Mengapa Indonesia Termasuk Daerah Rawan Terhadap Gempa Dan Tsunami

mengapa indonesia termasuk daerah rawan terhadap gempa dan tsunami

Mengapa Indonesia termasuk daerah rawan terhadap gempa bumi dan tsunami? Apa yang menyebabkan Indonesia menjadi wilayah yang rawan bencana?

Indonesia Rawan Gempa Dan Tsunami

Indonesia yang dikenal sebagai berbagai macam julukan mulai dari negara kepulauan, negara maritim dan lainnya, tidak menutup kemungkinan bahwa Indonesia juga merupakan negara yang rawan dari bencana alam seperti gempa maupun tsunami. Julukan-julukan tersebut didapatkan karena letak Indonesia yang dikelilingi kawasan perairan atau laut. Oleh karenanya kita semua pasti tau potensi ancaman yang akan terjadi pada penduduk yang tinggal di kawasan dekat perairan atau laut.

Jika diingat lagi, Indonesia sebagai negara yang rentan terhadap gempa bumi, gempa bumi pernah mengguncang Aceh pada tahun 2004, Padang pada tahun 2009 , Palu dan Donggala pada tahun 2018, dan baru-baru ini terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

Di Asia Tenggara, Indonesia merupakan suatu negara yang rawan gempa, disusul oleh negara lainnya seperti negara Jepang dan Filipina. Indonesia merupakan negara yang rawan akan bencana gempa. Kondisi tersebut terjadi karena letak geografis dan letak geologis dari Indonesia itu sendiri. Secara geografis Indonesia berada diantara dua samudera yang luas, yaitu Hindia dan Pasifik. Sedangkan posisi geologis Indonesia pada pertemuan 3 lempeng utama yaitu Lempeng  Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik. Untuk mengetahui lebih jelas alasan mengapa Indonesia termasuk daerah rawan terhadap gempa dan tsunami, simak penjelasan di bawah ini :

Alasan Mengapa Indonesia Termasuk Daerah Rawan Terhadap Gempa Dan Tsunami

  1. Indonesia dikelilingi oleh cincin api pasifik atau gunung berapi

Cincin pasifik merupakan sebutan untuk wilayah yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi. Panjang wilayah yang masuk ke dalam area cincin pasifik kira-kira 40.000 km. Dan Indonesia masuk ke dalam area tersebut, hal itu membuat Indonesia sering mengalami gempa bumi. 90 persen gempa yang terjadi 81 persennya terjadi di kawasan cincin pasifik.

Selain itu, Indonesia masuk dalam wilayah sabuk Alpine, oleh karenanya di Indonesia masih banyak gunung berapi yang masih aktif maupun tidak aktif. Sekitar 17 persen gempa yang terjadi di dunia, kira-kira sekitar 6 persen gempa bumi terjadi di kawasan sabuk Alpine.

  1. Berada di 3 pertemuan lempeng

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa Indonesia berada di 3 pertemuan lempeng. Apabila lempeng bergeser, atau pecah bahkan mencuat ke atas, hal tersebut akan menyebabkan gempa bumi.

Selain itu tumbukan yang terjadi pada 3 lempeng tesebut juga akan mengakibat gempa bumi, contohnya yang terjadi pada gempa bumi di Aceh tahun 2004. Jika salah satu dari ketiga lempeng ini saling bergesekan dan bergerak ke arah lempeng lain, hal itu akan membuat terjadinya gempa sangat besar.

Daerah Rawan Gempa Di Indonesia

  1. Nangore Aceh Darussalam

Daerah ini pernah mengalami gempa yang berkekuatan 9.1 – 9.3 SR dan mengakibatkan tsunami. Gempa ini juga dirasakan oleh beberapa negara tetangga seperti Bangladesh, India, Thailand, Singapura, Myanmar sampai Maladewa.

Terjadi patahan splay sekunder menyebabkan sebagian dari dasar laut yang panjang kemudian naik dalam hitungan detik. Hal tersebut menambah kecepatan dan ketinggian gelombang.

  1. Padang

Di pulau sumatera, selain Aceh, Padang pernah diguncang gempa pada tanggal 29 maret 2018 dengan kekuatan 5.0 SR. Beberapa hari setelahnya, Padang kembali diguncang dengan gempa yang lebih kuat dari sebelumnya yaitu 5.5 SR. Hal tersebut tidak menyebabkan korban jiwa akibat getaran gempa.

  1. Banten

Gempa yang terjadi didekat pantai memiliki kemungkinan terjadinya tsunami. Hal itu juga dirasakan di daerah banten. Gempa yang terjadi di Banten memiliki kekuatan 6.1 SR dan terjadi gempa susulan berkekuatan 5.1 SR.

Nah itulah beberapa contoh faktor penyebab wilayah Indonesia rawan akan terjadinya bencana alam. Semoga kalian bisa semakin mengerti mengapa Indonesia menjadi daerah rawan bencana ya !