Mengapa Pemanasan Global Dapat Menyebabkan Kepunahan Spesies

mengapa pemanasan global dapat menyebabkan kepunahan spesies jelaskan

Mengapa pemanasan global dapat menyebabkan kepunahan spesies jelaskan secara singkat! Bagaimanakah hubungan antara pemanasan global dengan kepunahan spesies?

Mengapa Pemanasan Global Dapat Menyebabkan Pemusnahan Spesies

Pemanasan global atau dengan bahasa Inggris biasa kita kenal dengan Global warming merupakan suatu proses menaiknya suhu rata-rata atmosfer yang tentu berpengaruh ke laut dan dan dataran bumi. Suhu rata-rata seluruh permukaan bumi naik hingga 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama satu abad terakhir.

International Panel on Climate Change (IPCC) atau yang berarti Panel antar pemerintah yang membahas perubahan iklim berkesimpulan mayoritas peningkatan suhu rata-rata global mulai pertengahan abad dua puluh kemungkinan besar karena peningkatan konsentrasi gas-gas rumah kaca karena aktivitas manusia dengan efek rumah kaca.

Kesimpulan ini telah diumumkan oleh setidaknya tiga puluh lembaga akademik dan ilmiah. Bahkan akademisi sains internasional dari organisasi negara G8. Tapi masih ada beberapa ilmuwan yang kurang sependapat dengan beberapa hasil penelitian yang disimpulkan IPCC tersebut.

Alasan Mengapa Pemanasan Global Dapat Menyebabkan Terjadinya Kepunahan Spesies

Dampak pemanasan global jika dibiarkan cukup buruk. Mulai dari lingkungan, ekosistem dan bahkan pemusnahan spesies. Mengapa pemanasan global dapat menyebabkan pemusnahan spesies? Berikut penjelasannya.

Mutasi genetik pada virus atau bakteri yang menyerang hewan

Pemanasan global berpotensi untuk mengubah kondisi gen virus atau bakteri yang ada selama ini. Maksudnya virus dan bakteri yang semula berkarakter biasa dan normal menjadi ganas dan berbahaya. Mutasi yang di tingkat kromosom gen bisa menyebabkan perubahan sifat virus dan bakteri menjadi mematikan.

Meningkatnya curah hujan

Peningkatan pemanasan global akan meningkatan kuantitas, kualitas dan frekuensi penguapan. Semakin besar tiga faktor penguapan tersebut maka dampaknya juga akan menyebabkan meningkatnya frekuensi hujan. Karena cuaca yang tidak stabil, tentu tumbuhan dan hewan akan kesulitan beradaptasi terhadap kenaikan curah hujan dan frekuensi hujan yang tidak stabil. Karena kesulitan adaptasi, tanaman menjadi berumur pendek dan mati. Sehingga hewan herbivora kesulitan mencari makanan dan terpaksa bermigrasi ke daerah lain. Tentu ini bisa mengacaukan tatanan ekosistem.

Kekeringan yang meluas

Kekeringan area merupakan penyebab terjadinya kebakaran hutan di Indonesia. Penguapan dengan frekuensi yang tinggi menjadi faktor utama bencana kekeringan di banyak daerah. Khususnya benua Afrika yang kita tahu sendiri seperti apa kondisi di sana. Kekeringan ini berpotensi membunuh tanaman. Tanaman memerlukan air untuk berfotosintesis. Kekeringan mengurangi jumlah air di tanah sehingga fotosintesis kurang optimal. Kematian tanaman ini membuat hewan harus melakukan migrasi.

Migrasi hewan yang salah

Pemanasan global dapat menyebabkan terjadinya perubahan ekosistem dan habitat kehidupan liar. Efeknya hewat bisa bermigrasi secara tidak normal. Kesalahan hewan bermigrasi bisa terjadi karena pemanasan global. Alasannya sudah dijelaskan di poin nomor dua dan tiga bahwa pemanasan global berpotensi mengacaukan iklim. Iklim yang kacau tentu membuat frekuensi hujan dan frekuensi panas menjadi tidak menentu. Tentu ini berimbas ke tanaman yang harus beradaptasi dengan cuaca yang tidak stabil. Bahkan kondisi terburuknya tanaman pun mati.

Para hewan kekurangan pasokan tanaman sehingga terpaksa bermigrasi. Kemungkinan terburuk jika kawanan hewan malah bermigrasi di tempat yang salah dan habitat yang salah pula. Contohnya laporan BBC yang membahas rubah putih yang kalah bersaing melawan rubah merah. Lama-lama, jika tidak mengambil tindakan. Kawanan rubah putih di suatu ekosistem akan punah karena kalah bersaing.

Kerusakan rantai makanan

Migrasi dan hibernasi tiap hewan berbeda-beda. Masing-masing memiliki waktu sendiri. Perubahan waktu dan pola migrasi bisa berdampak pada proses hibernasi yang nantinya berpotensi membutuhkan waktu lebih lama. Dampak buruknya yaitu bisa merusak rantai makanan yang nanti bisa memicu pemusnahan spesies.

Itulah jawaban singkat dan alasan mengapa pemanasan global dapat menyebabkan kepunahan pada beberapa spesies. Semoga bisa membantu kamu dalam menjelaskan bagaimana perubahan iklim dapat menyebabkan kelangkaan dan kepunahan.