Mengapa Indonesia Memiliki Potensi Perikanan Yang Bagus

mengapa indonesia memiliki potensi perikanan yang bagus

Mengapa Indonesia memiliki potensi perikanan yang bagus? Uraikan potensi perikanan di laut Indonesia! Sebutkan dan jelaskan pembagian potensi perikanan di Indonesia!

Indonesia Negara Perikanan

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Menurut data terkini yang dirilis Badan Informasi Geospasial (BIG), luas wilayah Indonesia mencapai  8,3 juta km² yang terdiri atas perairan dan darat. Total luas perairan Indonesia mencapai 6,4 km² dan total luas darat mencapai 1,9 km².

Adapun panjang garis pantai Indonesia mencapai 108.000 km. Baik wilayah perairan maupun wilayah darat Indonesia, memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah dan dapat dikembangkan lebih lanjut sebagai salah satu sumber devisa negara. Khusus wilayah perairan, potensi yang dimiliki meliputi potensi kelautan dan perikanan.

Yang termasuk potensi kelautan diantaranya adalah jasa lingkungan (keindahan alam, iklim, transportasi, penyerap limbah); energi kelautan (angin, gelombang pasang surut); sumber daya yang dapat dipulihkan (ikan, terumbu karang, mangrove); dan sumber daya yang tidak dapat dipulihkan (mineral, minyak, gas).

Sedangkan, potensi perikanan meliputi jumlah serta keberagaman jenis ikan yang dimiliki. Potensi-potensi ini tentunya tidak hadir dalam semalam layaknya legenda Roro Jongrang. Potensi-potensi ini timbul utamanya disebabkan oleh beberapa faktor, yang tidak bisa dilepaskan dari kondisi Indonesia secara geografis dan maritim.

Lalu mengapa Indonesia memiliki potensi perikanan yang baik / mengapa Indonesia kaya akan potensi perikanan?

Alasan Mengapa Indonesia Memiliki Potensi Perikanan Yang Bagus

Faktor-faktor yang membuat Indonesia memiliki potensi perikanan yang sangat bagus di antaranya adalah sebagai berikut. 

  1. Daerah pertemuan arus laut

Indonesia merupakan wilayah tempat melintasnya berbagai macam arus laut. Pertemuan berbagai macam arus laut ini mengakibatkan air laut jadi banyak mengandung zat hara dan banyak beragam jenis ikan. Arus laut sendiri diartikan sebagai gerakan air laut yang banyak dipengaruhi oleh angin, perbedaan suhu, perbedaan kadar garam, dan pasang surut air laut serta mengisi daerah yang ditinggalkan arus. Adapun arus laut yang ada di Indonesia antara lain arus laut angin muson, arus konveksi atau arus pengisi tegak, dan arus pasang surut.

  1. Gelombang Kelvin

Jika arus laut mengacu pada gerakan air laut yang banyak dipengaruhi oleh angin, perbedaan suhu, perbedaan kadar garam, dan pasang surut air laut serta mengisi daerah yang ditinggalkan arus, gelombang laut mengacu pada permukaan air laut yang mengalun karena ditiup angin. Salah satu gelombang laut yang membawa banyak ikan adalah gelombang Kelvin yang terjadi akibat berhembusnya angin pasat dari barat ke timur. Hal ini dikarenakan adanya tarikan kolam panas oleh Gelombang Kelvin yang diikuti dengan upwelling.

  1. Adanya terumbu karang

Indonesia memiliki banyak sekali terumbu karang yang menyimpan beraneka ragam jenis ikan, udang-udangan, moluska, dan karang. Terumbu karang banyak ditemui di Indonesia karena Indonesia beriklim tropis. Hal ini mengakibatkan hangatnya suhu perairan Indonesia dan menjadi rumah yang baik bagi tumbuhnya terumbu karang. Karena itu, keberadaan terumbu karang di Indonesia hendaknya dijaga karena merupakan tempat berkumpulnya ikan dan lain sebagainya dan memberikan manfaat yang tidak sedikit di bidang ekologis, ekonomi, dan sosial ekonomi.

  1. Adanya hutan mangrove

Selain terumbu karang, tempat berkumpulnya berbagai macam jenis ikan dan udang adalah hutan mangrove. Ya, bisa dikatakan hutan mangrove merupakan rumah sekaligus tempat berkembang baik bagi beberapa jenis ikan dan udang. Hutan mangrove dapat ditemui di beberapa bagian di wilayah Indonesia seperti Pulau Sumatera, Papua, Pulau Kalimantan, Pulau Jawa, Pulau Bali, dan Nusa Tenggara. Potensi perikanan yang sangat besar ini masih harus digali dan dikelola lebih baik lagi agar dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat.

Itulah jawaban dan alasan mengapa Indonesia memiliki potensi perikanan yang bagus. Semoga bisa membantu kamu dalam menjelaskan mengapa Indonesia kaya akan potensi perikanan ya!