Mengapa Indonesia Termasuk Negara Beriklim Tropis

mengapa indonesia termasuk negara beriklim tropis

Mengapa Indonesia termasuk negara beriklim tropis? Indonesia termasuk negara beriklim tropis mengapa demikian? Sebutkan ciri ciri iklim tropis di Indonesia!

Pembagian Iklim Di Dunia Dan Penjelasannya

Iklim tropis adalah salah satu iklim yang terdapat di dunia. Adapun iklim dunia dibagi menjadi 4 yaitu:

  1. Iklim tropis

Iklim tropis adalah iklim yang terdiri dari 2 musim saja yaitu kemarau dan hujan. Perbedaan di dunia berdasarkan iklim-iklim dilihat dari letak geografis dari negara tersebut. Indonesia masuk dalam negara beriklim tropis karena letak geografisnya yang masuk ke dalam garis khatulistiwa yang dinyatakan sebagai negara berikliim tropis.

  1. Iklim subtropis

Iklim subtropis adalah iklim yang terjadi di belahan bumi sebelah utara dan selatan. Pada iklim ini terjadi 4 musim, yaitu musim panas, musim semi, musim gugur dan musim dingin.

  1. Iklim sedang

Beberapa negara yang masuk dalam iklim sedang adalah Inggris, Irlandia, Jerman, Prancis dan negara lainnya. Untuk negara yang masuk dalam iklim ini, merupakan negara yang berada di garis 40 derajat lintang utara dan 60 derajat lintang selatan.

  1. Iklim dingin

Pada iklim ini, perbedaan musim tidak terlalu terasa pada saat pergantian musim panasnya. Musim panas yang terjadi pada daerah ini akan terasa sejuk saja, namun ketika musim dingin akan sangat dingin.

Pada artikel ini kita akan membahas iklim tropis saja, berikut adalah pembahasannya.

Indonesia termasuk negara beriklim tropis sehingga mempunyai dua musim yaitu musim hujan dan kemarau. Lalu  kenapa Indonesia termasuk negara beriklim tropis?

Alasan Mengapa Indonesia Termasuk Negara Beriklim Tropis dan Pengaruhnya

  • Banyaknya Keanekaragaman Hayati

Pada tanggal 29 Juni diperingati sebagai hari tropis sedunia. Bukan hanya negara Indonesia memiliki iklim tropis melainkan negara lain juga. Semua negara yang berada di negara Asia masuk ke dalam kategori negara beriklim tropis. Daerah yang masuk dalam iklim tropis memiliki luas kira-kira 40% dari total luas permukaan di dunia. Hal tersebut membuat daerah-daerah yang masuk ke dalam iklim tropis memiliki keanekaragaman hayati yang beragam.

Berdasarkan curah hujannya, iklim tropis di dunia dibagi menjadi 3 kategori, yaitu iklim hutan hujan tropis, iklim monsun tropis dan iklim sabana tropis. Mayoritas wilayah Indonesia berada pada iklim hutan hujan tropis. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa hal contohnya adalah memiliki pohon yang tinggi dan lebat dan memiliki kelembaban udara yang tinggi. Secara horizontal, letak Indonesia yang berada pada bumi, membuat Indonesia dipengaruhi oleh 3 iklim yaitu: iklim laut, iklim tropis dan iklim musim.

  • Sumber Daya Alam Yang Melimpah

Indonesia yang masuk dalam iklim tropis dapat dilihat dari berbagai macam sumber daya alam yang terkandung di dalamnya. Sebagai negara yang masuk iklim tropis tentu flora di Indonesia tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya, hal tersebut karena Indonesia memiliki 2 musim yang stabil.

Selain itu, dengan berada di kawasan beriklim tropis membuat Indonesia mendapatkan sinar matahari di sepanjang tahun. Dengan mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun membuat Indonesia dapat melakukan aktifitas sehari-harinya sebagai negara maritim dan negara kepulauan untuk mengelola berbagai macam sumber daya alam yang ada.

  • Letak Geografis

Selain dapat dilihat dari sumber daya alamnya, Indonesia sebagai negara iklim tropis dapat dilhat dari letak geografisnya. Letak geografis Indonesia yang berada pada diantara  6 – 11 derajat lintang utara dan lintang selatan dan 95 – 141 derajat bujur timur menyebabkan Inonesia beriklim tropis.

Indonesia yang berada di iklim tropis menyebabkan Indonesia memiliki tingkat curah hujan yang cukup tinggi dan tingkat curah hujan yang rendah. Kita tahu, bahwa Indonesia terletak diantara dua benua besar yaitu Asia dan Australia yang menjadi perlintasan arah angin setiap setengah tahun sekali atau 6 bulan sekali dalam setahun. Hal tersebut membuat Indonesia memiliki pergantian musim yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Itulah beberapa alasan kenapa Indonesia termasuk negara beriklim tropis. Semoga bisa membantu kamu dalam menjelaskan mengapa Indonesia termasuk negara beriklim tropis ya!