Mengapa Manusia Harus Melakukan Kerjasama Dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya

mengapa manusia harus melakukan kerjasama dalam memenuhi kebutuhan hidupnya

Mengapa manusia harus melakukan kerjasama dalam memenuhi kebutuhan hidupnya? Apa pentingnya kerjasama dalam memenuhi kebutuhan manusia.?

Apa Pengertian Kerjasama

Kerjasama merupakan kumpulan antar individu yang berusaha untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau mencapai tujuan. Tentu masyarakat Indonesia sudah memahami manfaat kerjasama. Manfaat itu ada baik secara jangka pendek dan jangka panjang. Bahkan bisa berguna untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Alasan Mengapa Manusia Harus Melakukan Kerjasama Dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya

Berikut adalah manfaat kerjasama dan alasan mengapa kita harus melakukan kerjasama :

  1. Bisa semakin cepat untuk mendapatkan kebutuhan hidup

Kerjasama bisa membuat usaha kita untuk mendapatkan kebutuhan hidup lebih cepat selesai. Cita-cita, target, kebutuhan hidup, tujuan dan  keuntungan yang diinginkan oleh bersama akan lebih cepat teraih. Karena pekerjaan yang besar bisa dipecah menjadi beberapa bagian untuk dikerjakan bersama-sama.

Contohnya petani yang ingin memanen padi di sawah yang luasnya puluhan hektar. Tentu tidak mungkin jika petani itu harus memanen sendirian di sawah yang begitu luas dalam waktu singkat. Harusnya butuh petani lebih banyak lagi jika ingin proses panen lebih cepat.

  1. Bisa semakin mudah untuk mendapatkan kebutuhan hidup

Kerjasama bisa mempermudah usaha kita untuk mendapatkan kebutuhan hidup. Jadinya beban dari tugas yang sedang kita dikerjakan akan berkurang sehingga lebih cepat dan lebih mudah. Karena pekerjaan yang susah bisa dibagi menjadi beberapa bagian untuk dikerjakan sesuai dengan keahlian dan bisa menutupi kelemahan.

Contohnya yaitu kerjasama ekonomi antar negara. Sebut saja negara A kelebihan kopi dan kekurangan teh. Sedangkan negara B kekurangan kopi dan kelebihan teh. Maka kerjasamanya yaitu negara A mengekspor kopi ke negara B dan mengimpor teh dari negara B.

  1. Kerjasama memungkinkan kita untuk bersosial

Bukan hanya kebutuhan primer dan sekunder, hidup bersosial adalah salah satu kebutuhan hidup manusia. Dengan kerjasama, kita otomatis juga sedang mengupayakan kebutuhan kita untuk bersosial. Sehingga dengan kerjasama bisa membiasakan dan memupuk diri dengan sikap semangat sosial dan persatuan.

Contohnya ketika perayaan Idul Adha. Setelah menyembelih hewan kurban, panitia bekerjasama untuk mengiris dan memilih bagian hewan kurban yang layak atau tidak layak dibagi-bagikan ke penduduk sekitar.

  1. Kerjasama memungkinkan kita untuk mengutarakan pikiran

Cara untuk mendapatkan kebutuhan hidup tentunya bermacam-macam. Dengan kerjasama pula dapat mempercepat dan mempermudah usaha kita untuk mendapatkan kebutuhan hidup. Ketika kerjasama, apakah cara rekan kita untuk mendapatkan kebutuhan hidup yang menjadi tujuan bersama pasti efektif dan efisien? Belum tentu.

Di saat seperti inilah, sebaiknya kita menuangkan isi pikiran kita dengan mengemukakan pendapat. Jika ternyata pendapat dan cara kita benar dan semua rekan kerjasama kita sependapat, maka usaha kita bekerjasama untuk mendapatkan kebutuhan hidup akan lebih cepat dan lebih mudah.

  1. Kerjasama membuat kita belajar menghargai orang lain

Salah satu kebutuhan hidup kita adalah dihargai orang lain. Agar kita dihargai orang lain, maka kita harus belajar menghargai usaha dan pikiran orang lain juga. Agar diri kita menjadi pribadi yang suka bergaul dan biasa melakukan kerjasama. Dengan menghargai orang, kita juga memupuk rasa toleransi serta persaudaraan yang erat dan kuat.

Kita juga perlu berlatih agar menghargai dan menghormati perbedaan pendapat dan cara yang ada di tim. Mungkin pendapat kita juga akan dikritik jika memang tidak efektif atau tidak efisien. Itu tidak masalah. Supaya kita terbiasa menerima pikiran orang lain termasuk kritik dan saran mereka.

Itulah jawaban kenapa manusia harus melakukan kerjasama dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Semoga sobat pembaca mengapa.net bisa memahami mengapa antar warga dalam masyarakat harus melakukan kerjasama ya!