Mengapa Jepang Tampak Begitu Mudah Memasuki Kepulauan Indonesia Secara Merata

mengapa jepang tampak begitu mudah memasuki kepulauan indonesia secara merata

Mengapa Jepang tampak begitu mudah memasuki kepulauan Indonesia secara merata? Mengapa Jepang bisa dengan mudah menguasai daerah asia timur dan asia tenggara termasuk Indonesia?

Jepang Memasuki Indonesia

Perang Pasifik atau Perang Asia Timur Raya dimulai pada tanggal 7 Desember 1941. Ditandai dengan serangan Kekaisaran Jepang ke pangkalan Amerika Serikat di Pearl Harbour di Hawai. Tentu serangan ini membuat Amerika Serikat terjun langsung ke Perang Dunia Kedua.

Untuk mempertahankan Kekaisaran Jepang dari Amerika Serikat, Jepang harus mendapatan sumber daya alam dan sumber daya manusia sebanyak-banyaknya. Karena itulah Jepang menyerang Asia Tenggara dan beberapa negara Asia yang lain.

Salah satu wilayah Asia Tenggara yang diserang Jepang adalah Indonesia yang waktu itu masih bernama Hindia Belanda. Jepang begitu mudah masuk ke Indonesia. Mengapa Belanda begitu mudah memasuki kepulauan Indonesia secara merata? Berikut beberapa alasannya.

Alasan Jepang Tampak Begitu Mudah Memasuki Kepulauan Indonesia Secara Merata

  1. Kejayaan fasisme

Masa-masa tahun 1930 hingga berakhirnya perang dunia kedua merupakan masa-masa kejayaan fasisme. Nazi Jerman dan Italia di Eropa membangun militer yang begitu kuat. Kekaisaran Jepangpun sudah mulai menaklukkan beberapa daerah di Cina. Semua ini karena tiga negara penganut ideologi fasis itu sudah membangun militer yang besar, kuat dan canggih. Tidak heran jika Kekaisaran Jepang begitu mudah memasuki Kepulauan Indonesia secara merata.

  1. Belanda sudah dikalahkan Nazi Jerman

Tanah Belanda di Eropa sudah ditaklukkan oleh Nazi Jerman hanya dalam waktu empat hari pada tanggal sepuluh hingga empat Mei 1940. Tentu waktu itu Belanda sudah kerepotan tanahnya dijajah oleh Nazi Jerman. Mereka sibuk dan fokus untuk membangun perlawanan ke Nazi Jerman dari bawah tanah. Tentu mereka harus membawa sumber daya manusia dan sumber daya alam dari Indonesia untuk mendukung perlawanan.

Satu setengah tahun kemudian atau sehari setelah Pearl Harbour, Kekaisaran Jepang menyerang Hindia Belanda. Tentu pertahanan Hindia Belanda yang sangat lemah ini membuat Kekaisaran Jepang bisa memasuki Kepulauan Indonesia secara merata.

  1. Sekutu harus membagi konsentrasinya

Kasusnya tidak begitu jauh dengan poin kedua. Banyak jajahan sekutu yang berada di Asia Tenggara. Sebutlah Perancis yang menjajah daerah Indochina (Vietnam, Laos dan Kamboja), Belanda yang menjajah Indonesia dan Inggris yang menjajah Singapura dan Malaysia.

Sekutu yang sudah kelabakan di Eropa melawan tentara Nazi Jerman yang perkasa, kini harus memikirkan cara bagaimana menghadapi serangan Kekaisaran Jepang di tanah jajahan. Sekutu yang tidak optimal menghadapi dua negara fasis ini tentu harus menelan kekalahan di tangan Kekaisaran Jepang

  1. Jepang menggunakan propaganda

Setelah berhasil mengalahkan sekutu, termasuk Belanda, Kekaisaran Jepang akhirnya menguasai Hindia Belanda. Para tentara dari negara samurai ini tentu berpikir. Mereka berhasil mengalahkan Belanda, tapi bagaimana caranya menaklukkan hati pribumi Indonesia? Caranya yaitu menggunakan dua propaganda.

Yang pertama adalah menggunakan propaganda bahwa Jepang adalah saudara tua Indonesia. Yang kedua adalah menggunakan Gerakan 3A. Gerakan 3A yaitu Jepang pelindung Asia, Jepang cahaya Asia dan Jepang pemimpin Asia.

  1. Jepang menghapus kebijakan era Hindia Belanda

Untuk mendukung propaganda, Jepang menghapus beberapa kebijakan Belanda. Contohnya seperti membolehkan lagu Indonesia Raya berkumandang dan membolehkan merah putih berkibar. Tidak ada lagi warga kulit putih kelas eksekutif yang menjadi warga kelas satu di Hindia Belanda.

Orang-orang Eropa dipenjarakan oleh Jepang. Banyak hal yang berbau barat dilarang oleh Jepang. Memang seolah awalnya baik, tapi itu tetap saja hanya awalnya. Bahkan ada beberapa orang Indonesia yang berkata bahwa ikut Jepang ternyata lebih sengsara daripada Belanda.

Nah itulah jawaban singkat mengapa jepang tampak begitu mudah memasuki kepulauan indonesia secara merata. Semoga mengerti ya sobat mengapa.net