Mengapa Selat Malaka Mempunyai Peranan Penting Pada Masa Kerajaan Sriwijaya

mengapa selat malaka mempunyai peranan penting pada masa kerajaan sriwijaya

Mengapa selat malaka mempunyai peranan penting pada masa kerajaan Sriwijaya? Apa peranan selat malaka terhadap perdagangan di nusantara bagi kerajaan maritim pada masa Hindu Budha?

Arti Penting Penguasaan Selat Malaka Oleh Kerajaan Sriwijaya

Kerajaan Sriwijaya adalah kerajaan besar yang pernah mewarnai sejarah Indonesia. Kerajaan bercorak Buddha ini pernah mencapai masa keemasannya sebagai kerajaan maritim. Salah satu kekuatannya sebagai maritim ini karena Sriwijaya menguasai Selat Malaka. Pertanyaannya, seberapa pentingkah peran atau kontribusi Selat Malaka ke kejayaan Kerajaan Sriwijaya?

Alasan Mengapa Selat Malaka Mempunyai Peranan Penting Pada Masa Kerajaan Sriwijaya

Berikut adalah alasan empat peran penting Selat Malaka ke Kerajaan Sriwijaya.

  1. Menghubungkan Samudera Pasifik dan Samudera Hindia

Apa peranan kerajaan Sriwijaya dan aktivitas perdagangan di selat Malaka? Salah satu peran strategis Selat Malaka adalah menghubungkan Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Bisa juga disebut jalur sutera maritim atau jalur sutera selatan karen menghubungkan negara di Timur Jauh seperti China dan Jepang dengan Timur Tengah, India, Timur Dekat, Eropa dan pesisir timur Benua Afrika.

Banyak kapal pedagang melalui Selat Malaka. Posisi ini membuat Selat Malaka menjadi salah satu dari beberapa area tersibuk di dunia. Disinggahi oleh banyak pedagang, peziarah, ahli agama dan duta besar negara. Bahkan bajak laut pun sering mondar-mandir dan berulah di Selat Malaka.

Saking terkenalnya sehingga membuat Kerajaan Sriwijaya dikenal oleh kerajaan, kekaisaran dan dinasti besar di dunia. Sebutlah Kekaisaran Romawi, Dinasti Ummayah dari Arab dan Kerajaan Cholamandala dari India. Ironisnya kelak Sriwijaya harus berakhir di tangan Kerajaan Cholamaandala.

  1. Kontribusi besar dalam membangun perdagangan dunia.

Karena letaknya strategis seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya, Selat Malaka menjadi pusat perdagangan dunia. Banyak bahan baku yang menjadi produksi utama dari berbagai negara di seluruh dunia melalui Selat Malaka dan transit di sini dulu. Ketika kapal pedagang transit, tentu mereka sekalian memasarkan barang dagangannya dan tentunya ini membuka hubungan komunikasi yang baru antar pedagang.

Selain efek membangun perdagangan dunia, Selat Malaka juga mengajarkan politik perdagangan. Seperti yang kita tahu, ribuan kapal berlayar lewat Selat Malaka. Hilir mudik dari Samudera Pasifik ke Samudera Hindia atau sebaliknya. Entah berapa juta keping emas nilai dari aktivitas perdagangan di Selat Malaka.

Ada gula ada semut berarti ada uang ada orang. Sehingga cukup banyak aktivitas politik dari orang-orang yang memiliki kepentingan di Selat Malaka. Sehingga Selat Malaka merupakan salah satu daerah yang paling rentan di dunia karena berpotensi tinggi untuk masuk dalam perseteruan politik dan kerusakan lingkungan.

  1. Di sekitar Selat Malaka tumbuh beberapa kerajaan

Tiap tahunnya, banyak industri barang dan jasa bernilai entah berapa satuan emas dan perak yang melewati wilayah Selat Malaka. Memang waktu itu Sriwijaya adalah kerajaan yang sangat kuat dan berhasil mempengaruhi Semenanjung Malaya.

Tapi mungkin masih ada beberapa kerajaan kecil yang tunduk di bawah Sriwijaya. Sehingga banyak kerajaan kecil yang juga mengelola Selat Malaka. Beberapa kerajaan kecil ini tentu menarik para pedagang dan penjelajah untuk melihat keanekaragaman daerah di sekitar Selat Malaka.

  1. Daerah di sekitar Selat Malaka memiliki sumber daya yang bervariasi

Beberapa wilayah yang berbatasan langsung dengan Selat Malaka adalah wilayah yang memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi dan variatif. Lingkungannya pun juga. Wilayah-wilayah ini adalah salah satu pusat keanekaragaman hayati dunia sehingga dinamakan ‘Sunda hotspot’. Entah itu variasi di hewan atau tumbuhan. Banyak pedagang dan pelaut yang kemari karena selain transit, mereka ingin mencoba surga Asia Tenggara. Baik pemandangan, budaya, kerajaan, sosial, ekosistem hingga kulinernya yang menggoda.

Itulah beberapa alasan selat Malaka mempunyai peranan penting pada masa kerajaan sriwijaya. Semoga kamu semakin paham kenapa selat Malaka mempunyai peranan penting pada masa kerajaan sriwijaya ya!