Mengapa Indonesia Rawan Bencana Geologi

mengapa indonesia rawan bencana geologi

Mengapa Indonesia rawan bencana geologi? Apa yang menyebabkan Indonesia menjadi wilayah yang rawan bencana geologi?

Posisi Indonesia secara geografis dan astronomis adalah sebagai berikut:

Posisi Geografis Dan Astronomis Indonesia

  1. Adapun posisi geografis: berada di antara dua samudera, yakni Samudera Hindia dan Samudra Pasifik serta berada di antara dua benua, yakni Benua Asia dan Benua Australia.
  2. Posisi astronomis, dilihat dari posisinya terhadap garis bujur dan garis lintang.
  • Berdasarkan garis bujur: 95˚ BT sampai 141˚ BB
  • Berdasarkan garis lintang: 6˚ LU sampai 11˚ LS

Konsekuensi dari posisi geografis dan astronomis Indonesia, antara lain:

  1. Menjadi jalur perdagangan karena berada di antara dua benua dan samudra.
  2. Memiliki iklim tropis karena berada di garis khatulistiwa.
  3. Perairan Indonesia merupakan salah satu yang terluas di dunia.
  4. Dilewati oleh tiga lempeng besar tektonik.
  5. Menjadi jalur dari oleh Ring of Fire.

Alasan Mengapa Wilayah Indonesia Rawan Bencana Geologi

Indonesia merupakan negara yang rawan bencana karena keadaan di atas. Adanya konsekuensi dari kondisi geografis dan astronomis Indonesia juga membentuk keanekaragaman kondisi morfologi, geologi, dan topografi di Indonesia. Wilayah Indonesia banyak dilewati oleh pegunungan, namun juga terdapat banyak pantai. Pegunungan dan pantai membuat kondis topografi Indonesia bermacam-macam, mulai dari dataran rendah hingga pegunungan.

Selain itu, terdapat gejala geologis lainnya karena Indonesia dilewati oleh 3 lempeng tektonik aktif. Gejala geologis yang dapat ditemui adalah adanya lipatan dan patahan yang hampir ditemui di seluruh wilayah Indonesia. Lipatan dan patahan juga memberikan andil kepada kondisi topografi Indonesia. Banyak ditemui pegunungan lipatan, seperti di Kabupaten Bantul dan Kulon Progo, Yogyakarta. Selain itu, banyak juga cekungan-cekungan akibat adanya patahan atau karena efek dari kondisi batuan.

Kondisi geologi yang bermacam-macam membuat Indonesia menjadi salah satu wilayah yang rawan terhadap bencana geologi. Bencana geologi merupakan bencana yang diakibatkan oleh aktivitas dari dalam bumi, yakni lempeng tektonik dan magma yang berpengaruh hingga ke permukaan bumi atau bencana yang diakibatkan oleh faktor-faktor dari permukaan bumi. Bencana geologi terdiri dari:

Contoh Bencana Geologi

  1. Gempa bumi, yakni pelepasan energi dari dalam bumi sehingga menggetarkan permukaan bumi. Gempa bumi disebabkan oleh adanya aktivitas lempeng tektonik. Aktivitas tersebutlah yang kemudian menghasilkan energi yang pada besaran tertentu harus dilepaskan.
  2. Tsunami, yakni yakni gelombang laut dengan ketinggian tertentu yang menerjang dataran disebabkan oleh perubahan atau gerakan bawah laut.
  3. Fenomena vulkanik atau gunung api, yakni segala kejadian yang menyangkut aktivitas gunung api, seperti fenomena keluarnya magma ke permukaan bumi.
  4. Tanah longsor, yakni pergerakan tanah atau massa batuan dalam jumlah yang besar. Tanah longsor dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti tingkat kemiringan lereng.

Tsunami

Sebagai negara dengan tingkat kegempaan yang tinggi, Indonesia juga memiliki risiko tsunami yang tinggi. Tsunami sendiri merupakan bencana lanjutan dari bencana gempa bumi. Apabila titik pusat gempa berada di lautan atau perairan, maka besar kemungkinan dapat menyebabkan terjadinya tsunami. Sebab, seringkali gempa bumi menyebabkan adanya longsor dasar laut. Longsor dasar laut tersebut yang menyebabkan terjadinya tsunami.

Tanah Longsor

Tanah longsor juga banyak terjadi di Indonesia dikarenakan kondisi topografi diberbagai wilayah di Indonesia berupa dataran tinggi, baik pegunungan maupun perbukitan. Kawasan dataran tinggi memiliki karakteristik kemiringan lereng yang cukup tinggi. Biasanya mencapai kemiringan 45˚. Tingkat kemiringan lereng yang tinggi merupakan salah satu faktor penyebab tanah longsor. Terlebih jika kondisi permukaan tanah tidak tertanami pepohonan, curah hujan tinggi, dan karakteristik tanah maupun batuan yang rapuh, maka risiko kejadian tanah longsor dapat menjadi sangat tinggi.

Itulah jawaban dan alasan mengapa Indonesia rawan bencana geologi. Semoga bisa membantu kamu dalam menjelaskan mengapa letak geologis Indonesia termasuk rawan bencana geologi ya!