Peran Indonesia Dalam Asean

peran indonesia dalam asean di bidang politik ekonomi soial pendidikan

Apa peran Indonesia dalam Asean di bidang politik, ekonomi, sosial budaya dan pendidikan?

Peran Indonesia Dalam Asean

Association Of Southeast Asian Nations (ASEAN) juga dikenal dengan Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (PERBARA). ASEAN terbentuk sejak 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand, waktu itu ASEAN didirikan oleh 5 negara, Indonesia, Malaysia, Filiphina, Singapura, dan Thailand yang menghasilkan Deklarasi Bangkok.

Latar belakang berdirinya ASEAN dikarenakan adanya persamaan nasib, sejarah sebagai negara-negara yang pernah dijajah bangsa asing (kecuali negara Thailand). Dan juga isu global yang menganggu kestabilitasan di kawasan ASEAN meliputi terorisme, perdagangan narkotika, kejahatan lintas batas & kelestarian lingkungan hidup.

Deklarasi Bangkok ditandatangani oleh 5 tokoh penting dari masing-masing negara pendiri ASEAN. Dari Indonesia diwakilkan oleh Mentri Luar Negeri Adam Malik, Malaysia oleh Perdana Mentri Tun Abdul Razak, Filiphina oleh Mentri Luar Negeri Narcisco Ramos. Singapura diwakilkan oleh Mentri Luar Negeri Sinnathamby Rajaratnam dan yang terakhir, Thailand diwakili oleh Mentri Luar Negeri & Politisi Thanat Khoman.

Setelah 17 tahun ASEAN berdiri sebagai organisasi besar, beberapa negara di Asia Tenggara lainnyapun mulai ikut bergabung. Mulai dari, Brunei Darussalam menjadi anggota sejak 7 Januari 1984, Vietnam pada 28 Juni 1995, Laos & Myanmar masuk sekaligus pada 23 Juli 1997 dan Kamboja pada 16 Desember 1998.

Semenjak saat itu, anggota ASEAN berjumlah 10 negara yang berada dikawasan Asia Tenggara. Pada saat ini organisasi ASEAN telah melakukan perluasan anggota mengingat kepentingan ekonomis, geografis dan politik ke-5 negara tersebut ialah, Bangladesh, Papua Nugini, Palau, Timor Leste dan Taiwan (Republik Tiongkok).

Peran Indonesia Dalam ASEAN Di Bidang Politik

Di dalam bidang politik ASEAN juga berperan dalam mengadakan perjanjian ektradisi (penyerahan pelarian penjahat), mengadakan pelatihan militer bersama, menciptakan kawasan Asia Tenggara damai, merdeka & netral, dan menjaga kestabilitasan & perdamaian di wilayah Laut Cina Selatan. Wilayah laut ini kerap kali menimbulkan konflik dikarenakan berada di kawasan yang strategis. Laut Cina Selatan berada dikawasan Samudra Pasifik, membentang dari Selat Karimata & Selat Malaka hingga dengan Selat Taiwan, sepertiga dari kapal-kapal di dunia pasti melewati wilayah ini.

Peran Indonesia Dalam ASEAN Di Bidang Ekonomi

Apa sebenarnya peran dan posisi Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup Asean? Di dalam bidang ekonomi ASEAN pernah terlibat dalam pengadaaan mitra dagang dengan negara-negara di Eropa, Amerika, dan Afrika. Mendirikan proyek-proyek industri seperti, pabrik mesin diesel di Singapura, pabrik abusoda di Thailand, pabrik vaksin di Singapura, pabrik tembaga di Filiphina, pabrik urea di Malaysia, dan pabrik pupuk ammonia & urea di Indonesia. Selain itu juga membentuk kawasan perdagangan bebas ASEAN (ASEAN Free Trade Area) yang didirikan pada tahun 1992 di Singapura saat berlangsungnya KTT ASEAN yang ke-4.

Bidang Sosial Budaya

Adapun peran Indonesia dalam ASEAN di bidang sosial budaya meliputi kegiatan, kerjasama dalam penanggulangan narkotika, kerjasama dibidang pariwisata, ikut berpartisipasi dalam pesta olahraga SEA Games dan menggadakan tukar-menukar misi kebudayaan antar negara anggota ASEAN.

Bidang Pendidikan

Adapun peran Indonesia dalam ASEAN di bidang pendidikan seperti:

  • Pertukaran pelajar antar anggota di kawasan Asia Tenggara
  • Penyamaan standar ijazah antar anggota ASEAN
  • Pembentukan peneliti antar negara
  • Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di kawasan ASEAN agar mampu bersaing secara regional ataupun internasional
  • Berpartisipasi dalam pembentukan ASEAN University Network (AUN), dan penawaran beasiswa antar anggota di Asia Tenggara.

Organisasi besar ini memiliki lambang bendera, dengan simbol ikatan rumpun padi yang melambangkan persahabatan & kesetiakawanan sosial. Lingkaran melambangkan kesatuan ASEAN, warna biru melambangkan perdamaian & stabilitas. Merah melambangkan semangat & kedinamisan, putih melambangkan kesucian dan warna kuning melambangkan kemakmuran.

Semoga bisa membantu kamu dalam menjelaskan secara singkat peran Indonesia dalam Asean ya.