Mengapa Indonesia Perlu Terlibat Dalam Percaturan Internasional

mengapa indonesia perlu terlibat dalam percaturan internasional

Mengapa Indonesia perlu terlibat dalam percaturan internasional? Apa contoh peranan Indonesia dalam percaturan internasional?

Indonesia Sebagai Negara Berkembang Perlu Menjalin Hubungan Internasional

Sebagai negara yang merdeka dan berdaulat, Indonesia perlu menjalin hubungan internasional dengan negara-negara lain di dunia. Hal ini disebabkan karena negara Indonesia tidak dapat hidup sendiri. Indonesia membutuhkan negara lain untuk membantu Indonesia memenuhi kebutuhan hidup rakyatnya.

Selain itu, hubungan internasional juga dibutuhkan Indonesia untuk mempertahankan keberadaannya sebagai sebuah negara. Karena hal itulah Indonesia perlu terlibat dalam percaturan internasional. Caranya adalah dengan berpartisipasi secara aktif dalam kerja sama internasional di berbagai bidang sesuai dengan politik luar negeri yang dianut berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Indonesia perlu terlibat dalam percaturan internasional karena hal-hal berikut.

Alasan Mengapa Indonesia Perlu Terlibat Dalam Percaturan Internasional

  1. Amanat konstitusi

Indonesia perlu terlibat dalam percaturan internasional karena hal ini merupakan amanat konstitusi. Dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Alenia 1 disebutkan “Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikadilan. “ Atas dasar inilah harusnya keterlibatan Indonesia dalam percaturan internasional ditujukan yaitu untuk mendorong kemerdekaan suatu negara dan bukan karena alasan lain.

Sementara itu, pada Alenia 4 dinyatakan bahwa salah satu tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah ikut serta melaksanakan ketertban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Untuk mewujudkan hal tersebut, Indonesia mengadakan hubungan internasional dengan berbagai negara dan organisasi internasional.

  1. Mencapai tujuan nasional

Berbagai bentuk hubungan yang dilakukan dengan bangsa lain, lembaga atau organisasi internasional, atau subyek hukum internasional lainnya sejatinya ditujukan untuk mencapai tujuan nasional. Tujuan nasional yang dimaksud adalah tujuan nasional yang tercantum dalam Alenia 4 Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

  1. Menciptakan keamanan dan stabilitas negara

Keterlibatan Indonesia dalam percaturan internasional sejatinya ditujukan untuk menciptakan keamanan dan stabilitas negara. Hal ini dibuktikan dengan terpilihnya Indonesia menjadi salah satu anggota tidak tetap dewan Keamanan PBB. Adapun “misi” yang dibawa Indonesia adalah menciptakan ekosistem perdamaian dan stabilitas global, memastikan sinergi antara melanggengkan perdamaian dan agenda pembangunan berkelanjutan, serta memerangi terorisme, radikalisme, dan ekstremisme. “Misi” yang dibawa Indonesia tersebut berkaitan erat dengan kepentingan nasional yakni menjaga keamanan dan stabilitas negara agar Indonesia dapat terus membangun tanpa adanya ancaman dari manapun.

  1. Upaya mewujudkan perdamaian dunia

Indonesia perlu terlibat dalam percaturan internasional karena merupakan salah satu upaya untuk untuk mewujudkan perdamaian dunia. Adapun beberapa hal yang telah dilakukan oleh Indonesia terkait dengan hal ini di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Berperan aktif dalam upaya perdamaian Palestina
  • Mendorong terjadinya rekonsiliasi antara kelompok-kelompok yang bertikai di Afghanistan
  • Berpartisipasi aktif dalam mengirimkan pasukan perdamaian
  • Berpartisipasi aktif dalam mengirimkan bantuan kemanusiaan
  • Dialog lintas agama
  • Meningkatkan hubungan dagang dengan beberapa negara sesuai dengan politik luar negeri yang bebas aktif dan zero enemy
  1. Melindungi warganya

Keterlibatan Indonesia dalam percaturan internasional adalah untuk melindungi warga negara Indonesia yang ada di luar negeri. Contohnya adalah membantu menyelesaikan kasus-kasus yang melibatkan WNI di luar negeri, membebaskan WNI dari jeratan hukuman mati, serta melakukan proses evakuasi WNI di  daerah konflik atau bencana alam.

Itulah beberapa alasan Indonesia perlu terlibat dalam percaturan internasional. Semoga kamu bisa menjelaskan mengapa Indonesia perlu terlibat dalam percaturan dunia ya!