Telefon Atau Telepon

telefon atau telepon - yang benar telepon atau telefon

Kata baku telefon atau telepon? Yang benar telefon atau telepon? Telefon dan telepon memang memiliki makna yang sama. Namun antara keduanya ada yang baku dan ada yang tidak baku. Jika kamu menggunakan kata ini untuk komunikasi biasa saja atau berbincang dengan teman atau keluarga kamu tidak perlu memperhatikan kaidah bahasa.

Tapi apabila kamu menggunakan kata ini sebagai tulisan pada dokumen penting, maka yang harus kamu gunakan adalah sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Supaya kamu mengetahui mana penggunaan kata yang baku atau tidak baku, bacalah ulasan singkat berikut.

Telefon atau Telepon?

Telefon dengan telepon memang memiliki penyebutan yang hampir sama namun maknanya tetap sama. Tapi yang membedakan diantara keduanya adalah salah satu terdapat kata yang tidak baku atau tidak resmi, sehingga hanya bisa digunakan untuk perbincangan santai saja.

Perbincangan santai pun alangkah baiknya membiasakan untuk menggunakan kata baku agar lebih terbiasa dan tidak bingung nantinya ketika harus membuat tulisan dengan semua kata baku.

Di antara telefon atau telepon yang baku adalah TELEPON. Jadi, ketika kamu menuliskan pada surat bukan nomor telefon melainkan nomor telepon.

Telepon adalah sebuah alat komunikasi dengan kegunaan menyampaikan pesan suara dari orang satu ke orang lain. Alat komunikasi ini ditemukan oleh Alexander Graham Bell dari negara Amerika Serikat. Dengan alat satu ini kamu bisa berkomunikasi dengan teman, kerabat atau keluarga yang sedang berjarak jauh dengan kamu.

Bagaimana Cara Kerja Telepon Seluler ke Telepon Rumah?

Bisakah telepon seluler menghubungi telepon rumah? Sudah tentu bisa. Caranya adalah panggilan akan berjalan melalui antena wireless. Kemudian akan diubah ke sistem telepon landline yang tradisional dan akhirnya panggilan akan terhubung.

Tapi zaman sekarang sudah jarang orang yang menggunakan telepon rumah. Untuk saat ini telepon yang memiliki kabel hanya digunakan pada hotel atau kantor. Kebanyakan orang saat ini lebih memilih untuk berkomunikasi dengan menggunakan gawai telepon genggam. Karena bentuknya yang lebih ringkas, pengguna bisa membawa telepon ini kemanapun.

Kelebihan Telepon Rumah

Alasan beberapa orang untuk tetap memilih telepon rumah adalah dengan adanya beberapa kelebihan berikut:

  1. Semua orang bisa berkomunikasi atau berbincang walaupun jaraknya jauh. Caranya cukup dengan mengetahui nomor orang yang hendak dihubungi.
  2. Tidak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk saling berkomunikasi, baik yang jaraknya dekat maupun yang berjarak jauh. Kalau zaman dahulu setiap orang yang ingin berkomunikasi harus menggunakan surat dan memakan waktu yang cukup lama untuk sampai dan mendapat balasan.
  3. Biaya yang dikeluarkan untuk saling berkomunikasi tidak mahal.
  4. Setiap orang bisa menggunakannya kapanpun sesuai dengan yang diinginkan.

Kekurangan Telepon Berkabel

Tapi ada juga beberapa kekurangan dari telepon kabel yang membuat kebanyakan orang lebih memilih telepon seluler. Beberapa kekurangan tersebut adalah :

  1. Banyak orang yang menyalahgunakan telepon ini untuk menipu orang lain. Tentu hal seperti ini akan sangat merugikan orang lain. Sebenarnya tidak hanya telepon kabel saja, melainkan telepon seluler juga bisa disalahgunakan untuk menipu bahkan dengan cara yang lebih cerdas.
  2. Tidak bisa digunakan untuk mengirim barang.
  3. Telepon berkabel satu ini tidak bisa dibawa kemana-mana.

Itulah kata baku telepon yang baik dan benar. Selain itu, ulasan di atas juga terdapat informasi mengenai telepon yang bisa kamu ketahui. Jadi, selain kamu menambah wawasan mengenai sastra juga bisa mengetahui lebih dalam tentang telepon mulai dari cara kerja hingga kekurangan dan kelebihan yang dimiliki. Semoga bermanfaat.