Mengapa Indonesia Tidak Maju

mengapa indonesia tidak maju

Mengapa Indonesia tidak maju maju? Kenapa Indonesia tidak maju seperti negara lain? Apakah Indonesia akan segera menjadi negara maju? Tuliskan alasan mengapa Indonesia belum mampu menjadi negara maju!

Alasan Mengapa Indonesia Tidak Maju

Sudah sejak lama negara-negara di dunia terpolarisasi atau terkelompok menjadi beberapa bagian. Banyak istilah untuk menyebut berbagai kelompok negara di dunia. Salah satu yang paling banyak digunakan adalah sebutan negara maju dan negara berkembang.

Perbedaan Negara Maju Dan Berkembang

Apa ciri-ciri negara maju dan berkembang beserta contoh negaranya? Negara maju identik dengan negara yang berada di Benua Eropa, Amerika, Australia. Sedangkan negara berkembang adalah negara yang banyak terdapat di Benua Asia dan Afrika.

Istilah negara maju dan negara berkembang mengacu pada berbagai hal. Banyak faktor yang menyebabkan suatu negara dikatakan sebagai negara maju atau negara berkembang. Ciri ciri karakteristik negara maju adalah sebagai berikut:

Ciri Ciri Negara Maju

  • Memiliki pendapatan per kapita yang tinggi, umumnya mencapai lebih dari US$12.056 per tahun.
  • Punya taraf hidup yang baik.
  • Memiliki kualitas sumber daya manusia yang baik.
  • Angka ketergantungan rendah.
  • Perkembangan iptek pesat.
  • Mengandalkan sektor industri ramah lingkungan dan jasa dalam perekonomiannya.

Berbeda dengan negara maju, ciri ciri negara berkembang adalah kebalikan dari ciri negara maju, yakni:

Ciri Ciri Negara Berkembang

  • Pendapatan per kapita rendah, bisa hanya mencapai US$ 2.000 atau US$ 3.000 per tahun.
  • Taraf hidup rendah karena rendahnya kualitas pelayanan dasar.
  • Kualitas sumber daya manusia rendah.
  • Angka ketergantungan tinggi karena tingginya pengangguran.
  • Ilmu pengetahuan dan teknologi bukan menjadi prioritas pengembangan.
  • Ekonomi ditopang sektor pertanian atau industri yang tidak ramah lingkungan.

Mengapa Indonesia disebut negara berkembang? Mungkinkah Indonesia menjadi negara maju? Indonesia selama ini dikategorikan sebagai negara yang tidak maju. Karakteristik negara Indonesia adalah sebagai berikut:

Karakteristik Negara Berkembang Indonesia

  • Pendapatan per kapita masih berkisar diangka US$ 3.000 per tahun. Melihat data tahun 2019, negara Indonesia memiliki pendapatan per kaipta US$ 3.927 per tahun.
  • Kualitas sumber daya manusia belum terlampau tinggi yang dilihat dari nilai Indeks Pembangunan Manusia. Pada tahun 2018 Indeks Pembangunan Manusia Indonesia sebesar 71,38.
  • Jika dibandingkan dengan negara lain, acuan yang digunakan adalah Indeks Daya Saing Dunia, salah satunya faktornya adalah daya saing sumber daya manusia. Daya saing sumber daya manusia diukur menggunakan indikator kondisi kesehatan masyarakat, serta skill yang dimiliki oleh masyarakat. Hasil Indeks Daya Saing Dunia tahun 2018, menunjukan jika Indonesia masih berada diurutan 95 untuk indikator kesehatan masyarakat dan urutan 65 untuk indikator skill.
  • Angka ketergantungan masih tinggi. Tahun 2019 masih menyentuh angka 47%. Ini mengindikasikan jika ada 47 orang tidak produktif (tidak dan belum bekerja) yang masih harus ditanggung oleh 100 orang usia produktif (angkatan kerja).
  • Dominasi sektor pertanian pada kegiatan ekonomi negara Indonesia. Kontribusi sektor pertanian terhadap pendapatan negara Indonesia mencapai lebih dari 13%. Kontribusi sektor pertanian merupakan yang terbesar dibanding dengan 16 sektor pendapatan Indonesia lainnya.

Penjelasan mengenai kondisi Indonesia di atas memperlihatkan jika Indonesia belum memiliki ciri atau karakteristik negara maju. Kesemua aspek tersebut memperlihatkan Indonesia masih berada dikategori negara berkembang. Untuk menjadi negara maju, masih banyak aspek yang harus dipenuhi oleh Indonesia. Lalu kapan Indonesia maju seperti Amerika?

Masalah Indonesia Sebagai Negara Berkembang

Indonesia selama ini memiliki banyak masalah dan tantangan agar bisa menjadi negara maju. Masalah dan tantangan yang terjadi utamanya berkaitan dengan perbaikan kualitas sumber daya manusia yang merupakan faktor kunci untuk mengakselersi pembangunan.

Selama ini perbaikan kualitas sumber daya manusia hanya sebatas pemberian pelatihan yang kurang menyeluruh, sehingga kemampuan yang didapat tidak terlampau signifikan. Lebih dari itu, pemenuhan kebutuhan akan layanan kesehatan juga menjadi masalah. Layanan kesehatan di Indonesia belum menjangkau seluruh kalangan masyarakat. Sama halnya dengan kualitas kesehatan di Indonesia yang masih rendah karena banyaknya sumber-sumber penyakit bagi manusia, contohnya saja polusi udara, pencemaran air, pencemaran tanah. Kesemuanya sangat mempengaruhi kesehatan masyarakat di Indonesia.

Itulah jawaban dan alasan Indonesia tidak maju / kenapa Indonesia tidak maju. Semoga sobat mengapa.net bisa menjelaskan faktor yang menyebabkan Indonesia belum menjadi negara maju / penyebab Indonesia belum layak menjadi negara maju ya!