indonesia berada pada garis ekuator atau garis khatulistiwa. Garis ini melewati beberapa wilayah Indonesia seperti Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan beberapa wilayah Indonesia Timur.

Beberapa daerah di Indonesia mempunyai tingkat curah hujan yang tinggi, sementara wilayah lainnya memiliki curah hujan rendah. Letak geografis Indonesia menyebabkan negara ini menjadi perlintasan arah angin setiap enam bulannya. Hal ini menjadi alasan Indonesia memiliki pergantian musim kemarau dan musim hujan. Iklim tropis juga dikenal memiliki keanekaragaman hayati yang melimpah. Berikut keistimewaan daerah yang beriklim tropis.

4 Ciri Ciri Iklim Tropis Di Indonesia

  1. Sinar matahari sepanjang tahun

Iklim tropis identik dengan cuaca yang hangat dan lembab. Suhu rata-rata di daerah ini sekitar 20 sampai dengan 30 derajat Celcius. Selain Indonesia, negara yang juga beriklim tropis adalah Brazil, Kongo, Afrika Barat, dan beberapa daerah lainnya.

  1. Iklim tropis dibagi menjadi tiga

Berdasarkan curah hujannya, iklim tropis dibagi lagi menjadi tiga kategori. Tiga kategori itu adalah iklim hutan hujan tropis, iklim monsun tropis, dan iklim sabana tropis. Mayoritas wilayah Indonesia berada pada iklim hutan hujan tropis.

  1. Terdapat banyak jenis hewan

Daerah dengan iklim tropis menjadi rumah bagi beranekaragam jenis kekayaan hayati. Sekitar 50% jenis tanaman di dunia ini berada pada wilayah tropis. Terdapat lebih dari 14 ribu spesian hewan hidup dan berkembangbiak di area tropis. Beberapa hewan yang dapat dijumpai di iklim tropis adalah harimau, jaguar, kolibri, kasuari, dan cendrawasih.

  1. Kaya dengan berbagai jenis tanaman

Tidak hanya kaya dengan spesies hewan, iklim tropis juga menjadi rumah untuk berbagai jenis tanaman. Banyak jenis tanaman yang tumbuh subur karena iklim hangat dan lembabnya. Kawasan hutan hujan tropis menjadi tempat paling ideal untuk kehidupan tanaman. Beberapa tanaman yang hidup di iklim tropis adalah anggrek, bambu, teratai, dan pisang.

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki iklim tropis. Kondisi ini disebabkan oleh berbagai faktor baik secara astronomis ataupun geografis. Iklim tropis menjadikan keuntungan tersendiri bagi Indonesia yang dapat menjadi rumah bagi berbagai jenis hewan dan tumbuhan.

Nah itulah penjelasan kenapa Indonesia memiliki iklim tropis / mengapa Indonesia memiliki iklim tropis dan pengaruhnya terhadap manusia dan hewan. Semoga bisa membantu kamu dalam menjelaskan kenapa Indonesia memiliki iklim tropis / alasan Indonesia memiliki iklim tropis.