Mengapa Sifat Kerjasama Telah Lama Berakar Dalam Budaya Masyarakat Indonesia

mengapa sifat kerjasama telah lama berakar dalam budaya masyarakat indonesia

Mengapa sifat kerjasama telah lama berakar dalam budaya masyarakat Indonesia? Bagaimana arti penting kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan bermasyarakat?

Pengertian Kerjasama

Kerjasama adalah ketika beberapa individu menggunakan kecerdasan, usahanya dan saling berkomunikasi untuk menyelesaikan, mendapatkan atau mencapai tujuan bersama. Budaya kerjasama sangat berperan penting dan telah mengakar dari dulu. Bahkan kerjasama sudah mewarnai sejarah panjang negara ini.

Alasan Mengapa Sifat Kerjasama Telah Lama Berakar Dalam Budaya Masyarakat Indonesia

Berikut ada lima alasan mengapa kerjasama telah lama berakar dalam budaya masyarakat Indonesia.

  1. Islam mengajarkan kerjasama

Penduduk Indonesia mayoritas adalah penganut ajaran Islam. Jadi tidak mengherankan jika masyarakat Indonesia mengikuti anjuran Islam. Ajaran Islam sendiri sangat menganjurkan pada kita bahwa kita harus peduli terhadap sosial dan saling bekerja sama.

Surat Al-Maidah ayat dua menyuruh manusia untuk saling tolong menolong dalam kebaikan dan bertakwa kepada Allah. Tentu saja kita semua bisa dengan mudah menafsirkan yang dimaksud dengan saling tolong menolong dengan kebaikan adalah kerja sama. Salah satu bentuk kerja sama adalah musyawarah.

  1. Masyarakat Indonesia sudah biasa bermusyawarah

Salah satu bentuk kerja sama yang dianjurkan oleh Islam adalah musyawarah. Musyawarah adalah salah salah satu contoh kerja sama yang biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Kebiasaan bermusyawarah ini menjadi inspirasi akan Pancasila yaitu sila ketiga, sila keempat dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Ayat tentang musyawarah ini ditegaskan di Al-Quran Surat Al Baqarah ayat 283, Al-Imran ayat 159, An-Naml ayat 29 hingga 35, As-Syura ayat 36 hingga 38.

  1. Diperkuat oleh budaya-budaya yang jarang ditemukan di negara lain

Masyarakat Indonesia memiliki budaya yang sangat unik. Budaya yang mempertemukan dan merapatkan jalinan persaudaraan dan kerjasama. Contohnya budaya musyawarah, budaya kerja bakti yang dilakukan di hari minggu dan budaya jaga malam. Lalu budaya yang ada untuk memperingati hari besar seperti budaya lomba tujuh belas agustus yang memperingati hari kemerdekaan Indonesia, budaya memperingati maulid nabi, budaya memperingati  dan budaya iris daging bersama ketika hari raya Idul Adha.

Beberapa hari besar ini memungkinkan penduduk satu RT bekerja sama untuk menyiapkan segalanya. Sehingga hubungan antar tetangga, antar saudara dan antar teman bisa terus terjaga dan tidak terputus. Serta bisa mendapatkan manfaat kerja sama yang begitu banyak.

  1. Masyarakat Indonesia tahu manfaat kerjasama

Tentu masyarakat Indonesia sudah memahami manfaat kerja sama. Manfaat itu ada baik secara jangka pendek dan jangka panjang. Cita-cita, tujuan, target, dan  keuntungan yang diharapkan akan lebih cepat teraih. Bisa memupuk dan membiasakan sikap semangat sosial dan bersatu.

Tugas yang sedang dikerjakan akan jadi lebih mudah dan lebih cepat selesai. Pekerjaan yang sedang dihadapi akan lebih cepat selesai. Agar diri kita menjadi pribadi yang suka bergaul dan biasa melakukan kerja sama. Memupuk rasa persaudaraan yang lebih kuat dan erat. Melatih pribadi diri agar menjadi orang yang bisa menghargai pikiran dan usaha orang lain. Melatih diri sendiri agar menghargai dan menghormati perbedaan yang ada di tim. Supaya kita terbiasa mengutarakan pikiran, saran, dan kritik

  1. Lingkungan kerja dan wirausaha membutuhkan kerjasama tim

Kerja sama di dunia kerja dan dunia wirausaha sangatlah dibutuhkan. Karena itu, mau tidak mau atau suka tidak suka, setiap orang yang terjun di dunia kerja dan wirausaha harus bisa kerja sama tim. Karena itulah mulai dari zaman kerajaan hingga zaman modern sekarang budaya kerja sama di masyarakat Indonesia sudah sangat mengakar.

Itulah jawaban singkat kenapa sifat kerjasama telah lama berakar dalam budaya masyarakat Indonesia. Nah semoga kamu lebih mengerti dalam menjelaskan bahwa kerjasama telah menjadi akar budaya masyarakat Indonesia ya!