Miliar Atau Milyar

miliar atau milyar - tulisan yang benar milyar atau miliar

Penulisan Miliar atau Milyar yang benar? Dalam penulisan seringkali orang mengalami kesalahan yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa yang baik. Salah satu kata yang sering salah dalam penulisan adalah milyar atau miliar. Kedua tulisan tersebut sebenarnya memiliki arti yang sama, hanya saja benar atau tidaknya pada kaidah bahasa yang tidak sama. Agar kamu tahu mana yang benar dan salah, maka sebaiknya kamu membaca ulasan berikut untuk menambah wawasan kamu dalam menulis.

Miliar atau Milyar?

Kedua tulisan ini memang jika dibaca mengeluarkan hasil baca yang sama. Tapi, dalam penulisan di antara keduanya sangatlah berbeda. Banyak orang yang salah menulis kata ini dan merasa sudah benar padahal jika dilihat dari segi kebahasaan salah.

Kata yang benar, pasti ada di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan untuk kata ini pasti yang kamu temukan tulisan miliar bukan milyar. Tapi, ternyata dalam penggunaannya, kebanyakan orang lebih sering menuliskan milyar.

1 miliar berapa juta? Miliar adalah sebuah bilangan yang menunjukkan nominal sebesar 1000 juta yang artinya memiliki angka nol sebanyak sembilan angka. Lalu 1 triliun berapa miliar? 1 triliun sama dengan 1000 miliar.

Nah jadi kesimpulannya di antara miliar atau milyar, yang benar tulisannya sesuai EYD adalah Miliar.

Cara Penulisan Miliar

Untuk penulisan satu miliar secara bilangan, sebagian besar orang termasuk kamu pasti sudah mengetahui bagaimana cara menulisnya. Untuk memperjelas lagi, satu miliar jika ditulis dalam bentuk bilangan adalah 1.000.000.000, dimana setelah angka satu diikuti angka nol sebanyak sembilan dan setiap nol ketiga diberi tanda titik atau separator.

Penggunaan kata miliar, bertujuan memudahkan semua orang ketika menulis besaran atau yang biasa disebut dengan kuantitas. Selain itu, tujuan ada kata miliar pada penulisan atau penyebutan adalah mempersingkat tulisan yang panjang dan salah penyebutan besaran angka.

Nah, dengan adanya kata miliar setelah angka satu kamu tidak perlu susah untuk menuliskan nol yang panjang ketika membuat surat atau lainnya. Kecuali, pada pernyataan-pernyataan tertentu yang mengharuskan kamu untuk menuliskan nominal yang seharusnya dengan bentuk angka semua.

Dalam keadaan seperti itu, kamu tidak boleh menggunakan kata miliar dalam penulisan. Karena, termasuk pada instruksi dan susunan penulisan sebuah surat yang sudah paten ketentuannya.

Apa yang Dimaksud dengan Miliarder?

Nah, pasti kamu sudah tidak asing dengan sebutan miliarder. Beberapa orang masih bertanya-tanya apa sih miliarder itu? Apakah sama seperti miliar yang merupakan penyebutan bilangan? Sama sekali berbeda.

Miliarder bukanlah penyebutan nominal atau bilangan, melainkan seseorang yang memiliki banyak uang atau kaya. Kekayaannya itu karena mendapat penghasilan hingga miliaran atau bahkan lebih. Kalau zaman dahulu, orang masih mengenal jutawan saja, karena orang yang berpenghasilan ratusan juta sudah cukup kaya.

Tapi, seiring berkembangnya zaman dan teknologi, orang banyak yang terampil dan mampu menghasilkan uang hingga miliaran seperti COO dan dewan komisaris. Jadi, jika dilihat dari sini siapapun yang mau bekerja keras dan mengeluarkan kreatifitas serta inovasi baru dan anti mainstream pasti akan banyak menghasilkan uang.

Tapi yang harus diperhatikan adalah sedikit atau banyaknya penghasilan seseorang harus didapatkan dengan cara yang baik dan tidak merugikan orang lain. Tidak seperti ASN yang menjadi miliarder dari hasil korupsi.

Itulah sekilas informasi yang menjelaskan tulisan yang benar milyar atau miliar, cara penulisan dan arti dari sebutan miliarder yang harus kamu ketahui.

Penulisan yang benar dan baku dalam bahasa sangat penting, terutama jika kamu adalah seorang penulis. Maka, kamu harus kaya akan bahasa dan mengerti mana cara menulis yang baik dan benar. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan dan  wawasan kamu.