Nasihat Atau Nasehat KBBI

nasihat atau nasehat kbbi

Ketahui mana yang benar antara Nasihat atau Nasehat – Nasihat maupun nasehat memiliki makna yang sama walaupun salah satu diantaranya merupakan kata tidak baku. Jika kamu seorang sastrawan atau penulis karya ilmiah pastinya dituntut untuk selalu menggunakan bahasa baku yang baik dan benar. Tapi kebanyakan orang dibuat bingung dengan kata nasihat atau nasehat. Untuk mengetahui mana kata yang memenuhi kaidah bahasa, berikut ulasan yang harus kamu baca.

Nasihat atau Nasehat Menurut KBBI?

Menggunakan kata baku akan menjadikan kamu memiliki kemampuan berbahasa dengan baik. Salah satu kata yang harus kamu pahami adalah kata yang memiliki dua pilihan antara baku dan tidak baku seperti nasihat dan nasehat.

Penulisan yang benar nasihat atau nasehat? Diantara kedua kata tersebut yang sesuai dengan KBBI adalah NASIHAT. Kebanyakan orang mengatakan nasehat dan menerapkan pada tulisannya. Padahal kalau dilihat dari sisi kaidah bahasa tidak tepat atau salah.

Arti nasihat itu sendiri adalah sebuah pelajaran baik yang disampaikan oleh seseorang untuk mengingatkan atau menegur orang lain yang hampir atau sudah melakukan kesalahan. Biasanya juga pada sebuah cerita terdapat pesan yang disampaikan secara tidak langsung, pesan tersebut juga bisa dinamakan nasihat.

Kata ini termasuk salah satu kata yang harus tepat dan teliti ejaannya ketika dimasukkan ke dalam sebuah tulisan. Kalau untuk penyebutan sebagian besar orang menggunakan kata nasehat, tapi bukan berarti kata tersebut bisa menjadi baku.

Penasehat atau Penasihat?

Sama halnya dengan kata dasarnya yaitu nasihat, antara penasehat dan penasihat yang merupakan kata baku adalah PENASIHAT. Maksud dari penasihat itu sendiri adalah orang yang memberikan nasihat, saran dan kritik demi kebaikan orang lain.

Penasihat ini biasanya juga digunakan untuk beberapa bidang, misalnya penasihat hukum, penasihat presiden, penasihat keuangan dan masih banyak lagi. Adanya penasihat memang sangat dibutuhkan agar semua yang dilakukan bisa berjalan dengan baik dan penuh tanggung jawab.

Menasehati atau Menasihati?

Masih tetap sama karena kata dasar yang dimiliki adalah nasihat, maka kata baku yang tepat antara kedua kata ini adalah MENASIHATI. Walaupun banyak orang yang menggunakan kata menasehati tapi tetap saja itu adalah kata yang salah jika digunakan pada tulisan penting.

Maksud dari kata menasihati adalah menegur atau mengingatkan seseorang tapi tidak bersifat memaksa tapi tetap memiliki tujuan untuk memberikan arahan.

Adab Memberi Nasihat

Orang yang hendak memberikan nasihat harus menggunakan adab dan keterampilan yang baik agar bisa diterima oleh orang tersebut dan tidak menyinggung perasaannya. Beberapa adab yang harus kamu lakukan ketika mau memberikan nasihat adalah :

  1. Nasihat didasari dengan niat yang baik dan ikhlas tanpa ada niat untuk menjatuhkan.
  2. Menggunakan cara nasihat yang benar dan santun.
  3. Menggunakan kata-kata yang baik dan halus agar orang yang dinasihati bisa mencerna dengan baik dan menerima.
  4. Menasihati yang tidak disebabkan oleh kabar atau gosip yang tidak bisa dipertanggung jawabkan.
  5. Menasihati tanpa adanya prasangka buruk yang timbul di dalam hati.

Itulah penggunaan kata dasar yang tepat untuk digunakan sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Dengan menggunakan tata bahasa yang tepat, maka kamu akan menghasilkan tulisan yang bagus dan enak dibaca.