Silakan Atau Silahkan KBBI EYD

silakan atau silahkan kbbi - penulisan yang benar silahkan atau silakan

Yang benar silakan atau silahkan? Kebanyakan orang bingung di antara menggunakan kata silakan atau silahkan ketika menulis. Jika kamu anak sastra pasti menganggap hal ini mudah. Tapi jangan salah, biasanya yang sepele justru membuat banyak orang salah.

Nah, untuk menghindari hal tersebut maka kamu harus membaca informasi berikut untuk menambah wawasan agar tidak sampai salah dalam menulis terutama menulis untuk sebuah kepentingan resmi.

Silakan atau Silahkan Menurut KBBI

Penggunaan kata yang sudah sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kata baku yang tepat. Masih banyak orang yang salah dan bingung dalam menentukan kata silakan atau silahkan. Kata yang benar dan memenuhi kaidah bahasa adalah silakan bukan silahkan.

Silakan berasal dari kata sila yang berarti sudikah kiranya atau bisa dibilang kata perintah yang disampaikan secara halus. Tapi, walaupun kata yang tepat silakan, namun kebanyakan orang lebih terbiasa dengan kata tidak bakunya yaitu silahkan. Hal ini tidak akan jadi masalah jika hanya digunakan untuk bahasa sehari-hari.

Penerapan Kata Silakan

Kata silakan biasanya diterapkan untuk sebuah perintah atau ajakan seseorang secara sopan. Kesopanan ini bisa kamu temui ketika mendatangi sebuah acara dimana pemilik atau panitia acara / panlok mempersilakan tamu untuk menikmati hidangan atau mengarahkan pada suatu tempat.

Selain itu kamu juga bisa menemui di sebuah toko dimana pramuniaga mempersilakan pengunjung untuk mencoba baju atau hanya sekedar melihat-lihat baju yang sekiranya sedang kamu cari atau butuhkan.

Penerapan kata ini memang disampaikan secara halus sesuai dengan makna yang dimiliki. Dengan begitu, orang yang mempersilakan berarti sangat menghormati dan menghargai kamu secara baik dan halus.

Tapi, tidak jarang kita temui orang-orang yang tidak ramah dan lupa dengan adanya kata ajakan ini. Beberapa kali pasti masih kamu jumpai orang-orang yang tidak peduli dan hanya melihat tanpa senyum ramah apalagi mengucapkan kata yang halus ini.

Jadi, agar lebih sopan dan membuat orang lain senang alangkah baiknya jika kamu mengucapkan kata ini untuk mengajak tamu undangan atau konsumen dengan cara yang sangat baik.

Contoh Kalimat Perintah Menggunakan Kata Silakan

Jika kamu sedang berada di sebuah acara seminar, pesta, rapat, diskusi, atau acara formal lainnya pasti kamu sering mendengar kalimat berikut :

  1. Untuk seluruh hadirin dipersilakan berdiri.
  2. Untuk para undangan VIP dan VVIP yang hadir, dipersilakan mencicipi hidangan yang sudah disediakan.
  3. Kami mempersilakan untuk ketua komite provinsi menyampaikan sambutan.
  4. Kami mempersilakan salah satu panitia untuk memimpin doa dan menutup acara pada malam hari ini.
  5. Apabila Anda sudah mengerti dan membaca dokumen ini, silakan untuk menandatangani dokumen.

Tapi, jika kamu berada di sebuah toko atau tempat lain dimana kamu menjadi seorang konsumen maka berikut beberapa kalimat yang akan kamu dengar :

  1. Semua penumpang silakan keluar dari pintu sebelah kanan dengan menunjukkan bukti kuitansi pembayaran.
  2. Untuk Bapak dan Ibu yang masih belum mendapatkan tiket, silakan antri di loket nomor 4 yang telah dibuka.
  3. Untuk para penumpang, silakan mengenakan sabuk pengaman yang sudah ada di kursi masing-masing.

Itulah penggunaan kata silakan yang tepat sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) serta contoh penggunaannya dalam sebuah kalimat. Jika kamu orang yang tertarik dengan dunia sastra maka kamu akan lebih memperkaya bahasa dan selalu memperhatikan kaidah dalam menulis terutama menghasilkan sebuah karya. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat.