Mengapa Indonesia Perlu Memiliki Dasar Negara

mengapa indonesia perlu memiliki dasar negara

Mengapa Indonesia perlu memiliki dasar negara? Mengapa setiap negara harus memiliki dasar negara atau ideologi negara? Jelaskan mengapa setiap negara harus memiliki dasar negara atau konstitusi!

Indonesia Harus Memiliki Dasar Negara

Indonesia, sebagaimana halnya negara-negara lain di dunia, membutuhkan dasar negara sebagai fondasi berdirinya sebuah negara yang berdaulat. Dengan adanya dasar negara, suatu negara memiliki hak penuh untuk menentukan bentuk negara, bentuk dan sistem pemerintahan yang akan dipilih, tujuan negara yang akan dicapai, serta cara-cara pencapaian tujuan negara. Besarnya peran dasar negara ini membuat kita bertanya-tanya, apa sih dasar negara itu dan dari manakah dasar negara Indonesia berasal?

Pengertian Dasar Negara

Berdasarkan asal usul kata atau etimologis, pengertian dasar negara memiliki kesamaan makna dengan norma dasar, cita hukum, cita negara, dan dasar filsafat negara. Sedangkan, berdasarkan terminologis, pengertian dasar negara dimaknai sebagai sumber dan landasan dalam proses pembentukan dan penyelenggaraan negara. Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa dasar negara adalah norma dasar atau cita hukum, cita negara, dan dasar filsafat negara bagi pembentukan dan penyelenggaraan suatu negara.

Mengacu pada pengertian dasar negara di atas, maka sebuah negara membutuhkan dasar negara sebagai fondasi atau dasar-dasar penyelenggaraan negara. Dengan demikian, kenapa setiap bangsa harus mempunyai dasar negara / mengapa negara Indonesia harus mempunyai dasar negara karena hal-hal berikut ini :

Alasan Mengapa Indonesia Perlu Memiliki Dasar Negara

  1. Dasar pembentukan negara

Dasar negara merupakan fondasi bagi berdirinya sebuah negara. Suatu negara tidak akan berdiri dengan kokoh manakala tidak memiliki dasar negara. Melalui dasar negara, suatu negara dapat menentukan bentuk negara, sistem pemerintahan, bentuk pemerintahan, tujuan negara, serta cara-cara pencapaian tujuan negara.

  1. Norma dasar bagi suatu negara

Dasar negara merupakan norma dasar bagi suatu negara. Dalam arti, dasar negara merupakan norma paling tinggi yang menjadi landasan bagi berbagai sistem norma yang ada dalam masyarakat termasuk negara. Sebagai norma dasar suatu negara, dasar negara bersifat tetap alias tidak bisa diubah oleh siapapun.

  1. Sumber dari segala sumber hukum

Terkait dengan dasar negara sebagai norma dasar bagi suatu negara, dasar negara memiliki kedudukan yang paling tinggi dibandingkan dengan berbagai macam peraturan perundangan bahkan konstitusi negara sekalipun. Sebagai sumber dari segala sumber hukum, dasar negara bersifat permanen atau tetap. Sedangkan peraturan perundang-undangan yang ada di bawahnya bersifat fleksibel, dalam arti dapat diubah sewaktu-waktu. Contoh di Indonesia, Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 telah mengalami amandemen sebanyak empat kali. Pun dengan berbagai macam peraturan perundang-undangan yang ada di bawahnya karena menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

  1. Fondasi penyelenggaraan negara

Dasar negara suatu negara merupakan fondasi bagi negara untuk menyelenggarakan negara. Dalam arti berbagai nilai-nilai yang terkandung dalam dasar negara menjadi dasar bagi suatu negara untuk menyelenggarakan negara. Termasuk di dalamnya adalah menjadi dasar bagi pembentukan peraturan perundang-undangan. Hal ini mengandung arti pula bahwa dalam pelaksanaan penyelenggaraan negara, setiap penyelenggara negara haruslah memiliki perilaku yang sesuai dan sejalan dengan peraturan perundang-undangan yang dibuatnya. Apabila hal ini dilakukan dengan konsisten, cita-cita dan tujuan negara dapat dicapai.

  1. Cita negara

Bagi suatu negara, dasar negara merupakan cita negara. Dalam arti, dasar negara merupakan landasan bagi suatu negara untuk mewujudkan cita-cita negara. Pada umumnya, cita-cita negara tercantum dalam Konstitusi negara yang bersangkutan. Untuk Indonesia, cita-cita negara yang tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945 adalah merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

  1. Dasar pencapaian tujuan negara

Selain cita negara, dasar negara bagi suatu negara merupakan dasar atau landasan untuk mencapai tujuan negara. Sebagaimana halnya cita negara, tujuan negara juga pada umumnya tercantum dalam konstitusi negara yang bersangkutan. Adapun tujuan negara Indonesia adalah melindungi segenap bangsa Indonesia, melindungi segenap tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.

Itulah jawaban dan alasan mengapa Indonesia perlu memiliki dasar negara. Karena dasar negara merupakan sumber atau landasan bagi suatu negara untuk mendirikan negara dalam rangka mencapai cita-cita dan tujuan negara yang telah ditetapkan dengan cara-cara yang bersumber dari dasar negara itu sendiri. Nah semoga membantu kamu dalam menjelaskan tentang dasar negara Indonesia & mengapa Indonesia harus memiliki dasar negara ya!