Mengapa Manusia Harus Baik Terhadap Lingkungan

mengapa manusia harus baik terhadap lingkungan

Mengapa manusia harus baik terhadap lingkungan? Mengapa kita harus beretika baik terhadap lingkungan jelaskan! Apa contoh perilaku baik terhadap lingkungan?

Alasan Mengapa Manusia Harus Baik Terhadap Lingkungan

Keberlangsungan hidup manusia dipengaruhi oleh lingkungan hidup orang tersebut. Jika lingkungan hidup seseorang kumuh maka dirinya akan mudah terserang penyakit. Namun jika lingkungannya bersih maka hidup orang itupun terhindar dari segala penyakit. Itulah salah satu alasan mengapa kita harus baik terhadap lingkungan, karena lingkungan adalah teman kita. Jika lingkungan baik maka kita akan ikut baik, begitu pula sebaliknya.

Contoh Perilaku Baik Terhadap Lingkungan

Kebiasaan baik apa yang perlu kita lakukan terhadap lingkungan? Ada beberapa contoh perbuatan baik terhadap lingkungan yaitu :

Tidak membuang sampah di sungai

Sampah menjadi salah satu hal yang paling sering diperbincangkan oleh banyak orang, bahkan menjadi sebuah boomerang bagi kehidupan manusia. Hal ini karena sampah di lingkungan akan menjadikan Anda mudah terkena penyakit.

Sampah yang ada di lingkungan sungai lebih parah lagi dampakanya. Hal ini karena sampah di lingkungan sungai akan menyumbat aliran sungai jika terus menerus terjadi. Ini menjadikan lingkungan Anda akan mudah terkena banjir bahkan tanah longsor.

Banjir juga akan menyebabkan aktivitas Anda semakin terganggu. Selain itu, ekosistem lautpun semakin punah. Anda akan susah mendapatkan sumber makan. Maka janganlah Anda membuang sampah di sungai karena akan menimbulkan bahaya yang cukup besar.

Tidak membakar sampah

Membakar sampah juga bukan tindakan yang baik. Hal ini karena gas-gas hasil pembakaran akan masuk kedalam lapisan ozon. Lapisan ozon ini merupakan lapisan yang sudah mengatur jumlah sinar ultraviolet yang telah masuk ke dalam permukaan bumi, selain itu juga dapat melindungi bumi dari sinar ultra violet agar tidak langsung mengenai manusia dan melindungi benda langit agar tidak terjatuh.

Menghemat energi

Beberapa produk baru yang dihasilkan dari bahan baku produk daur ulang sangat bermanfaat karena bisa menghemat begitu banyak energi yang dikonsumsi pada proses produksi. Selain itu, hal ini tentu akan berbeda dengan produk baru yang dibuat pertama kali dari bahan-bahan mentah yang masih baru. Yang mana jumlah energi yang dikonsumsi tentu jauh lebih tinggi dari produksi

Menggunakan produk daur ulang

Contoh sikap beretika baik terhadap lingkungan lainnya adalah menggunakan produk daur ulang. Dengan menggunakan produk daur ulang, kita akan menghemat biaya produksi dan meminimalisir jumlah sampah yang terbuang dari suatu produk.

Mendaur ulang sebuah produk merupakan salah satu bentuk strategi pengelolaan sampah padat yang terdiri atas kegiatan pemilahan, pengumpulan, pemprosesan dan pendistribusian. Pembuatan produk dari material yang bekas pakai merupakan bagian dari proses hirarki sampah 4r yakni (reduce, reuse, recycle, dan replace).

Menanam pohon

Salah satu manfaat nenanam pohon adalah untuk mencegah terjadinya abrasi yang menyebabkan rumah masyarakat menjadi longosr dan hanyut ke sungai. Abrasi ini adalah proses pengikisan pantai yang dikarenakan tenaga gelombang laut dan arus laut yang memiliki sifat merusak. Pada umumnya abrasi sering disebut juga dengan nama erosi pantai.

Mengurangi penggunaan kendaraan pribadi

Dengan anda mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, berati kita juga turut berperan dalam mengurangi emisi gas rumah kaca.

Melarang perburuan liar

Perburuan liar adalah sebuah kegiatan pengambilan hewan serta beberapa tanaman liar secara ilegal yang bertentangan dengan peraturan konservasi serta manajemen kehidupan liar. Perburuan liar juga merupakan suatu tindakan pelanggaran terhadap peraturan dan hukum perburuan.

Itulah beberapa cara untuk membuat lingkungan kita terjaga. Melesatarikan leingkungan sudah bukan lagi tugas individu tetapi sudah menjadi tugas bersama agar lingkungan semakin baik dan sehat. Beberapa peristiwa seperti banjir merupakan salah satu bentuk kelalaian masyarakat dalam menjaga lingkungannya.

Hal ini menjadi problematika yang sangat serius jika tidak ada kesadaran dari berbagai pihak. Kelesatarian lingkungan menjadi oksigen bagi semua orang. Maka dari itu jagalah lingkungan Anda sebaik mungkin.

Itulah penjelasan singkat mengapa manusia harus berbuat baik terhadap lingkungan & contoh sikap baik terhadap lingkungan. Semoga bermanfaat bagi para pembaca mengapa.net