Mengapa Indonesia Perlu Melakukan Perdagangan Internasional

mengapa indonesia perlu melakukan perdagangan internasional

Mengapa Indonesia perlu melakukan perdagangan internasional dengan negara lain? Apa fungsi perdagangan internasional? Sebutkan perbedaan antara perdagangan dalam negeri dan perdagangan internasional!

Karakteristik Indonesia Sebagai Negara Berkembang

Sebuah wilayah hadir dengan karakteristik yang berbeda dengan wilayah lainnya. Penyebab perbedaan karakteristik wilayah ini dapat beraneka ragam, seperti:

  1. Letak atau posisi suatu wilayah
  2. Kondisi topografi wilayah
  3. Isolasi geografis pada sebuah wilayah
  4. Kondisi geologi dan morfologi wilayah

Kesemua faktor tersebut merupakan faktor fisik yang mempengaruhi kondisi sumber daya alam. Selain itu juga membentuk karakteristik pada sosial, ekonomi, politik, dan budaya disuatu wilayah. Maka dari itu, wilayah satu dengan wilayah lainnya tidak akan memiliki kesamaan pada segala bidang. Wilayah pesisir tentu akan berbeda sekali karakteristiknya dengan wilayah pegunungan. Pun demikian, wilayah pegunungan satu dengan lainnya akan berbeda karakteristik. Misalnya saja dalam hal karakteristik komoditas pertanian yang dikelola.

Ciri khas atau karakteristik tersebut juga melekat pada suatu negara. Terlebih dalam konsepsi negara-negara di dunia, terdapat istilah negara maju dan negara berkembang. Dari istilah tersebut, jelas sekali menggambarkan bagaimana sebuah negara pasti memiliki karakteristik tersendiri.

Negara maju dicirikan dengan karakter negara yang memiliki kualitas SDM mumpuni, ekonominya ditopang oleh sektor-sektor industri dan jasa, serta kondisi sosial budayanya terkesan membebaskan masyarakat dari aturan adat istiadat. Berbeda dengan karakteristik negara berkembang. Negara berkembang dicirikan dengan kualitas SDM yang rendah, perekonomian ditopang oleh sektor pertanian, dan sangat erat dengan nilai adat istiadat.

Perbedaan karakteristik tentu akan mempengaruhi kemampuan suatu wilayah atau negara untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atau negaranya. Tidak semua kebutuhan bisa dihasilkan oleh suatu negara karena keterbatasan sumber daya yang ada. Maka, dari sinilah perlunya perdagangan antar wilayah atau antar negara.

Apa yang kamu ketahui tentang perdagangan internasional? Mengapa suatu negara memerlukan perdagangan internasional? Jelaskan manfaat perdagangan internasional bagi Indonesia!

Alasan Mengapa Indonesia Perlu Melakukan Perdagangan Internasional

Dalam kasus Indonesia, negara tidak akan bisa memenuhi segala kebutuhan penduduknya, meskipun mampu memproduksinya. Akan tetapi, produktivitas yang dihasilkan tidak akan mencukupi untuk seluruh masyarakat. Jikalau dipaksakan, bisa jadi biaya produksi yang dikeluarkan sangat mahal. Demikian juga negara lain, pasti membutuhkan sesuatu hal dari negara Indonesia. Oleh karena itu, Indonesia membutuhkan kegiatan perdagangan internasional atau perdagangan dengan negara lain.

Misalnya saja, Indonesia selama ini melakukan perdagangan internasional dengan negara Tiongkok dalam hal ekspor impor barang elektronik dan bahan pangan. Indonesia sebenarnya mampu memproduksi barang elektronik, namun skalanya masih rendah. Akan tetapi Indonesia dapat memproduksi bahan pangan dengan jumlah berlimpah dan kualitas yang baik. Di sisi lain, Tiongkok merupakan salah satu negara dengan produksi barang elektronik terbesar, namun kurang mampu untuk memproduksi bahan pangan.

Contoh di atas merupakan alasan negara melakukan perdagangan Internasional. Indonesia unggul disektor pangan, namun lemah disektor teknologi. Tiongkok unggul disektor teknologi, namun lemah disektor pangan. Kekuataan dan kelemahan pada kedua negara menunjukan adanya keunggulan komparatif. Keunggulan komparatif ini yang kemudian mendorong terjadinya perdangan internasional pada kedua negara.

Keunggulan komparatif secara sederhana bisa diartikan sebagai kemampuan suatu negara untuk menghasilkan barang atau jasa dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan negara lain. Jika suatu negara dapat memproduksi barang / jasa dengan harga lebih murah, maka negara lain yang biaya produksinya lebih mahal akan membeli barang / jasa dari negara tersebut.

Perdagangan internesional pada akhirnya mampu memberikan manfaat lain untuk suatu negara. Ini juga menjadi salah satu alasan mengapa Indonesia perlu melakukan perdagangan internasional. Manfaat yang didapat tidak hanya sebatas memperlihatkan keunggulan komparatif negara Indonesia. Adapun manfaat perdagangan internasional bagi negara berkembang seperti Indonesia antara lain :

Manfaat Perdagangan Internasional Secara Umum Bagu Indonesia

  1. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat
  2. Mendapat pengakuan dari negara lain akan eksistensi negara Indonesia
  3. Menjalin hubungan baik dengan negara lain.
  4. Transfer ilmu pengetahuan dan teknologi.
  5. Perluasan pasar dari komoditas negara Indonesia.

Itulah jawaban dan alasan kenapa indonesia perlu melakukan perdagangan internasional. Semoga kalian bisa menjelaskan dan mendeskripsikan mengapa Indonesia merasa perlu melakukan perdagangan internasional dengan negara lain ya!