Mengapa Indonesia Mendapat Julukan Museum Manusia Purba Dunia

mengapa indonesia mendapat julukan museum manusia purba dunia

Mengapa Indonesia mendapat julukan museum manusia purba dunia? Dimana lokasi penemuan manusia purba di Indonesia?

Terbentuknya Bumi Menurut Teori Big Bang dan Manusia Purba

Bumi telah terbentuk dari ratusan juta tahun yang lalu. Teori big bang mengatakan bahwa bumi dibentuk dari ledakan cakram raksasa yang kemudian membentuk nebula (asap). Nebula mengalami proses pembekuan atau mendingin dan kemudian memadat sehingga terbentuklah beberapa planet, salah satunya adalah planet yang kita tempati yaitu Bumi. Awalnya bumi dihuni oleh manusia purba dan hewan raksasa atau yang lebih dikenal dengan dinosaurus.

Mengapa Manusia Purba Juga Sering Disebut Sebagai Manusia Fosil?

Manusia zaman dulu atau yang lebih dikenal manusia purba memiliki banyak perbedaan dengan manusia modern sekarang. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari bentuk fisik, perilaku, kebiasaan maupun sifat.

Menurut para ahli, manusia purba berada di bumi sekitar 2 juta tahun yang lalu. Para ahli menyimpulkan karena ditemukan sisa-sisa manusia yang kemudian berubah menjadi fosil. Prehistoric People atau manusia purba merupakan manusia yang telah hidup lama bahkan sebelum ditemukannya tulisan.

Alasan Mengapa Indonesia Mendapat Julukan Museum Manusia Purba Dunia

Negara yang mendapat julukan sebagai museum manusia purba di dunia adalah Indonesia. Mengapa indonesia mendapat julukan museum manusia purba dunia? Indonesia dijuluki sebagai museum manusia purba karena lokasi Indonesia sering dijumpai tulang belulang manusia atau yang lebih dikenal fosil di beberapa pulau di Indonesia khususnya daerah Jawa.

Cara Mengetahui Kehidupan Manusia Purba Di Indonesia

Untuk mengetahui bagaimana kehidupan manusia pada masa itu (manusia purba) dapat dilihat dari :

  1. Peninggalan alat-alat yang digunakan manusia purba pada masa itu dan juga perlengkapan kehidupan manusia. Contohnya seperti peralatan rumah tangga, bangunan, dan senjata.
  2. Sisa tulang belulang manusia, hewan maupun tumbuhan dapat menjadi bukti atau bahan penelitian untuk meneliti dan mengetahui kehidupan manusia purba pada masa itu.

Setelah diteliti dari beberapa macam fosil yang ditemukan, para peneliti berpendapat bahwa manusia purba merupakan nenek moyang dari manusia modern sekarang. Hal tersebut dilihat dari cara hidup manusia zaman dulu dan sekarang yang sama, yaitu memanfaatkan sumber daya alam sebagai cara mereka untuk hidup.

Karakteristik Manusia Purba

Karakteristik yang menonjol dari manusia purba adalah gaya hidupnya yang nomaden atau berpindah tempat. Manusia purba akan berpindah tempat dari satu pulau ke pulau yang lain tergantung pada sumber daya alam yang ada di dalam pulau itu. Di Indonesia banyak ditemui manusia purba berdasarkan fosil yang ditemukan. Pulau Jawa menjadi tempat yang banyak ditemukan fosil-fosil manusia purba. Hal tersebut membuat Indonesia dijuluki sebagai museum manusia purba.

Tempat Penemuan Manusia Purba Di Indonesia

Berikut adalah tempat penemuan fosil manusia purba di Indonesia :

  1. Sangiran, Jawa Tengah

Sangiran menjadi tempat ditemukannya manusia purba, hal tersebut membuat Sangiran dikenal sebagai sebuah kompleks situs manusia purba. Di Sangiran, Jawa Tengah ditemukan fosil-fosil dari jenis manusia purba Homo erectus. Manusia purba yang ditemukan di Sangiran ini merupakan jenis manusia purba sebelum tahapan Homo sapiens (manusia modern) atau jenis manusia sekarang. Selain jenis Homo, juga ditemukan jenis manusia purba Meganthropus palaeojavanicus.

  1. Trinil, Jawa Timur

Tempat lainnya yang ditemukannya situs peninggalan manusia purba adalah Trinil, Jawa Timur. Ditemukan beberapa fosil manusia purba jenis Pithecanthropus erectus serta berbagai fosil tumbuhan dan hewan pada masa itu.

  1. Tuluagung, Jawa Timur

Banyak ditemukan fosil di sekitar pulau Jawa khususnya di Jawa Timur. Jenis manusia purba yang berbeda-beda banyak ditemukan di daerah tersebut. Contohnya manusia purba jenis Homo Wajakensis. Jenis manusia purba ini telah hidup pada zaman modern, hal tersebut dibuktikan dengan ditemukan peralatan yang digunakan manusia purba pada masa itu.

Dari hasil-hasil fosil yang ditemukan pada masa kini, hal tersebut membuktikan bahwa Indonesia telah di huni dari ratusan juta tahun yang lalu. Meskipun Indonesia telah dihuni sejak lama, tidak membuat Indonesia kehabisan sumber daya alam, karena Indonesia telah dikaruniai sumber daya alam yang melimpah.

Nah itulah beberapa alasan Indonesia mendapat julukan museum manusia purba dunia. Semoga pembaca mengapa.net bisa menjelaskan mengapa Indonesia mendapat julukan museum manusia purba dunia ya!