Mengapa Indonesia Merdeka

mengapa indonesia merdeka

Mengapa Indonesia merdeka pada tanggal 17 agustus 1945? Apa alasan Indonesia merdeka tanggal 17 agustus 1945?

Sejarah Indonesia Merdeka

Bulan Agustus adalah bulan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. Berbagai kegiatan kerap dilakukan di bulan ini sebagai pengingat betapa perjuangan untuk meraih kemerdekaan bangsa Indonesia ini sangatlah berat. Bahkan setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia masih dirongrong oleh kekuatan asing seperti Belanda yang hendak menancapkan kuku-kuku penjajahannya kembali di bumi Indonesia melalui berbagai macam cara karena mereka tidak mengakui kemerdekaan Indonesia.

Hal ini terbukti dengan berbagai upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia baik melalui perang maupun meja perundingan. Upaya-upaya yang dilakukan Indonesia akhirnya berbuah manis. Indonesia sebagai negara merdeka akhirnya diakui oleh dunia Internasional dan Belandapun angkat kaki dari Indonesia. Setelah itu, Indonesia benar-benar merdeka dalam arti yang sesungguhnya. Kenapa Indonesia merdeka pada tanggal 17 agustus 1945?

Alasan Mengapa Indonesia Merdeka

Sebagai sebuah negara besar yang pernah dijajah ratusan tahun, Indonesia berhak menyatakan kemerdekaannya karena hal-hal berikut.

  1. Kemerdekaan adalah hak setiap bangsa

Sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bahwa kemerdekaan adalah hak setiap bangsa. Hal ini mengandung arti bahwa setiap bangsa memiliki hak penuh untuk terbebas dari segala macam bentuk penjajahan dan penindasan. Hal ini bukannya tanpa alasan. Bangsa Indonesia pernah merasakan sendiri betapa tertindasnya sebagai sebuah bangsa. Tertindas baik lahir maupun batin, mental maupun materi. Selain itu, bangsa Indonesia juga mengalami keterpurukan yang parah di berbagai bidang. Karena ingin terbebas dari belenggu penjajahan, bangsa Indonesia kemudian menyatakan kemerdekaannya, terlepas dari penjajahan bangsa asing.

  1. Menjadi bangsa yang berdaulat

Dengan adanya proklamasi kemerdekaan ini, Indonesia menyatakan diri sebagai sebuah negara yang berdaulat meskipun syarat-syarat untuk membentuk sebuah negara belum terpenuhi. Meskipun begitu, dengan adanya proklamasi kemerdekaan ini, Indonesia memperoleh haknya kembali sebagai sebuah bangsa. Bangsa Indonesia bebas menentukan nasibnya sendiri, bangsa Indonesia berhak membangun negaranya sendiri, bangsa Indonesia terbebas dari penindasan yang dilakukan bangsa lain, bangsa Indonesia menyejajarkan diri dengan bangsa-bangsa lain di dunia, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, dengan adanya proklamasi kemerdekaan ini, bangsa Indonesia memiliki hak penuh untuk mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara tanpa campur tangan pihak asing.

  1. Hasil perjuangan bangsa sendiri

Kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia merupakan hasil dari perjuangan bangsa sendiri melawan segala macam bentuk penjajahan selama berabad-abad lamanya. Dalam arti, kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia bukan merupakan pemberian atau hadiah dari pihak Jepang. Hal ini dinyatakan secara eksplisit dalam teks Proklamasi yang menyatakan, “Kami, bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia”.

  1. Mencapai cita-cita negara

Kemerdekaan Indonesia yang diproklamirkan tanggal 17 Agustus 1945 merupakan sebuah pintu bagi bangsa Indonesia untuk mencapai cita-cita negara sebagaimana tercantum dalam Alenia 2 Pembukaan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 yaitu menjadi negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. 

  1. Mencapai tujuan negara

Kemerdekaan Indonesia bukanlah tujuan akhir dari perjuangan bangsa Indonesia. Tujuan perjuangan bangsa Indonesia sejatinya adalah tujuan negara yang hendak dicapai dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

Tujuan negara sebagaimana tercantum di dalam Alenia 4 pada Pembukaan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan kesejahteraan umum, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Itulah beberapa hal yang membuat Indonesia bisa merdeka. Sebagai generasi penerus bangsa, tugas kita adalah mengisi kemerdekaan yang telah diraih dengan darah dan air mata ini dengan sesuatu yang lebih bermanfaat dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berbhinneka Tunggal Ika berdasarkan Pancasila.

Semoga artikel sejarah kemerdekaan Indonesia singkat ini bisa memberikan jawaban sekaligus menambah wawasan kamu mengenai bagaimana proses kemerdekaan Indonesia & mengapa Indonesia merdeka 17 agustus 1945.