Sekertaris Atau Sekretaris

sekertaris atau sekretaris kbbi eyd penulisan yang benar

Penulisan yang benar sekertaris atau sekretaris? Berikut penjelasan singkat tentang mana kata baku yang benar di antara penulisan sekertaris atau sekretaris yang sesuai EYD KBBI.

Struktur organisasi atau pemerintahan biasanya terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, dan Bendahara. Keempat itu adalah jabatan paling tinggi di atas seksi-seksi bagian. Secara umum Ketua memiliki tugas dan tanggung jawab paling besar, karena ia harus mengawasi dan memimpin organisasinya. Wakil Ketua biasanya pekerjaan yang hampir sama dengan Ketua. Ia juga memiliki tanggung jawab yang besar dan bertugas untuk mengambil alih organisasi, misalnya ketua tidak dapat ikut rapat atau pertemuan.

Sekretaris memiliki tugas dan tanggung jawab untuk membuat dan mengesahkan keputusan dan kebijakan organisasi bersama-sama Ketua dalam penyelenggaraan organisasi. Terakhir adalah bendahara, yang tugasnya tidak jauh dari keuangan. Bendahara wajib mengkoordinasikan keuangan di organisasi. Misalnya melaporkan dana keluar dan masuk untuk kepentingan organisasi tersebut.

Sekertaris Atau Sekretaris Penulisan yang Benar Dalam Ejaan

Mungkin kamu pernah membaca di sebuah laporan yang dituliskan oleh sekretaris. Ada sedikit ejaan yang membingungkan, mana yang tepat antara Sekeretaris atau Sekretaris. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) penulisan ejaan yang benar adalah Sekretaris bukan Sekeretaris. Jangan ulangi kesalahanmu ya jika selama ini kamu sudah salah menuliskan ejaan tersebut.

Fakta Tentang Sekretaris

Secara lebih detail, mari kita ketahui bersama beberapa fakta tentang Sekretaris. Sekretaris adalah profesi atau jabatan yang bersifat asisten atau mendukung. Gelar ini merujuk kepada sebuah pekerja organisasi atau kantor yang tugasnya ialah melaksanakan perkerjaan rutin, tugas administratif, tugas pribadi atau langsung dari atasannya. Sekretaris biasanya melakukan tugas seperti mengetik, penggunaan komputer, mengangkat telepon dan pengaturan agenda.

Menurut riset, sekretaris secara umum adalah seorang wanita. Mengapa demikian? Menurut para ahli, wanita jauh lebih bisa diandalkan untuk melakukan tugas pribadi atasan atau tugas kantor. Mereka jauh lebih detail dan teliti dalam melakukan sesuatu. Coba saja kita bayangkan jika sekretaris memiliki sifat ceroboh dan pelupa, mungkin ia kesulitan dalam menyusun rapat atau pertemuan.

Bahkan dikatakan, sekretaris adalah pekerjaan yang paling diidamkan perempuan. Bagimana tidak, pekerjaan ini juga penuh syarat untuk menilai karakter seseorang. Sekretaris harus memiliki kesabaran untuk menghadapi masalah di kantor, karena itu ia pintar mengatur emosi. Sekretaris juga sering melakukan perjalanan dinas dan menjalin hubungan kerja sama, jadi mereka harus bisa menempatkan diri dalam berbagai macam situasi.

Syarat untuk Menjadi Sekretaris Handal

Pekerjaan ini juga tidak semudah yang kita kira, berikut ini kita akan mempelajari tentang syarat-syarat yang harus dimiliki untuk menjadi seorang sekretaris.

  1. Sekretaris Harus Memperhatikan Penampilannya saat Bekerja

Ia harus bersifat ramah dan selalu tersenyum meskipun sedang dalam keadaan hati tidak baik. Sekretaris juga diharuskan mengenakan pakaian sopan dan formal. Riasan harus terlihat natural dan tidak boleh mencolok.

  1. Kepribadian yang Baik

Jika kita ingin jadi sekretaris profesional maka kita harus memiliki kepribadian yang baik.

  1. Tepat Waktu

Belajarlah untuk tepat waktu, jangan terlambat untuk datang ke kantor, karena itu bisa membuat atasan kita menjadi kurang percaya.

  1. Bertanggung Jawab Dalam Mengerjakan Tugas

Selesaikan tugas yang diberikan oleh atasan kita dengan tepat waktu dan memuaskan, Semakin kita dapat menangani tugas, atasan kita bisa lebih mempercayai pekerjaannya kepada kita.

  1. Mampu Menerima kritik

Tidak ada yang sempurna di dunia ini, bahkan sekretaris profesionalpun juga bisa salah dan keliru. Ingatlah, kita juga perlu menghargai pendapat dan kritikan atasan atau orang lain tentang pekerjaaan kita. Jangan mudah merasa tersinggung, kita juga perlu mengoreksi penilaian orang dan memperbaikinya jika ada yang kurang.

Nah sekarang kamu pasti tidak bingung lagi kan tentang mana penulisan yang benar sekretaris atau sekertaris.