Perbedaan ASN Dan PNS dari Segi Kepegawaian

perbedaan asn dan pns dari segi kepegawaian - perbedaan pangkat pns dan asn

Banyak yang menganggap jika ASN itu sama dengan PNS. Keduanya memang sama-sama bekerja untuk negara, namun keduanya berbeda. Mau tahu perbedaan ASN dan PNS? Simak info lengkapnya di sini.

Apa itu ASN – Pengertian ASN

Aparatur Sipil Negara atau yang biasanya dikenal dengan ASN merupakan profesi pegawai yang bekerja untuk instansi pemerintah. ASN itu sendiri terdiri dari PNS dan juga pegawai pemerintahan dengan perjanjian kerja. Pegawai tersebut diangkat dan kemudian diserahi tugas dalam jabatan di pemerintahan dengan besar gaji yang sesuai dengan perundang-undangan.

Baik PNS atau pun PPPK memiliki hak yang sama, yaitu mendapatkan cuti, tunjangan, perlindungan dan pengembangan kompetensi. Namun, jika kamu menjadi PPPK, kamu tidak akan mendapatkan fasilitas, jaminan pensiun serta jaminan hari tua.

Jadi kalau kamu menjadi PPPK, kamu tidak akan mendapatkan apa yang PNS dapatkan. Karena itu, banyak yang akhirnya mendaftar sebagai PNS. Tidak hanya karena pekerjaannya terjamin, namun juga hari tuanya juga terjamin.

ASN itu sendiri memiliki 4 kelembagaan khusus yang diamanatkan oleh presiden secara langsung. Lembaga tersebut yaitu:

  1. Kementerian PAN-RB (Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi)

Lembaga ini memiliki tugas dan wewenang terkait dengan:

  • Perumusan serta penetapan kebijakan.
  • Koordinasi serta sinkronisasi kebijakan.
  • Pengawasan atas kebijakan ASN.
  1. KASN atau Komisi Aparatur Sipil Negara

Lembaga ini memiliki kewenangan untuk pengawasan penerapan asas kode perilaku dan kode etik ASN. Serta monitoring dan evaluasi dari pelaksanaan kebijakan dan manajemen ASN. Tujuannya adalah agar terjadi perwujudan sistem merit.

  1. LAN atau Lembaga Administrasi Negara

Lembaga ini berkaitan dengan pengkajian kebijakan manajemen ASN, kewenangan penelitian dan penyelenggaraan pendidikan serta pelatihan ASN.

  1. BKN atau Badan Kepegawaian Negara

Lembaga ini memiliki kewenangan untuk penyelenggaraan manajemen ASN, standar prosedur, kriteria manajemen ASN dan pengawasan serta pengendalian pelaksanaan norma.

Apa itu PNS – Pengertian PNS

Pegawai negeri sipil atau PNS ini merupakan pegawai yang sudah memenuhi syarat yang sudah ditentukan dan kemudian diangkat oleh pejawabat yang berenang untuk jabatan negeri. Tugas dan juga gaji diatur berdasarkan pada undang-undang.

Pekerja yang memiliki jabatan sebagai PNS ini adalah pegawai selain PPPK dan TNI/polri. Kenapa polri dan TNI tidak masuk PNS padahal keduanya juga bekerja untuk negara? Ini karena pembahasan mengenai TNI dan Polri ini sudah berbeda konteks dengan pegawai negeri. Keduanya diatur dalam undang-undang yang terpisah. PNS itu sendiri diatur dalam UU No. 5 th 2014b mengenai aparatur sipil negara.

Ketika kamu memutuskan untuk menjadi PNS, maka kamu tidak boleh menjadi anggota atau pengurus partai. Jika ingin menjadi anggota ataupun pengurus partai, kamu harus mengajukan diri secara tertulis. Jika pun kamu tetap menjadi anggota partai, kamu akan diberhentikan secara tidak hormat sebagai PNS sesuai dengan undang-undang yang mengatur.

Apakah PNS dan ASN itu Sama? – Perbedaan ASN Dan PNS dari Segi Kepegawaian

Bisa dikatakan PNS itu adalah bagian dari ASN. Jadi, kalau kamu menjadi PNS maka kamu sudah pasti adalah ASN. Namun jika kamu merupakan ASN, kamu belum tentu lho termasuk PNS. Ini karena Aparatur sipil negara terdiri dari 2 golongan yaitu PNS dan PPPK/P3K. Keduanya memiliki tugas dan wewenang yang berbeda. Jadi, keduanya tidak bisa disamakan walaupun ada bagian yang sama yaitu sama-sama bertugas untuk negara.

Jadi, sudah tahu ya apa persamaan dan perbedaan ASN dan PNS. Semoga informasi ini membantu kamu ya dan kamu tidak bingung lagi.