Mengapa Indonesia Termasuk Bangsa Yang Kaya Akan Budaya

mengapa indonesia termasuk bangsa yang kaya akan budaya

Mengapa Indonesia termasuk bangsa yang kaya akan budaya? Apakah bukti bahwa Indonesia merupakan bangsa yang kaya budaya?

Indonesia Kaya Akan Budaya Daerah

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari ribuan pulau, lebih tepatnya 17.000 pulau. Memiliki banyak pulau membuat Indonesia memiliki potensi perikanan yang bagus dan mempunyai beragam budaya yang terkandung didalamnya. Dari sabang sampai marauke, dari Aceh sampai Papua, tersimpan keragaman budaya yang bebeda-beda. Di setiap daerah atau suku memiliki budaya yang khas dengan daerahnya sendiri.

Ketika duduk dibangku sekolah dasar, kita diwajibkan untuk menghafal budaya-budaya pada setiap provinsi, mulai dari lagu daerah, tarian adat, pakaian adat, rumah adat, bahasa, senjata tradisional dan upacara adat. Tujuan menghapal beragam budaya di Indonesia membuat kita mengenal dari semua budaya Indonesia, selain budaya di daerah kita sendiri.

Keragaman Budaya Bhineka Tunggal Ika

Indonesia yang merupakan bangsa yang kaya akan budaya tetap menjunjung tinggi kesatuan. Seperti semboyannya “Bhineka Tunggal Ika” memiliki arti meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Indonesia kaya akan budaya meskipun begitu indonesia juga menghargai kebudayaan asing. Indonesia merupakan negeri yang sangat kaya akan budaya daerah faktual atau imajinatif.

Keragaman budaya tidak membuat daerah di Indonesia harus merasa unggul dari satu yang lainnya. Perbedaan itu tentu akan membuat Indonesia sebagai negara yang unik, meskipun memiliki ras dan suku yang berbeda, Indonesia tetap bisa hidup berdampingan dengan nyaman dan damai.

Indonesia yang terdiri dari banyak pulau dan banyak daerah didalamnya memiliki ciri khas kebudayaan yang berbeda-beda. Contoh sederhana adalah tempat tinggal di lingkungan setiap daerah berbeda-beda. Untuk rumah-rumah di daerah Jawa dan Bali, semua nya dibangun langsung di atas tanah, namun untuk diluar daerah tersebut dibangun di atas tiang atau biasa dikenal dengan rumah panggung. Alasannya adalah letak Indonesia yang di pengaruhi oleh letak geografis dan geologis membuat lingkungan disetiap daerah pun berbeda-beda.

Alasan Mengapa Indonesia Termasuk Bangsa Yang Kaya Akan Budaya

Alasan yang membuat Indonesia termasuk bangsa yang kaya akan budaya adalah letak atau posisi Indonesia yang sangat strategis, dan dikelilingi oleh berbagai negara yang berkembang. Seperti yang kita ketahui bahwa budaya Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor lainnya yaitu pertemuan antara kebudayaan lokal dan luar membuat kebudayaan Indonesia banyak dikenali. Selain itu, Indonesia kaya akan budaya disebabkan oleh proses penyebaran dan perkembangan agama yang mendukung perkembangan kebudayaan di Indonesia.

Biasanya budaya bahasa dari beberapa daerah merupakan turunan dari nenek moyang mereka. Contohnya secara umum bahwa bahasa jawa itu adalah bahasa dari seluruh pulau jawa di Indonesia, tetapi faktanya bahasa untuk setiap daerah di pulau jawa berbeda-beda. Nenek moyang mereka berkomunikasi menggunakan bahasa tersebut, dan kemudian ditiru oleh generasi-genarasi berikutnya.

Budaya Indonesia Yang Terkenal Di Mancanegara

Indonesia yang kaya akan budaya membuat Indonesia patut bangga atas karunia tesebut. Sudah selayaknya Indonesia menjaga dan melestarikan kebudayaan yang ada didalamnya. Budaya-budaya di Indonesia telah banyak diketahui oleh negara lain-lain, hal tersebut membuktikan bahwa kebudayaan Indonesia telah berkembang seiringnya waktu.

Budaya yang telah berkembang sampai ke manca negara adalah alat musik seperti angklung, kemudian tarian yaitu tari saman, reog ponorogo, tari pendet dan lainnya. Jenis tarian tersebut telah menjadi tarian yang telah digunakan pada tarian pembuka di berbagai kegiatan yang menghadiri beberapa negara di dunia. Agar Indonesia bisa terus eksistensi di kancah internasional, memperkenalkan budaya adalah salah satu caranya.

Diharapkan bahwa budaya yang terdapat di Indonesia harus dilestarikan dan dijaga dengan baik. Dengan mengembangkan budaya di daerah sendiri, dan mempelajari budaya di daerah lain akan membuat budaya Indonesia tidak hilang dan dapat dikenali oleh anak dan cucu kita.

Semoga kalian bisa menjelaskan alasan-alasan mengapa Indonesia termasuk bangsa yang kaya akan budaya ya!