Mengapa Penduduk Indonesia Sebarannya Tidak Merata

mengapa penduduk indonesia sebarannya tidak merata jawaban singkat

Mengapa penduduk Indonesia sebarannya tidak merata? Berikut penjelasan singkat tentang berbagai macam penyebab dan alasan penduduk Indonesia sebarannya tidak merata.

Alasan Mengapa Penduduk Indonesia Sebarannya Tidak Merata 

Negara Indonesia atau Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah negara kepulauan yang berada di kawasan Asia Tenggara. Dikarenakan banyaknya pulau, maka persebaran penduduknya sulit merata karena jangkauannya dan ruang gerak penduduknya dibatasi dengan perairan.

Negara yang beribukota di Jakarta ini terletak di antara Benua Australia dan Asia & di antara Samudera Pasifik dan Hindia. Secara astronomis berada pada 6° LU (Lintang Utara) – 11° LS (Lintang Selatan) dan 95° BT (Bujur Timur) – 141° BT (Bujur Timur).

Indonesia memiliki 17.504 pulau yang mana 16.056 telah memiliki nama baku di PBB, data ini didapat dari Direktorat Jenderal Pemerintahan Umum. Indonesia memiliki 5 pulau besar, Kalimantan, Jawa, Sumatera, Sulawesi, dan Papua. Di dunia Indonesia menempati urutan ke-4 sebagai jumlah penduduk terbanyak di dunia. Di bawah Amerika Serikat pada urutan ke-3, India ke-2 dan China pada urutan ke-1. Pada hasil pendataan 1 Juli 2019, jumlah penduduk Indonesia sebanyak 268.074.600 jiwa, jumlah penduduk Indonesia paling banyak berada di pulau Jawa.

Apa Sajak Dampak Yang Ditimbulkan Akibat Sebaran Penduduk Indonesia Yang Tidak Merata?

Negara penghasil biji kopi terbesar ke-4 ini masih berada dalam golongan negara berkembang. Dengan jumlah pulau sebanyak 17.504 buah yang mana terdapat 5 pulau besar bukanlah hal yang mudah bagi pemerintah dalam mengontrol penyebaran penduduknya. Ada banyak permasalahan yang timbul akibat situasi penyebaran penduduk yang tidak merata seperti sekarang ini.

  1. Tidak Adanya Pemerataan Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas

Dengan jumlah penduduk yang tidak merata maka penyebaran penduduk yang memiliki SDM berkualitas menjadi terhambat. Terlebih karena pengaruh jumlah tenaga pendidik berkualitas unggul yang tidak merata di tiap-tiap pulau.

  1. Lambatnya Laju Pertumbuhan Ekonomi

Laju pertumbuhan ekonomi yang menjadi lambat ini salah satu faktornya dipengaruhi oleh sumber daya manusia yang tidak merata ditiap pulau-pulau yang ada di Indonesia. Kemajuan ekonomi jadi ikut melambat karena lambatnya pembangunan-pembangunan infrakstruktur seperti pembangunan sekolah, universitas, rumah sakit, perumahan dan lain sebagainya.

  1. Meningkatnya Jumlah Angka Pengangguran Setiap Tahunnya

Jumlah penduduk yang tidak merata inipun mempersempit peluang mencari lapangan pekerjaan yang ada di satu wilayah provinsi. Terutama kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan Bandung. Pada umumnya lulusan suatu universitas tertentu di pulau Jawa pasti akan mencari pekerjaan di pulau Jawa juga.

  1. Tingkat Kriminalitas Menjadi Meningkat

Dengan jumlah pengangguran yang meningkat akan ada banyak orang yang tidak memiliki pekerjaan, membuat mereka kesulitan menafkahi hidup. Sehingga akan mendorong orang mereka untuk melakukan tindakan kejahatan.

Bagaimana Caranya Agar Penduduk Indonesia Lebih Merata Pada Masa Yang Akan Datang?

Sejauh ini sebagian besar penduduk Indonesia berpusat di pulau Jawa, oleh karena itu pada 26 Agustus 2019 Presiden Joko Widodo memutuskan untuk memindahkan ibukota ke luar pulau Jawa, ke wilayah administratif Kabupaten Penajem Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Hal ini tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024.

Selain itu, pemerintahpun bisa lebih banyak membuka lapangan pekerjaan di luar pulau Jawa yang sifatnya Nasional sehingga semua orang bisa mengikutinya walaupun bukan putra & putri asli daerah setempat. Perbaikan mutu pendidikan juga menjadi faktor yang dapat mempengaruhi sebaran penduduk di Indonesia. Pada umumnya orang tua menyekolahkan anaknya ke pulau Jawa karena sistem dan kurikulum pendidikannya yang lebih bagus dari pada di daerah. Apabila mutu kualitas pendidikan di Indonesia telah merata maka orang-orang tidak perlu menyekolahkan anaknya sampai ke pulau Jawa lagi.

Nah itula penyebab persebaran penduduk =Indonesia tidak merata. Kita jadi mengetahui kalau penyebaran penduduk suatu negara yang tidak merata akan menimbulkan efek domino. Maksud dari efek domino yaitu, akan melahirkan suatu kasus yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya apabila dibiarkan secara terus-menerus.