Survei Atau Survey

penulisan survei atau survey - kata baku survey atau survei

Penulisan survei atau survey yang baik dan benar – Dalam bahasa terdapat banyak kata yang membuat orang bingung apakah penulisannya sudah tepat atau belum. Biasanya kata tersebut ketika disebutkan akan menghasilkan bacaan yang sama, padahal tulisannya berbeda. Itulah yang membuat banyak orang bingung antara kata baku dan kata yang tidak baku.

Kata baku akan sesuai dengan kaidah kebahasaan sedangkan kata tidak baku hanya boleh digunakan untuk bahasa sehari-hari ketika berkomunikasi. Agar kamu bisa mengetahui mana yang baku antara survei atau survey bacalah informasi berikut.

Survei atau Survey Menurut KBBI

Survei dan survey ketika diucapkan memang akan memunculkan kata yang sama persis, padahal jika dilihat dari kaidah bahasa keduanya berbeda. Banyak orang yang merasa bahwa kata yang digunakan setiap harinya sudah tepat dan begitupun ketika menuliskan di surat atau dokumen penting.

Jadi yang benar survey atau survei? Untuk penulisan kata yang sesuai dengan kaidah kebahasaan atau sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah SURVEI.

Tapi masih banyak orang yang menggunakan kata survey dalam membuat laporan atau karya ilmiah lain yang mengharuskan penulis menggunakan kata yang resmi atau baku sesuai dengan kosakata bahasa Indonesia. Kata survey akan tepat digunakan jika untuk bahasa Inggris, sehingga tidak heran jika kebanyakan orang menganggap kata ini tepat apabila diterapkan di Indonesia.

Apa Itu Survei?

Survei merupakan penelitian atau pemeriksaan yang kuantitatif. Penelitiannya dilakukan dengan mencari sumber secara langsung baik melalui kuesioner maupun wawancara. Data yang didapatkan ini tidak hanya dari satu orang saja melainkan beberapa orang yang tentunya akan menghasilkan data yang berbeda-beda.

Setelah orang yang melakukan pemeriksaan atau survei ini mendapatkan data yang dibutuhkan, data tersebut langsung diolah dan dianalisis. Dari hasil analisisnya itu, dapat ditemukan jawaban apa yang sedang dicari dengan data yang benar-benar akurat dan dapat dipercaya.

Jenis-Jenis Survei

Berbicara tentang survei, terdapat banyak jenis survei yang harus kamu ketahui. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Survei Kesehatan

Survei kesehatan digunakan khusus oleh para ahli kesehatan agar bisa mendapatkan semua data yang dibutuhkan dari masyarakat. Kebanyakan penelitian atau olah data yang dilakukan oleh para medis adalah mengenai bagaimana pola hidup masyarakat.

Tujuan adanya survei ini adalah untuk membentuk program yang seperti apa yang dibutuhkan masyarakat. Dengan demikian para medis akan sangat berperan demi kesehatan seluruh masyarakat.

2. Survei Pelanggan

Pelanggan adalah sesuatu yang paling dibutuhkan oleh semua pelaku bisnis dan korporasi agar terus berjalan dan berkembang. Agar tidak mengecewakan masyarakat dan mengantisipasi kekurangan yang terjadi kedepannya, setiap pelaku bisnis perlu membuat survei kepuasan pelanggan.

Dengan data yang didapat dari situ, maka pemilik usaha bisa tahu apa yang membuat pelanggan senang sehingga bisa dipertahankan dan ditingkatkan serta apa yang membuat pelanggan kecewa sehingga bisa memperbaiki.

3. Survei Pemasaran

Dengan melakukan survei pemasaran, seseorang yang hendak menjalankan bisnis akan mengetahui apa bisnis yang cocok untuk dijalankan. Survei satu ini dilakukan dengan cara mencari informasi sebanyak-banyaknya secara aktual.

4. Survei Pendidikan

Survei pendidikan biasanya digunakan oleh guru atau lembaga pendidikan yang ditujukan untuk semua warga sekolah terutama murid atau mahasiswa. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana penyampaian materi secara baik dan apakah fasilitas semua warga sekolah atau lembaga terpenuhi.

Itulah sedikit penjelasan mengenai survei yang bisa kamu ketahui. Mulai dari penggunaan kata yang tepat hingga apa saja jenis dari survei itu sendiri. Semoga sekilas ulasan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kamu.