Mengapa Untuk Menghasilkan Listrik Perlu Dibangun Sebuah Bendungan

mengapa untuk menghasilkan listrik perlu dibangun sebuah bendungan

Mengapa untuk menghasilkan listrik perlu dibangun sebuah bendungan? Apakah pembangkit listrik dari air harus dibangun bendungan? Apa fungsi air dalam pembangkit listrik tenaga air itu?

Pengertian Pembangkit Listrik

Listrik terbentuk dari adanya sumber-sumber energi. Dari sumber energi tersebut kemudian bisa dibakar, diuapkan, dialirkan, diserap, dan lain sebagainya sehingga menghasilkan sebuah energi baru yang nantinya dikonversi menjadi listrik. Oleh karena itu, dalam memproduksi listrik, dikenal istilah pembangkit listrik.

Macam-macam Pembangkit Tenaga Listrik

Ada berbagai macam pembangkit listrik yang digunakan untuk menghasilkan listrik. Pada dasarnya hampir seluruh kekuatan alam yang ada di bumi bisa dijadikan sebagai sumber energi yang dapat menghasilkan listrik. Hanya saja, sampai saat ini, sumber energi utama untuk pembangkit listrik adalah batu bara. Terutama pada negara-negara berkembang dengan kesadaran lingkungan yang masih rendah.

Beberapa pembangkit listrik dengan sumber tenaga berkelanjutan sudah mulai banyak dikembangkan, utamanya pada negara-negara Eropa dan Amerika yang sangat konsern terhadap pencegahan pencemaran lingkungan. Listrik dengan sumber tenaga berkelanjutan dianggap lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan residu.

Berbeda dengan listrik dari pembangkit listrik tenaga batu bara yang banyak sekali menghasilkan limbah atau residu yang menyebabkan kerusakan lingkungan. Proses perubahan dari batu bara ke listrik memerlukan pembakaran pada batu bara. Proses pembakaran inilah yang menimbulkan limbah berbahaya.

Macam-macam Pembangkit Listrik Energi Terbarukan

Macam-macam pembangkit listrik tenaga terbarukan, antara lain:

  1. Pembangkit listrik tenaga angin dengan sumber utama adalah angin.
  2. PLT surya dengan sumber utama sinar matahari yang mengandung panas.
  3. Pembangkit listrik tenaga panas bumi dengan sumber utama panas bumi.
  4. PL tenaga gelombang laut dengan sumber utama adalah gerakan gelombang laut.
  5. Pembangkit listrik tenaga nuklir dengan sumber utama adalah uranium.
  6. Pembangkit listrik tenaga air dengan sumber utama adalah tenaga air yang mengalir.

Kelebihan Dan Kekurangan Pembangkit Listrik Tenaga Air

Pembangkit listrik tenaga air menjadi salah satu pembangkit listrik yang banyak dikembangkan, pun di negara Indonesia. Hal ini karena dalam penerapannya, pembangkit listrik tenaga air membutuhkan biaya yang cukup sedikit dibandingkan dengan pembangkit listrik lainnya.

Sehingga biaya yang harus dibayarkan oleh konsumen juga menjadi rendah. Di samping itu, pembangkit listrik tenaga air sama sekali tidak menghasilkan limbah dan residu. Tidak juga mengurangi volume air di muka bumi karena air yang digunakan dalam pembangkit listrik tenaga air hanya berfungsi untuk menggerakan turbin. Pergerakan turbin hanya bisa terjadi jika air dialirkan. Artinya, tidak ada air yang diserap dalam proses pembuatan listrik di pembangkit listrik tenaga air.

Pembangkit listrik tenaga air membutuhkan pergerakan air dalam jumlah besar agar bisa menggerakan turbin untuk menghasilkan listrik dalam jumlah yang besar pula. Maka dari itu, pembangkit listrik tenaga air biasanya menggunakan bendungan sebagai media untuk mengalirkan air dalam jumlah besar.

Alasan Mengapa Untuk Menghasilkan Listrik Perlu Dibangun Sebuah Bendungan

Bendungan merupakan sebuah wadah penampung air dalam jumlah sangat besar yang dibuat oleh manusia sehingga kondisinya disesuaikan untuk kepentingan tertentu. Umumnya bendungan digunakan untuk kegiatan irigasi, tetapi juga bisa digunakan untuk pembangkit listrik tenaga air.

Sebuah bendungan pastinya memiliki pintu air yang berfungsi untuk menjaga ketinggian air. Jika air dalam bendungan terlampau tinggi maka pintu air akan dibuka untuk mengalirkan air ke sungai-sungai. Pintu air inilah yang juga berfungsi untuk memberikan energi kinetik yang besar pada generator dalam pembangkit listrik tenaga air sehingga mampu menggerakan turbin.

Sebab pada saat pintu air tersebut dibuka, maka akan ada berjuta-juta kubik air yang melewati pintu tersebut. Hal ini memberikan dorongan kepada generator sehingga generator dapat bergerak. Kondisi ini juga dapat memberikan kemudahan untuk mengontrol tinggi rendahnya jumlah listrik yang ingin dihasilkan.

Apabila ingin menghasilkan listrik dengan jumlah besar, maka pintu air dibuka sangat lebar. Namun jika ingin menghasilkan listrik dalam jumlah kecil, maka pintu air dibuka sedikit demi sedikit.

Itulah jawaban singkat mengapa untuk menghasilkan listrik perlu dibangun sebuah bendungan. Semoga kamu semakin paham mengapa untuk menghasilkan listrik perlu dibangun bendungan atau waduk ya!