Mengapa Uranus Berwarna Biru

mengapa uranus berwarna biru

Mengapa Uranus berwarna biru jika dilihat dari bumi? Kenapa planet uranus berwarna biru? Apa penyebab planet uranus berwarna biru?

Planet Dalam Tata Surya

Sistem tata surya bumi mengenal beberapa benda langit, yakni matahari, planet, bulan, dan lain sebagainya. Kesemuanya mengelilingi matahari sebagai pusat dari tata surya. Di tata surya ini, terdapat delapan planet dengan karakteristiknya masing-masing. Kedelapan planet tersebut adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Dahulunya jumlah planet dalam tata surya adalah sembilan, ditambah dengan Pluto. Lalu mengapa pluto tidak lagi disebut planet? Keberadaan Pluto tidak diakui lagi sebagai planet karena bentuk orbitnya yang memotong orbit planet lain.

Macam Macam Planet Dan Pengertiannya

Adapun planet dalam tata surya dibagi menjadi dua kategori, yakni planet dalam dan planet luar.

Planet Dalam

Planet dalam adalah planet-planet yang letaknya dekat dengan matahari. Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars merupakan planet-planet yang masuk dalam kategori planet dalam. Karakteristik planet dalam antara lain:

  • Material penyusun planet dalam adalah logam sehingga kondisi planet seperti Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars lebih padat dibandingkan dengan planet lain.
  • Bentuk atau ukuran planet dalam relatif kecil.
  • Sudut elongasi yang dicapai dari planet-planet dalam adalah tidak lebih dari 48 derajat. Sudut elongasi merupakan sudut yang tercipta dari garis lurus yang menghubungkan Bumi Matahari dan sebuah planet.
  • Permukaan planet dalam bersifat padat sehingga bisa ditapaki, namun belum tentu bisa menjadi tempat hidup makhluk hidup.
  • Jumlah satelit alaminya sedikit

Planet Luar

Planet luar adalah planet-planet yang letaknya jauh dari matahari. Beberapa planet yang termasuk dari bagian planet luar adalah Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Karakteristik planet dalam antara lain:

  • Planet luar disusun oleh material gas, seperti hidrogen dan helium sehingga kondisi planet tidak padat.
  • Permukaan planet bukan merupakan dataran yang keras sehingga sulit untuk ditapaki.
  • Ukuran dari planet luar sangatlah besar.
  • Memiliki cincin yang terbentuk dari gas dan partikel debu.
  • Sudut elongasi maksimal yang terbentuk dari planet luar mencapai 180 derajat.
  • Jumlah satelit alaminya banyak, bahkan hingga mencapai lebih dari 20 satelit.

Karakteristik Planet Uranus

Uranus adalah salah satu nama planet yang ada dalam sistem tata surya. Merupakan planet ketujuh dari sistem tata surya ini sehingga letaknya sangat jauh dari matahari. Planet Uranus memiliki ukuran yang besar seperti karakteristik planet luar pada umumnya. Adapun ciri planet Uranus adalah sebagai berikut:

  1. Jarak ke matahari mencapai lebih dari tiga miliar kilometer. Jarak yang sangat disebabkan oleh letak dari planet Uranus yang jauh pula dari matahari, yakni berada di nomor dua dari ujung dari susunan planet yang ada.
  2. Waktu yang dibutuhkan untuk satu kali revolusi adalah 84 tahun. Revolusi merupakan gerakan planet mengelilingi matahari. Waktu tempuh Uranus menjadi sangat lama dalam sekali revolusi sebagai imbas dari jauhnya jarak antara Uranus dengan matahari.
  3. Planet Uranus tersusun dari gas seperti metana, ammonia, dan juga terdapat air dalam partikel penyusunnya.
  4. Merupakan planet terdingin karena atmosfer Uranus mengandung banyak sekali es.
  5. Suhu udara di Uranus sangatlah rendah, bisa mencapai -224˚C.

Penyebab Planet Uranus Berwarna Biru

Planet Uranus memancarkan warna biru yang ditimbulkan sebagai akibat dari tingginya gas metana yang terkandung di dalam planet ini. Gas metana tersebut banyak ditemui di permukaan Uranus sehingga memantulkan warna biru jika dilihat dari luar angkasa. Selain karena kandungan metana yang tinggi dalam planet Uranus, warna biru juga timbul karena tingginya kadar es yang menyelimuti planet Uranus.

Itulah alasan uranus berwarna biru / jawaban kenapa uranus berwarna biru. Semoga kamu semakin paham mengapa uranus berwarna biru jika dilihat dari bumi ya!