Mengapa VOC Dibubarkan

mengapa voc dibubarkan

Mengapa VOC dibubarkan pada tanggal 31 desember 1799? Apa pengertian dan latar belakang VOC? Apa penyebab penyebab VOC dibubarkan pada tahun 1799?

Pengertian Dan Tujuan VOC

Vereenigde Oostindische Compagnie atau disingkat VOC merupakan persekutuan dagang buatan Belanda yang didirikan pada tahun 1602, tepatnya pada tanggal 20 Maret. Berdirinya VOC menandai perluasan kolonialisme dari Belanda ke negara-negara timur, seperti Indonesia. VOC kemudian dijadikan oleh Belanda sebagai perpanjangan tangan pemerintah Belanda pada negara-negara jajahan khususnya di Indonesia.

Sebagai perusahaan yang menjadi representasi pemerintah Belanda, VOC diberikan hak khusus untuk melakukan berbagai kegiatan di Indonesia. Adanya hak istimewa tersebut pada akhirnya membuat VOC mampu memonopoli perdagangan di Indonesia, khususnya dalam sektor rempah-rempah.

VOC membeli rempah-rempah dari para petani di Indonesia dengan harga sangat murah. Petani juga tidak diizinkan untuk menjual produksi rempah-rempah mereka ke perusahaan lain. Hasil rempah-rempah yang telah dibeli dengan harga murah tersebut kemudian dijual kembali oleh VOC ke negara lain dengan harga tinggi.

Berkat kegiatan bisnis tersebut, VOC pada masa kejayaannya pernah menjadi perusahaan dengan nilai aset, keuntungan, dan nilai valuasi yang sangat besar. Bahkan hingga saat ini belum ada perusahaan yang bisa mengalahkan tingginya nilai valuasi yang dimiliki oleh VOC. Hal itu juga didukung oleh lamanya VOC menguasai negara Indonesia sebagai penghasil rempah-rempah terbesar di dunia pada waktu itu.

Hak Istimewa VOC Atau Hak Oktroi

Adapun hak istimewa yang dimiliki oleh VOC yang diberikan oleh pemerintah Belanda antara lain:

  1. Hak monopoli perdagangan, hak ini yang digunakan untuk memonopoli penjualan rempah-rempah oleh petani. Petani dipaksa untuk hanya menjual ke VOC dengan harga murah.
  2. Hak mencetak uang, hak ini digunakan untuk memudahkan VOC dalam melakukan transaksi perdagangan di negara-negara jajahan khususnya.
  3. Hak mengangkat dan memberhentikan pegawai, hak ini berguna untuk memudahkan kinerja VOC dalam menangani perdagangan di negara-negara lain. Melalui hak ini VOC dapat mengangkat orang-orang yang pro dengan mereka dan memecat secara sepihak orang-orang yang dinilai tidak mau tunduk dengan VOC.
  4. Hak membuat dan melakukan perjanjian untuk menunjang kegiatan perdagangan. Banyak sekali produk perjanjian yang dikeluarkan oleh VOC selama VOC mendiami Indonesia. Namun perjanjian yang dibuat tentunya hanya menguntungkan pihak VOC saja. Kerajaan Mataram menjadi contoh dari kerajaan yang terkena imbas dari perjanjian yang dibuat oleh VOC. Melalui perjanjian Giyanti, Mataram kemudian terpecah menjadi dua bagian.
  5. Hak memiliki angkatan perang, tujuannya adalah untuk mengamankan kegiatan perdagangan VOC. Apabila terjadi perlawanan, VOC dapat melakukan serangan balik melalui tentara yang dimilikinya. Angkatan perang VOC dikenal memiliki persenjataan yang canggih dan pintar membuat taktik serangan sehingga sulit ditaklukan.
  6. Hak membuat benteng untuk mengamankan wilayah kekuasaannya karena seringkali mendapatkan ancaman keamanan, maka VOC berinisiatif untuk membuat benteng pertahanan.

Alasan Mengapa VOC Dibubarkan Pada Tahun 1799

Penyebab VOC dibubarkan pada tahun 1799 yang paling utama adalah karena kebangkrutan. VOC tidak selamanya mengenyam kejayaan, pada masa-masa abad ke-19, VOC mulai mengalami masa surut dan perlahan-lahan mengalami kebangkrutan. Ada berbagai faktor yang menyebabkan VOC mengalami kebangkrutan dan kemudian pada akhirnya dibubarkan. Alasan-alasan dibubarkannya VOC antara lain:

  1. Membengkaknya pembiayaan yang harus dikeluarkan oleh VOC. Karena memiliki hak istimewa (hak oktroi) yang cukup banyak pada akhirnya membuat VOC tidak mampu mengontrol pembiayaannya. Pembangunan benteng, gaji pegawai, biaya operasional, biaya untuk angkatan perang, dan lain sebagainya harus ditanggung oleh VOC. Biaya tersebut lama kelamaan menggerogoti keuangan VOC yang pada saat itu juga sedang mengalami kesulitan akibat persaingan dagang dengan negara lain serta perang yang tak berkesudahan yang harus dihadapi oleh Belanda
  2. Korupsi yang merajalela ditubuh VOC menyebabkan banyaknya kerugian pada VOC. Korupsi banyak dilakukan oleh para pejabat tinggi VOC untuk mendukung kehidupan mewahnya. Meski demikian, banyak juga pegawai VOC dalam jabatan yang tidak terlampau tinggi turut melakukan korupsi. Korupsi yang dilakukan pun tidak dalam jumlah yang sedikit.

Itulah jawaban kenapa VOC dibubarkan pada tahun 1799 / alasan VOC dibubarkan pada tahun 1799. Semoga kamu semakin mengerti alasan mengapa voc dibubarkan pada tanggal 31 desember 1799 ya!