Sifat Gas Ideal

sebutkan sifat sifat gas ideal - sifat partikel gas ideal

Sebutkan sifat sifat gas ideal! Sifat sifat gas ideal itu seperti apa sih? Berikut ini penjelasan singkat tentang sifat sifat gas ideal dan persamaan keadaan gas yang mesti kamu ketahui.

Sifat Gas Ideal Fisika

Konsep gas ini kita pelajari pada mata pelajaran Fisika kelas XI, saat kita duduk dibangku SMA. Gas mempunyai sifat yang berlawanan dengan sesuatu yang sifatnya padat dan cair. Sifat dasar gas hampir sama seperti sifat benda cair, bentuk mereka menempati ruang atau wadah yang mereka tempati. Perilaku gas dipengaruhi oleh tekanan, temperatur suhu, dan lain sebagainya.

Di alam semesta yang luas ini, sebenarnya tidak ada yang memenuhi syarat sifat gas ideal. Akan tetapi dalam kondisi tertentu gas dapat mendekati syarat kondisi idealnya. Gas memiliki partikel molekul dan atom yang dapat bergerak, tetapi dalam teori kita menganggap hal ini sebagai sesuatu yang ideal.

Energi kinetik pada gas ideal dikarenakan oleh adanya gerakan partikel gas dalam suatu ruangan. Gas selalu bergerak dalam kecepatan tertentu. Kecepatan inilah yang menyebabkan pengaruh pada energi kinetik gas. 

Sifat-Sifat Gas Ideal

Gas ideal adalah konsep teoritis yang kita gunakan dalam tujuan penelitian. Tidak semua gas dapat tergolong gas ideal. Terdapat beberapa syarat khusus agar gas bisa dinyatakan sebagai gas ideal yaitu:

  1. Sifat partikel gas ideal terdiri dari partikel dalam jumlah yang banyak dan tidak saling berinteraksi.
  2. Partikel satu dan yang lainnya memiliki jarak yang besar dibanding ukuran partikelnya.
  3. Partikel gas bergerak dalam lintasan lurus dengan laju relatif tetap dan bergerak secara acak. Hal ini dapat terjadi karena gas tersusun secara acak dan memiliki ikatan yang sangat lemah. Lemahnya ikatan in disebabkan oleh gaya tarik-menarik yang ada pada partikel. Hal ini pula yang menyebabkan volume gas pada suatu tempat dapat berubah-ubah.
  4. Selisih waktu antar tabrakan partikel berlangsung secara singkat.
  5. Jika dibandingkan dengan ruang tempatnya, volume partikel gas sangat kecil. Sehingga hal ini dapat kita abaikan.
  6. Ukuran partikel gas dapat kita abaikan.
  7. Semua partikel gas yang saling bertabrakan memiliki sifat lenting sempurna.
  8. Hukum Newton berlaku pada setiap partikel gas ideal.
  9. Dalam ruangan yang sempit, partikel gas ini tersebar merata.
  10. Gaya antar partikel hanya terjadi saat adanya tabrakan.
  11. Setiap partikel bergerak bebas ke arah manapun secara tak beraturan.

Persamaan Gas Ideal

Perilaku gas ideal ditentukan dengan persamaan rumus sebagai berikut.

PV = nRT = NKT

Keterangan :

K = Konstanta Boltzmann

N = Jumlah Molekul

n = Jumlah Mol

P = Tekanan Mutlak

V = Volume

R = Tetapan Gas Universal

T = Suhu Mutlak

Perbedaan Gas Ideal dan Gas Nyata

  1. Gas ideal tidak memiliki molekul gas dianggap sebagai partikel titik dan gaya antar molekul. Sebaliknya molekul gas nyata memiliki volume dan ukuran, mereka juga memiliki gaya antar molekul.
  2. Gas ideal dapat berhubungan dengan persamaan rumus PV = nRT = NKT, sedangkan pada gas nyata tidak bisa. Dalam menentukan persamaan gas nyata, diperlukan persamaan yang lebih rumit lagi.
  3. Gas ideal tidak bisa ditemukan dalam kenyataan tapi gas ideal berperilaku dengan cara ini pada temperatur suhu dan tekanan tertentu.

Nah itulah sifat sifat gas ideal dan penjelasannya. Melalui penjelasan artikel diatas kita jadi lebih paham sekarang tentang sifat-sifat gas Ideal dan hal-hal apa saja yang membedakan gas ideal dengan gas nyata. Sekarang pelajaran Fisika untuk bab Energi Kinetik tidak berat lagikan untukmu?