Mengapa Manusia Perlu Aturan

mengapa manusia perlu aturan

Mengapa manusia perlu aturan dalam hidupnya? Mengapa manusia perlu aturan dan bagaimana pendapatmu kalau dalam kehidupan ini tidak ada aturan?

Pengertian Aturan

Aturan atau peraturan adalah kata yang sering kita dengar tiap hari. Tapi apakah aturan itu? Cukup banyak pendapat yang membahas pengertian peraturan. Aturan merupakan patokan yang disusun untuk sebagai alat untuk membatasi seseorang dalam suatu sistem, masyarakat, lingkungan atau organisasi tertentu dimana jika orang tersebut melanggar akan dikenakan sanksi atau hukuman.

Pengertian lain menyebutkan bahwa aturan dibentuk untuk menegakkan ketertiban, keamanan dan kenyamanan dalam masyarakat serta untuk mengatur tingkah laku dan hubungan antar individu atau kelompok. Aturan merupakan sesuatu yang sudah menjadi kesepakatan dan mengikat orang, sekelompok orang, organisasi atau lembaga dalam rangka untuk mencapai suatu misi dalam hidup bersama serta mempertahankan ketertiban dan keteraturan.

Alasan Mengapa Manusia Perlu Aturan

Masih banyak lagi pengertian dari aturan. Tapi apakah kita semua mengerti kenapa manusia perlu aturan? Dan apa jadinya kalau dalam kehidupan ini tidak ada aturan? Berikut adalah beberapa faktor kenapa manusia sangat perlu aturan.

Melatih Kedisiplinan

Kebiasaan menaati peraturan bisa membiasakan suatu individu agar menjaga kedispilinan dalam diri sendiri. Kedisiplinan inilah yang nantinya akan berguna di aktivitas sehari-hari. Kedisiplinan ini tidak bisa didapatkan secara instan. Tentunya pribadi disiplin ini harus dididik sejak dini. Memang di awal cukup susah untuk disiplin bagi orang yang tidak biasa. Tapi lama-lama jika terus konsisten hidup disiplin dan taat aturan, maka kepribadian disiplin akan terbentuk.

Keamanan dalam hidup individu atau kelompok

Individu atau kelompok yang menuruti aturan maka hidupnya akan aman. Contohnya menaati peraturan lalu lintas seperti memakai helm, patuh rambu lalu lintas, memakai sabuk pengaman, tidak mengkonsumsi miras ketika mengemudi dan tidak mengantuk ketika mengemudi.

Ketenangan dalam hidup individu atau kelompok

Individu atau kelompok yang menuruti aturan maka hidupnya akan tenang. Contohnya seperti tidak menggunakan uang yang bukan haknya dan tidak menyalahgunakan jabatan.

Kenyamanan dalam hidup individu atau kelompok

Individu atau kelompok yang menuruti aturan maka hidupnya akan terasa nyaman. Perasaan nyaman ini biasanya kita dapatkan otomatis setelah mendapatkan rasa aman dan tenang atau bisa juga bersamaan dengan itu.

Contohnya seperti mencari penghasilan dengan cara yang baik dan benar. Bukan dengan cara merampok, membegal, menipu, mencuri dan berbagai macam tindak kriminal lainnya. Orang-orang yang melakukan tindak kriminal hidupnya tidak tenang, tidak nyaman dan tidak aman karena khawatir akan ditangkap polisi atau berhadapan dengan penjahat lain.

Lebih bertanggung jawab dan mandiri

Kebiasaan menaati peraturan bisa membiasakan suatu individu agar lebih bertanggung jawab pada diri sendiri, orang lain maupun keadaan. Rasa tanggung jawab inilah yang nantinya akan berguna di aktivitas sehari-hari dan bisa menumbuhkan rasa mandiri. Rasa tanggung jawab dan mandiri ini tidak bisa didapatkan secara instan.

Tentunya pribadi tanggung jawab dan mandiri ini harus dididik sejak dini. Memang di awal cukup susah untuk bertanggung jawab dan mandiri bagi orang yang tidak biasa. Tapi lama-lama jika terus konsisten hidup bertanggung jawab, mandiri dan taat aturan, maka kepribadian bertanggung jawab, mandiri dan dewasa akan terbentuk perlahan-lahan.

Terwujudnya kesejahteraan bersama

Kesejahteraan bersama bisa diwujudkan jika suatu komunitas menaati peraturan. Dimulai dari individu yang terus mengasah tanggung jawab dan disiplin dengan cara menaati peraturan. Ketika masing-masing individu sudah bisa disiplin dan bertanggung jawab serta sudah mendapatkan ketenangan, kenyamanan dan keamanan, maka kesejahteraan bersama bisa terwujud.

Itulah jawaban dan alasan mengapa manusia perlu aturan dalam kehidupan. Semoga bisa membantu kamu dalam menjelaskan mengapa manusia perlu aturan dan apa jadinya kehidupan ini kalau tidak ada aturan.